Pelitadigital.com – Beberapa waktu belakangan ini, ChatGPT dari OpenAI telah mencuri perhatian banyak orang sebagai chatbot AI yang canggih. Namun, kepopulerannya turut membawa masalah akses karena over capacity. Ternyata, masih ada beberapa alternatif chatbot AI lain yang tidak kalah menarik. Ingin tahu lebih lanjut? Simak rekomendasi berikut ini.

10 Chatbot AI Selain ChatGPT

1. Bing AI: Meningkatkan Presisi dengan Mode Obrolan yang Berbeda

Menyusul kehadiran Bing AI oleh Microsoft pada Februari 2023, mesin pencari ini bertujuan untuk memberikan jawaban lebih akurat dan lengkap. Dengan tiga mode obrolan, yaitu Mode Creative, Mode Balanced, dan Mode Precise, Bing AI memberikan pengalaman interaktif yang disesuaikan dengan preferensi pengguna. Didasarkan pada GPT versi 3.5, Bing AI menawarkan daya lebih dari ChatGPT dan dapat digunakan secara gratis dengan akun Microsoft.

Baca Juga :   Kecerdasan Buatan (AI): Pengembangan Sistem yang Mengubah Paradigma

 

2. You.com: Mesin Pencari Berbasis Kecerdasan Buatan dengan Fitur Menarik

You.com bukan hanya mesin pencari, tetapi juga platform berbasis kecerdasan buatan yang mengumpulkan hasil pencarian online. Keunggulan You.com terletak pada privasinya yang lebih aman tanpa sistem tracking dan serangan iklan. Dilengkapi dengan fitur YouChat, YouWrite, YouImagine, YouCode, dan YouSocial, You.com didukung oleh GPT-3.5 OpenAI dan dapat digunakan secara gratis.

 

3. Chat Sonic: Alternatif Sebanding dengan Kelebihan Perintah Suara

ChatSonic, chatbot mirip dengan ChatGPT, menawarkan informasi faktual dengan kemampuan GPT-4. Kelebihannya, ChatSonic dapat menjawab pertanyaan menggunakan perintah suara, memberikan pengalaman interaktif yang unik. Meskipun tidak gratis, ChatSonic menawarkan uji coba hingga 10.000 kata sebelum memilih paket berlangganan yang terjangkau.

 

4. Perplexity: Jawaban Terpercaya dengan Referensi yang Jelas

Perplexity AI, sebuah answer engine berbasis OpenAI GPT 3.5, dirancang untuk memberikan informasi ringkas dengan menambahkan kutipan dan referensi yang menunjukkan sumber informasi. Dengan keunggulan ini, Perplexity AI menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mencari kepercayaan dalam jawaban. Gratis, tanpa registrasi, dan tanpa batasan penggunaan.

 

5. Notion AI: “Thought Partner” untuk Tugas Sederhana

Notion AI hadir sebagai “thought partner” untuk membantu menyelesaikan tugas sederhana dan sistematis, seperti menulis catatan. Meskipun gratis dengan batasan 20 respon dari AI, pengguna yang membutuhkan fitur penuh harus berlangganan Notion Plus atau Notion Personal Pro.

Baca Juga :   Perkembangan Teknologi pada Saat Ini: Dampak, Contoh, dan Keberadaan di Indonesia

 

6. TypingMind: User-Friendly dengan UI yang Lebih Baik

TypingMind, dengan interface yang user-friendly dan dukungan GPT-4, menawarkan chatbot dengan karakter AI yang beragam, seperti stand-up comedian atau product manager. Gratis untuk digunakan dengan fitur dasar, TypingMind membutuhkan OpenAI API Key untuk akses penuh, dengan opsi Premium yang lebih canggih.

 

7. Caktus AI: Transformasi Pendidikan dengan Kecerdasan Buatan

Caktus AI, mirip dengan Notion AI, menyediakan alat untuk penulisan esai, pernyataan pribadi, asisten coding, dan lainnya, khusus untuk siswa dan guru. Meskipun tidak gratis, Caktus AI memberikan 20.000 kredit gratis untuk penggunaan awal sebelum membeli paket keanggotaan.

 

8. Google AI Platform: Teknologi Pencarian Terbaru Google

Google AI Platform, teknologi pencarian terbaru Google, menggunakan kecerdasan buatan untuk menyajikan jawaban berdasarkan konten yang dicari dengan lebih tepat dan relevan. Cocok untuk pertanyaan yang membutuhkan informasi cepat.

 

9. Microsoft Azure: Solusi Pembelajaran Mesin Berbasis Cloud

Microsoft Azure adalah mesin pembelajaran berbasis cloud yang dirancang untuk menjawab pertanyaan bisnis. Mendukung berbagai sistem operasi, bahasa, dan alat lainnya, AI Microsoft Azure menyediakan analitik dengan basis cloud.

 

10. Jasper AI: Konten Unik dengan Beragam Topik

Jasper AI dibuat untuk menulis konten unik dengan beragam topik. Dengan dukungan lebih dari 25 bahasa dan lebih dari 50 templat konten, Jasper dapat menulis artikel hingga 10.000 kata secara gratis.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing yang Harus Anda Ketahui

Dengan berkembangnya teknologi kecerdasan buatan, pilihan chatbot AI semakin bervariasi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk pengalaman interaktif yang optimal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *