Kamu orang yang suka bercerita? Mulai dari menceritakan keseharianmu yang menarik, hingga cerita keberhasilan yang pernah diraih, bercerita tentang temat-tempat yang Kamu kunjungi. Jika Kamu biasanya hanya bercerita dengan teman-temanmu baik secara langsung atau sekadar chatting, kini Kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas di internet. Nah, untuk itu ada beberapa cara membuat blogger gratis yang bisa kamu coba.

Selain itu, bagi Kamu yang hobi menulis cerita, ada cara agar Kamu bisa membagikan kisah Kamu ke orang banyak dan juga menyimpan kenangan yang bisa Kamu kunjungi sewaktu-waktu. Saat ini Kamu bisa bercerita secara online dengan membuat blog, apalagi Kamu tidak perlu merogoh sepeserpun uang dalam pembuatan blog ini! Membuat blog secara gratis? Pasti saja bisa! Simak cara membuat blogger gratis di bawah ini.

Cara Membuat Blogger Gratis untuk Pemula

1. Targetkan Audiens Pembaca Blogmu

Pasti Kamu ingin dong blog Kamu dibaca oleh banyak orang? Nah sebelum Kamu memulai blog, Kamu harus riset terlebih dahulu, blog seperti apa yang banyak audiensnya dan jenis-jenis audiens seperti apa yang akan membaca blog dengan topik tersebut.

Baca Juga :

Seperti contoh, jika Kamu ingin lebih banyak wanita yang sudah menikah atau ibu-ibu usahakanlah menjadi blog yang sekiranya akan mereka cari. Misalnya, blog memasak atau tips didalam relationship.

2. Tentukan Topik

Jika Kamu sudah menyadari siapa yang akan menjadi pembacamu, maka Kamu sudah mempunyai citra topik yang menarik akan disajikan ke mereka. Tips dari mimin, topik blog mu haruslah sesuatu yang benar-benar Kamu sukai dan sudah familiar. Agar penulisan blog dan ide-ide kontenmu tetap lancar.

Tidak hanya itu, pasti saja Kamu sudah memastikan betul bahwa blog dengan topik ini ada cukup audiensnya atau yang dicari-cari oleh audiens lewat keyword yang mereka ketikkan di search engine browser, misal.

3. Memilih Sistem

Setelah itu, sekarang Kamu harus menentukan perjalanan blogging Kamu ke depannya, yaitu dengan memilih sistem blogging. Ada dua sistem yang biasanya menjadi pilihan membuat blog gratis untuk pemula: WordPress dan Blogspot. Keduanya sama-sama gratis, open-source sehingga mudah dipelajari pemula, banyak penggunanya. Namun pasti saja ada disparitas WordPress dan Blogspot.

4. WordPress

WordPress merupakan aplikasi open-source yang dibangun bahasa pemrograman PHP dan database Mysql, yang keduanya juga bersifat open-source, dulu digunakan sebagai mesin blog. Tapi sekarang, WordPress juga dapat dan banyak digunakan sebagai suatu platform manajemen konten (Atau biasa disebut dengan CMS / Content Management System)

WordPress mempunyai 2 sistem yaitu WordPress.Com dan WordPress.Org. Terdapat disparitas antara WordPress.Com dan WordPress.Org.Salah satunya ialah WordPress.Com punyai opsi untuk digunakan penuh secara gratis sedangkan WordPress.Org harus membeli WordPress hosting dan membeli domain. Membuat blog gratis untuk pemula lebih cocok menggunakan WordPress.Com atau WordPress Hosted.

5. Blogspot

Tak hanya WordPress.Com, Blogspot.Com (Atau disebut juga dengan Blogger) juga termasuk penyedia layanan pembuatan web secara gratis di mana kami juga bisa membagikan cerita apapun dengan blog. Blogspot tersambung dengan Google, karena sudah dibeli Google pada tahun 2003, sehingga kami bisa login dengan menggunakan akun Google.

Baca Juga: Cara Mudah Install WordPress Ubuntu 20.04

Blogspot.Com memiliki layanan di antaranya yang menggunakan layanan Google Ads untuk beriklan. Dan bisa menggunakan custom CSS dalam kustomisasi desain blog. Dan juga terdapat multi blog yang sangat mungkin suatu blog dapat diisi oleh kumpulan para blogger Blogspot.Com lainnya.

Nah, itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara membuat blogger gratis. Bagi pemula bagi Kamu yang berkeinginan membuat blogger. Simak 5 cara diatas semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *