Table of contents: [Hide] [Show]

Pelitadigital.com-Asam lambung, yang juga dikenal dengan istilah medis gastroesophageal reflux disease (GERD), terjadi ketika cairan asam dari lambung naik ke kerongkongan. Ini bisa menyebabkan sensasi terbakar di dada, yang sering kita kenal sebagai “gerd” atau heartburn. Selain itu, gejala lain yang sering muncul termasuk rasa pahit di mulut, mual, muntah, serta gangguan tidur.

Namun, jangan khawatir! Selain perawatan medis yang mungkin diperlukan dalam kasus yang lebih parah, ada juga metode alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah asam lambung. Salah satunya adalah pijat asam lambung. Ya, Anda mungkin terkejut, tetapi pijat dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi gejala asam lambung.

Pijat refleksi asam lambung dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot di sekitar lambung dan kerongkongan, serta merangsang sirkulasi darah. Dalam beberapa kasus, pijat juga dapat membantu meningkatkan motilitas saluran pencernaan, yang dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Penting untuk mencari terapis pijat yang berpengalaman dan terlatih dalam teknik pijat asam lambung.

 

Titik refleksi asam lambung

 

Titik Zu San Li

Titik Zu San Li, yang terletak di bawah mata kaki bagian luar, sekitar satu inci di samping tulang kering. Untuk menemukan titik ini dengan tepat, duduklah dan tekuk kaki Anda hingga membentuk sudut 90 derajat, lalu cari titik tersebut sejajar dengan tulang kering pada bagian luar sendi lutut (mata lutut bagian luar).

Baca Juga :   Amazon: Menjadi Ikon Kesuksesan Melalui Peran Digital Marketing yang Luar Biasa

Titik Zu San Li sangat penting sebagai titik pijat untuk masalah asam lambung, karena berperan dalam menjaga kesehatan lambung dan limpa. Pijatan pada titik ini dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan lambung serta memperbaiki masalah perut kembung yang terkait dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Selain itu, titik Zu San Li juga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan memperbaiki masalah buang air besar.

Titik Taichong

Titik pijat asam lambung lainnya untuk mengatasi asam lambung adalah titik Taichong, yang terletak di bagian belakang kaki, persis pada persimpangan antara tulang jari kaki pertama dan kedua, sekitar 5 cm di atasnya. Untuk merangsang titik ini, tekan dan pijat dengan lembut pada area persimpangan tersebut.

Pijatan pada titik ini dapat membantu meredakan kecemasan, ketegangan, perasaan mudah marah, depresi, dan insomnia. Selain itu, pijat meredakan asam lambung  pada titik Taichong juga bermanfaat dalam mengatasi gejala GERD seperti sakit perut, mulas, sesak dada, dan masalah lainnya yang terkait dengan asam lambung.

 

Titik Neiguan

Titik Neiguan (P-6) sangat efektif dalam meredakan nyeri haid dan masalah asam lambung. Titik pijat pertama untuk mengatasi asam lambung adalah titik Neiguan, yang terletak dua inci di atas lipatan pergelangan tangan. Untuk menemukan titik ini, cari posisi sekitar tiga jari di atas lipatan pergelangan tangan, antara dua tendon yang terletak di pergelangan tangan.

Baca Juga :   Transformasi Edukasi: Peran Vital Bisnis Digital dalam Pengembangan Jurusan Pendidikan

Titik ini dianggap terhubung dengan bagian dada dan perut, sehingga pijatan pada titik ini dapat membantu meredakan sesak dada, detak jantung yang tidak teratur, batuk, sakit perut, dan masalah asam lambung yang berlebihan. Pijatan pada titik ini juga dapat mengurangi gejala mual, muntah, mabuk perjalanan, dan mengendalikan produksi asam lambung yang berlebihan di dalam perut. Anda dapat merangsang titik ini dengan memijatnya menggunakan jari, alat pijat khusus, atau menggunakan ujung jari yang ditekuk.

 

Titik Zhongwan

Titik Zhongwan adalah titik pijat yang berada di perut, tepat di garis tengah depan perut, sejajar dengan garis yang menghubungkan ujung bawah tulang dada dan pusar, dengan jarak sekitar empat jari di atas pusar. Ketika berdiri atau berbaring telentang, titik ini terletak di tengah antara ujung bawah tulang dada dan pusar. Titik pijat ini sangat efektif untuk mengobati masalah perut, seperti perut kembung, cegukan, kehilangan nafsu makan, gastritis, dan tukak lambung. Jika Anda mengalami gangguan pada perut dan sistem pencernaan, termasuk gejala asam lambung yang naik, pijatan pada titik ini dan area di sekitarnya dapat membantu meredakan gejala tersebut.

Berbagai faktor dapat menyebabkan asam lambung naik, seperti kelebihan berat badan, pola makan tidak sehat, konsumsi makanan pedas atau berlemak, stres, serta kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Jika tidak diatasi dengan baik, asam lambung kronis dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti kerusakan pada kerongkongan dan lapisan dalam lambung.

Baca Juga :   Rekomendasi 9 Tools Riset Keyword Gratis yang Bisa Kamu Coba

Selain pijat asam lambung, perubahan gaya hidup juga dapat membantu mengelola asam lambung. Mengonsumsi makanan yang sehat Seperti Sereal umbi garut Nutriflakes, menghindari makanan pedas dan berlemak, serta mengendalikan stres dapat berdampak positif pada kesehatan saluran pencernaan kita.

Sereal umbi garut Nutriflakes

Jadi, jika Anda menderita asam lambung atau ingin mencoba cara alami untuk mengurangi gejalanya, jangan ragu untuk mencoba pijat refleksi asam lambung Tetaplah konsultasikan dengan profesional kesehatan terlebih dahulu sebelum mencoba metode alternatif apa pun.

 

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *