Hasil Newcastle United vs Chelsea – Gol tunggal dari gelandang Joe Willock mengantarkan Newcastle United membenamkan Chelsea dengan skor 1-0 pada pekan ke-16 Liga Inggris di Stadion St. James Park, Newcastle, Minggu (13/11/2022) dini hari WIB.

Gol yang dicatatkan Willock lahir pada menit ke-67 setelah menerima umpan Miguel Almiron, sehingga membuat Newcastle mencatatkan kemenangan kelima beruntun mereka, demikian catatan Liga Inggris.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Skuad Resmi Timnas Belanda, 5 Pemain Bintang Tak Dipanggil

Berkat kemenangan ini, Newcastle mengamankan posisi ketiga klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 30 poin dari 15 pertandingan, sedangkan Chelsea masih tertahan di peringkat 8 dengan kumpulan 21 poin dari 13 laga.

Kedua tim bermain seimbang pada pertandingan ini, namun Chelsea sedikit unggul dari Newcastle soal penguasaan bola sebanyak 51 persen, namun The Magpies lebih sering mengancam dengan melepaskan 10 tendangan, yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Newcastle mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat mengancam melalui tendangan voli Almiron, namun masih melambung di atas mistar gawang.

Skuad asuhan Eddie Howe kembali mengancam melalui tendangan mendatar Bruno Guimaraes, akan tetapi upaya tersebut masih dihalau oleh kiper Chelsea Edouard Mendy.

Tim tuan rumah berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-67 melalui gol yang dicetak oeh Willock setelah menerima umpan Almiron sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Newcastle.

Di sisa waktu pertandingan, Newcastle berhasil mengamankan keunggulan, sedangkan di sisi lain Chelsea tidak mampu membongkar lini pertahanan sehingga The Magpies mengunci kemenangan dengan skor 1-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pelatih Chelsea, Graham Potter nampaknya ingin menjaga kondisi pemain bintangnya yang akan berlaga di Piala Dunia 2022. Beberapa nama besar hilang dari susunan pemain tim berjuluk The Blues tersebut.

Raheem Sterling tidak dibawa dalam daftar skuad Chelsea, sedangkan Kai Havertz hanya duduk di bangku cadangan. Sebaliknya, Potter justru menurunkan pemain muda seperti Armando Broja, Connor Gallagher dan Lewis Hall sebagai starter.

Potter seolah lupa bahwa yang dihadapi timnya kali ini adalah tim kejutan yang sedang duduk di posisi empat besar, Newcastle. Alhasil, tim asal London Barat itu pun cukup kesulitan di babak pertama.

Newcastle pun mengancam lebih dulu melalui upaya yang dilakukan Migel Almiron di menit 16. Namun tembakan pemain asal Paraguay itu masih melebar tipis.

Chelsea baru mampu menciptakan peluang di menit 35. Peluang tersebut diciptakan oleh Armando Broja, itu pun masih mampu diamankan penjaga gawang Newcastle, Nick Pope.

Jelang berakhirnya paruh pertama, Newcastle tampil lebih dominan. Chelsea terus-terusan dikurung di daerah mereka sendiri.

Namun skor kaca mata bertahan hingga babak pertama usai. Baik Eddie Howe maupun Graham Potter harus memutar otak untuk membuat perubahan di babak kedua.

Babak Kedua

Chelsea terus dikurung sejak awal babak kedua. Newcastle terus tampil menekan sejak peluit awal babak kedua dibunyikan.

Memasuki menit 51, Newcastle mendapat peluang emas lewat sepakan jarak dekat Sean Longstaff. Namun masih mampu dimentahkan penjaga gawang Chelsea, Edouard Mendy.

Chelsea sesekali mampu keluar dari tekanan. Pada menit 65, Chelsea mengancam melalui tembakan Connor Gallagher, namun masih mampu digagalkan penjaga gawang Newcastle, Nick Pope.

Usai terus-terusan dikurung, gawang Chelsea akhirnya jebol pada menit 67. Joe Willock menggetarkan gawang Chelsea lewat tembakannya yang begitu keras.

Tiga menit berselang, Newcastle kembali mengancam melalui tembakan Fabian Schar. Namun yang kali ini mampu digagalkan Edouard Mendy.

Chelsea berupaya menyamakan kedudukan. Namun peluang yang diciptakan Chelsea tidak mampu mengenai sasaran.

Kemenangan tipis untuk Newcastle bertahan hingga laga usai. Hasil itu membuat Chelsea tertahan di peringkat delapan klasemen sementara Liga Inggris musim ini dengan 21 poin.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *