Pelitadigital.com7 Fitur Canggih Google Translate yang Wajib Anda Manfaatkan – Google Translate telah menjadi salah satu aplikasi yang paling diandalkan oleh banyak orang dalam menerjemahkan berbagai bahasa, khususnya bahasa Inggris. Namun, sebelum kita memperkenalkan daftar alternatif website dan aplikasi selain Google Translate, mari kita mengenal sejarah singkat dari mesin penerjemah ini.

 

Sejarah Singkat Google Translate

 

Meskipun baru dirilis pada tahun 2006, ide pembuatan Google Translate sudah ada sejak tahun 2004. Salah satu pendiri Google, Sergey Brin, mendapat email dalam bahasa Korea Selatan pada tahun 2004. Dengan tidak mengerti bahasa tersebut, Brin mulai memikirkan pengembangan mesin penerjemah yang lebih andal. Akhirnya, pada bulan April 2006, Google Translate resmi diluncurkan.

 

Saat pertama kali diperkenalkan, pengguna Google Translate harus menerjemahkan teks ke bahasa Inggris terlebih dahulu. Namun, seiring berjalannya waktu, Google Translate terus berkembang dan kini mampu menerjemahkan hingga 133 bahasa. Jumlah pengguna pun terus bertambah, melebihi 500 juta pengguna dengan lebih dari 100 miliar kata diterjemahkan setiap harinya.

 

Tingkat Akurasi Google Translate

 

Mungkin beberapa pengguna sering menemukan terjemahan yang terasa aneh, terutama ketika menerjemahkan kalimat atau paragraf secara langsung. Namun, seberapa akurat Google Translate sebenarnya?

 

Baca Juga :   Berjalan Bersama Teknologi: 10 + Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran yang Wajib Dicoba

Menurut survei yang dilakukan oleh Google pada tahun 2017, tingkat akurasi Google Translate mencapai 85%. Google juga mengklaim bahwa mesin penerjemahnya mampu menghasilkan terjemahan yang lebih alami dengan pemilihan kata, tata bahasa, dan struktur kalimat yang sesuai konteks.

 

Fitur Unggulan Google Translate

 

Bagi Anda yang masih setia menggunakan Google Translate, ada baiknya untuk mengetahui 7 Fitur Canggih Google Translate yang bisa Anda Manfaatkan

  1. Typing to Translate: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan kata atau kalimat dengan mengetikkannya. Google Translate kini mendukung lebih dari 133 bahasa.
  2. Speak to Translate: Anda dapat menerjemahkan kata atau kalimat hanya dengan suara menggunakan fitur ini. Cukup dengan mengklik ikon mikrofon dan mengucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan.
  3. Camera Translation: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan teks menggunakan kamera. Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.
  4. Write to Translate (Handwriting): Fitur ini memungkinkan Anda untuk menulis tangan untuk menerjemahkan teks. Anda dapat menggunakan jari atau pensil touchscreen untuk menuliskan huruf, kata, atau kalimat.
  5. Tap to Translate: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan teks dari aplikasi lain tanpa harus membuka Google Translate. Cukup dengan menyalin pesan dan menekan ikon Google Translate yang muncul.
  6. Transcribe: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan percakapan secara langsung dan dalam durasi yang panjang. Hasil terjemahan akan langsung ditampilkan di layar.
  7. Offline Translate: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan teks secara offline. Anda cukup mengunduh bahasa yang diinginkan terlebih dahulu dan kemudian dapat menggunakan fitur ini tanpa koneksi internet.
Baca Juga :   10 Aplikasi Video Time Lapse yang Wajib Anda Coba

 

Dengan Fitur Canggih Google Translate yang dimiliki, Google Translate tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang dalam menerjemahkan berbagai bahasa. Meskipun demikian, tersedia juga alternatif lain yang dapat dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *