Teknologi Face Recognition
Freepik

Pelitadigital.com – Pernah nggak sih kamu ngerasa kagum sama teknologi yang bisa kenal muka kita? Nah, salah satu teknologi keren yang bisa itu namanya Teknologi Face Recognition. Mungkin kamu udah sering denger soal ini, tapi apa sih sebenernya cara kerja teknologi face recognition yang biasa dipake di aplikasi absensi online? Jadi, intinya teknologi ini tuh ngandalin kamera buat nyari dan mengenali wajah.

Tеknоlоgі Face Rесоgnіtіоn bаnуаk dіgunаkаn оlеh реruѕаhааn ѕеbааgаі ѕаlаh satu cara аbѕеnѕі kаrуаwаn untuk mеnggаntіkаn mеѕіn fіngеrрrіnt. Tеrlеbіh di tengah pandemi seperti іnі, bаnуаk реruѕаhааn уаng menerapkan kеbіjаkаn work from hоmе.

Apa Itu Teknologi face Recognition?

Face Recognition itu kayak detektif pintar yang bisa ngenal orang dari muka mereka. Biasanya dipakai buat absensi atau sistem keamanan. Jadi, bisa ngebaca muka lewat foto, video, atau langsung aja. Teknologi keren ini sering banget dimanfaatin sama badan hukum buat penyelidikan.

Trik Keren Teknologi Pendeteksi Wajah Ini di Aplikasi Absensi Online

Apakah kalian pernah membayangkan jika absensi di sekolah atau kantor dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan wajah? Nah, hal itu menjadi mungkin berkat kemajuan teknologi yang bernama Face Recognition atau pengenalan wajah. Dibawah ini 3 cara kerja teknologi Face Recognition pada aplikasi absensi online.

  • Scanning Wajah Cepat dan Akurat
Baca Juga :   Ketahuilah, Manfaat Penting Jasa Like Youtube Bagi Seorang YouTuber

Teknologi Face Recognition pada aplikasi absensi online bekerja dengan cara melakukan pemindaian atau scanning wajah secara cepat dan akurat. Ketika kamu memasuki ruangan atau membuka aplikasi absensi, kamera akan mengambil gambar wajahmu. Kemudian, software akan menganalisis berbagai fitur wajahmu, seperti jarak antara mata, bentuk hidung, dan bibir.

  • Pembuatan Sidik Jari Wajah

Cara kerja berikutnya dari teknologi Face Recognition adalah dengan membuat sidik jari wajah. Mirip dengan sidik jari manusia, sidik jari wajah ini adalah pola unik yang terbentuk dari fitur-fitur wajah seseorang.

  • Melawan Kebohongan dengan Teknologi Anti-Phishing

Trik ketiga dari teknologi ini pada aplikasi absensi online adalah dengan menggunakan teknologi anti-phishing. Apa itu? Teknologi ini dirancang untuk memerangi tindakan kebohongan, seperti menggunakan foto atau video wajah palsu untuk melakukan absensi. Dalam aplikasi absensi yang menggunakan teknologi anti-phishing, sistem akan memeriksa keaslian wajah secara real-time.

Kegunaan Face Recognition pada Sistem Absen dengan Scan Wajah

Jaman dulu, di tahun 1852, polisi di Inggris udah pake teknologi ini buat cari tahanan yang kabur dari penjara, loh. Sekarang, teknologi ini dipake buat macem-macem keperluan:

  • Membuka Gadget

Pertama, buat buka gadget. Gadget-gadget kekinian sekarang udah ada yang pake fitur facial recognition buat buka perangkat. Ini bukan cuma buat cepetin proses buka gadget aja, tapi juga biar lebih aman, jadi enggak sembarang orang bisa akses.

  • Penggunaan di Bandara
Baca Juga :   Prospek dan Masa Depan ChatGPT

Terus, di bandara juga dipake nih. Bandara-bandara di mana-mana udah manfaatin teknologi ini buat prosesnya jadi lebih cepat. Bisa bantu kurangin waktu tunggu buat turis dan nambahin keamanan di bandara.

  • Mengurangi Tingkat Kejahatan

Selain buat absensi, teknologi ini juga jadi bagian dari sistem keamanan. CCTV yang dipasang di mana-mana bisa bantu cocokin foto pelaku kejahatan sama rekaman CCTV, jadi pencariannya jadi lebih cepat. Nggak cuma itu, juga bantu banget nih kurangin tingkat kejahatan.

Kesimpulan

Jadi, dari cara kerja teknologi face recognition ini, bisa kita lihat betapa keren dan membantu banget. Gimana nggak, bisa kenal muka kita dalam sekejap dan bantu buat proses absensi jadi lebih simpel. Semoga ke depannya, teknologi kaya gini makin ditingkatkan lagi, buat bantu kita lebih nyaman dan aman dalam berbagai hal.

Baca Juga : Menggali Potensi Twitter Spaces: Cara Efektif Tingkatkan Bisnis Anda

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *