Manfaat Website Untuk Sekolah DI Era Digital .Era digital merubah cara hidup yang signifikan sehingga untuk dapat bertahan dan mengikuti perkembangan teknologi semua sektor harus beradaptasi dengan dunia digital. Termasuk sekolah yang memiliki tugas penting untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Penting untuk sekolah atau lembaga pendidikan untuk menggunakan teknologi digital dalam pengelolaanya. Dalam hal ini kita akan membahas website untuk kebutuhan sekolah. Website sendiri merupakan halaman yang berisi informasi tertentu baik tulisan, gambar maupun video yang dapat diakses oleh pengguna internet dimanapun dan kapanpun.

Dengan demikian website dapat digunakan sebagai sumber informasi yang dipublikasikan di internet yang dapat diakses oleh mereka yang membutuhkan. Lebih jauh lagi berikut ini adalah manfaat penggunaan website di lembaga pendidikan di era digital ini.

 

Manfaat Website Untuk Sekolah DI Era Digital

Menjadi Media Komunikasi dengan Wali Siswa

Manfaat website sekolah lainya adalah dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi antara wali siswa dan sekolah. Di zaman teknologi dimana aktivitas kita dimudahkan dengan adanya internet ini tentu wali siswa banyak yang berharap untuk bisa mendapatkan informasi terkait perkembangan pendidikan anaknya dengan cara yang lebih mudah.

Dengan menggunakan website sekolah dapat mengelola sistem informasi sekolah yang menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan oleh orang tua mulai dari informasi pembayaran, kegiatan sekolah hingga perkembangan anak ketika mengikuti proses pembelajaran.

Sekolah dapat membuat sistem berbagi informasi ini dengan menggunakan website, dimana sekolah membuat sistem yang dapat diakses wali siswa dengan log in ke website dan mengakses informasi mengenai perkembangan anaknya.

Dengan penggunaan sistem ini orang tua bisa bekerjasama untuk melakukan evaluasi yang dibutuhkan untuk memperbaiki hal-hal yang dibutuhkan supaya anak didik dapat mencapai tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan. Selain itu dengan sistem ini sekolah juga bisa mengatur supaya orang tua hanya dapat mengakses informasi mengenai anaknya saja sehingga kerahasiaan tetap terjaga.

 

 

Meningkatkan Kredibilitas

Lebih dari hanya sekedar memberikan informasi penting terkait sekolah website juga berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas suatu lembaga pendidikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa di era teknologi ini masyarakat akan mencari sumber informasi dasar mulai dari pencarian di internet.

Oleh karena itu sekolah yang menggunakan website akan berpotensi lebih besar untuk menjadi pilihan masyarakat karena mereka mudah mendapatkan informasinya. Selain itu tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital ini website menjadi portofolio penting untuk mengukur kredibilitas suatu produk atau jasa.

Dalam hal ini sekolah yang merupakan pemberi jasa pendidikan akan lebih kredibel ketika memiliki website yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna internet.

 

Media Promosi

Meskipun lembaga pendidikan ini sering dikatakan sebagai lembaga non profit, namun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam sudut pandang yang lainya lembaga pendidikan juga bisa dikatakan sebagai industri yang membutuhkan pelanggan yang dalam hal ini pelanggan yang dimaksud adalah siswa atau wali siswa.

Maka untuk mendapatkan lebih banyak peminat perlu media yang cocok dan mempromosikan sekolah tersebut dengan memberikan informasi mengenai keunggulan dan bedanya dengan sekolah lainya. Dalam hal ini maka website sekolah dapat digunakan untuk melakukan fungsi promosi tersebut.

Selain dapat menunjukkan kredibilitas, website juga bisa menjadi media promosi yang baik. Setiap orang pasti lebih menyukai media yang memiliki informasi yang jelas dan lengkap. Selain informasinya yang lengkap hal lain yang perlu diperhatikan adalah desain website sekolah. Desain sebaiknya dibuat sebagus mungkin sehingga menjadi user friendly dengan navigasi yang bagus sehingga memudahkan pengguna internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Demikian;ah ulasan mengenai Manfaat Website Untuk Sekolah DI Era Digital yang sebaiknya mulai dipertimbangkan oleh pengelola sekolah supaya dapat berkembang dan mengikuti perubahan yang ada. Dengan begitu tujuan pendidikan akan lebih mudah untuk dicapai.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *