Table of contents: [Hide] [Show]

Profil Lusail Stadium – Jadwal Piala Dunia 2022, Lusail Stadion merupakan salah satu dari delapan stadion yang digunakan untuk pertandingan sepak bola Piala Dunia Qatar.

Selain Lusail Stadion atau Lusail Iconic Stadium, ada tujuh stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan sepak bola Piala Dunia Qatar.

Baca juga: Piala Dunia Qatar 2022: Profil Tim dan Daftar Pemain Brasil

Tujuh lokasi atau stadion tersebut adalah Stadion Al Bayt di Al Khor, Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Stadion Ahmad Bin Ali, Stadion Internasional Khalifa di Al Rayyan, Stadion Kota Pendidikan di Al Rayyan, Stadion 974 di Doha, dan Stadion Al Thumama di Doha.

Dari delapan stadion tersebut, Lusail Stadion mencuri perhatian. Selain desainnya yang unik, Lusail Stadion merupakan venue terbesar untuk pegelaran sepak bola empat tahunan itu.

Sebagai stadion sepak bola yang terletak di Qatar, persisnya di Lusail City, Qatar, Lusail Stadion merupakan bagian dari rencana Piala Dunia Qatar pada awal 2010 ketika tawaran pertama kali dipertimbangkan.

Lusail Stadion didesain oleh AFL Architects, Foster Partners, Manica Architecture. Kapasitas dari Lusail Stadion tersebut adalah 86.000.

Lusail Stadion dikenal juga dengan nama Stadion Ikon Lusail. Menyusul keputusan untuk memberikan Qatar Piala Dunia, proses tender dimulai untuk desain stadion yang sebenarnya.

Namun banyak desain yang terbukti tidak memuaskan panitia penyelenggara. Pada akhirnya, panitia memilih desain berbentuk mangkuk yang terinspirasi oleh karya seni yang ditemukan di seluruh dunia Arab.

Pembangunan Lusail Stadion dimulai pada 2017. Butuh waktu empat tahun untuk menyelesaikan pembangunan Lusail Stadion ini.

Waktu tersebut sedikit lebih lama dari yang direncanakan. Setelah selesai dibangun, Lusail Stadion ini resmi dibuka pada 2022.

Selama Piala Dunia 2022, Lusail Stadion akan menjadi tuan rumah enam pertandingan grup babak pertama dan satu pertandingan di setiap babak sistem gugur termasuk semifinal dan final.

Setelah Piala Dunia, sebagian besar stadion akan dibongkar. Dan lahan yang lebih kecil akan menjadi bagian dari ruang komunitas termasuk toko, rekreasi, dan fasilitas olahraga.

Lusail Stadion menjadi pusat pengembangan Kota Lusail yang baru di tepi utara Doha di pantai Teluk Persia. Jaraknya kira-kira 20 kilometer dari pusat Doha dan 9 kilometer dari The Pearl.

Terdapat pula jalur metro merah yang menghubungkan Kota Lusail dengan pusat Doha dan Bandara Internasional Hamad.

Setelah Piala Dunia, stadion ini dikonfigurasi ulang menjadi stadion berkapasitas 20,000 penonton dengan ditambahkannya beberapa fasilitas seperti Restoran, tempat belanja, klinik dan sebagainya.

Jadwal pertandingan di Losail Stadium:

22 November 2022:

Grup C: Argentina vs Arab Saudi

24 November 2022:

Grup G: Brasil vs Serbia

28 November 2022:

Grup H: Portugal vs Uruguay

30 November 2022:

Grup C: Arab Saudi vs Meksiko

02 Desember 2022:

Grup G: Kamerun vs Brasil

05 Desember 2022: Babak 16 besar

09 Desember 2022: Babak Perempat final

13 Desember 2022: Babak Semifinal

18 Desember 2022: Babak Final

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *