Table of contents: [Hide] [Show]

    Pasti di antara kita pernah ngeliat atau bahkan beli charger dengan harga yang murah. Padahal di kemasannya diklaim kalau itu adalah charger asli. Hati-hati! Jangan-jangan itu charger palsu dan kamu ketipu nih.

    Charger asli pasti udah kita ketahui nih kelebihannya, kalau dia pasti aman banget untuk ponsel kita. Tapi kalau charger palsu siapa yang tau tentang keamanannya? Soalnya tekanan daya yang diberikan charger palsu bisa jadi beda sama yang asli. Nah kalau udah begini, bisa bikin ponsel kamu rusak. Daripada kamu nantinya ketipu, mending cek penjelasan berikut ini deh biar makin bisa bedain charger asli dan palsu. Keep on scrolling!

    Baca juga: 3 Laptop Macbook Rating dan Spesifikasi Terbaik 2022

    • Lakukan Perbandingan

    Kalian yang mengalami kerusakan charger ponsel pasti masih punya adapternya kan? Itu bisa kamu bawa buat jadiin perbandingan saat beli charger di toko. Lihat logo, desain, tulisan, dan kode atau informasi lainnya nih yang ada di adapter. Jangan sampai ada yang terlewat ya, bahkan angka-angkanya juga nih.

    • Lihat Logo

    Hal yang paling penting dalam memastikan charger asli atau palsu adalah logonya. Nah kalian bisa liat apakah logo yang ditampilkan sama dengan merek ponsel yang miliki. Biasanya nih charger asli tampilan tulisan dan logonya punya warna yang agak pudar serta terlihat elegan. Sedangkan charger palsu logonya bakalan keemasan dan warnanya terang.

    Selain itu, charger asli punya susunan huruf yang rapi di keterangannya. Kalau charger palsu biasanya hurufnya bakalan terkesan berantakan dan ada goresan-goresan di hurufnya.

    • Jalankan Aplikasi

    Kalian bisa menggunakan aplikasi untuk memeriksa arus daya yang masuk dari charger-an nih. Aplikasi tersebut bakalan ngasih tau arus dan tegangan yang masuk ke ponsel. Nah kalian harus hati-hati kalau daya yang masuk lemah. Bisa jadi charger yang kamu beli itu palsu. Jadi teliti dulu ya sebelum membeli.

    • Cek Lekukan Kepala Charger 

    Saat memilih charger kalian bisa lihat lekukan yang khas di kepala charger di merek tertentu ya. Lekukan atau desain ini juga penanda charger asli, dibuat begini sih biar chargernya keliatan lebih rapi dan mulus. Kalau charger palsu sih desain lekukannya di tepi dan keliatan lebih tegas, jadi kayak tajam gitu. Mohon diperhatikan baik-baik ya, biar kamu nggak rugi kedepannya ya. 

    • Cek Kabel USB

    Nggak cukup cuma periksa adapter, kamu juga harus liat kabel USB bawaan yang ada di ponsel kamu nih. Perhatikan dengan teliti ya, apakah panjangnya sama dengan USB yang punya atau nggak nih. Soalnya nih charger palsu umumnya punya kabel USB yang panjang dan tebel banget.

    Gimana ? Udah pada paham belum nih cara bedain charger asli dan palsu. Soalnya emang agak tricky sih bedain dua hal ini ya, apalagi bentuknya mirip-mirip banget. Kalau kalian nggak hati-hati bisa tertipu dan beli yang palsu deh. Jadi mulai sekarang harus periksa dengan saksama ya.

    Share:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *