Pelitadigital.com – PDI Perjuangan menegaskan pandangannya mengenai Generasi Z sebagai kelompok yang mengedepankan rasionalitas dalam memilih calon presiden. Hal ini tampak dengan banyaknya dukungan yang diberikan generasi ini kepada calon presiden dari partai tersebut, Ganjar Pranowo.

“Kami berterima kasih kepada mereka semua yang mengedepankan logika dan akal sehat dalam menentukan pilihannya. Generasi Z sangat rasional soal ini. Rekam jejak dan konsistensi sikap menjadi pertimbangan utama,” kata politikus PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno dikutip dari Liputan6.com.

Dalam pemaparannya, Hendrawan memberikan penekanan pada pemahaman Ganjar Pranowo terhadap solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi Generasi Z. Selain itu, program kerja yang akan diusung oleh Ganjar apabila terpilih menjadi presiden dianggap sangat relevan dengan isu-isu yang berkaitan dengan Generasi Z. “Kesempatan kerja dan tata kelola yang baik dalam pelayanan publik merupakan hal-hal yang diprioritaskan oleh masyarakat,” tambahnya.

Menurut Hendrawan, Ganjar sudah memberikan bukti kontribusinya dalam periode kepemimpinannya di Provinsi Jawa Tengah. Ganjar dianggap sebagai pemimpin yang berpijak pada fakta dan kinerja nyata, bukan hanya retorika semata. “Ganjar lebih teruji secara psikologis dan kehidupan keluarganya harmonis. Psikologi calon penting untuk menilai temparamen dalam menghadapi situasi-situasi strategis,” ujar Hendrawan.

Hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas menunjukkan bahwa dukungan dari Generasi Z kepada Ganjar Pranowo jauh lebih tinggi dibandingkan dengan calon presiden lainnya seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Dalam survei tersebut, Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 31% dari kelompok usia 17-25 tahun.

Tiga kriteria utama yang menjadi pertimbangan Generasi Z dalam memilih calon presiden, berdasarkan survei tersebut, adalah kepemimpinan yang tegas dan berwibawa (25,5%), kesederhanaan serta kedekatan dengan rakyat (24,8%), serta prestasi nyata sebagai pemimpin (19,2%).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *