Pelitadigital.comPerbandingan iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max – Hai, pengguna setia iPhone! Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk melakukan upgrade dari iPhone 13 Pro Max ke iPhone 14 Pro Max, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua perangkat tersebut agar kamu dapat membuat keputusan yang tepat.

Perbandingan iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

Desain dan Tampilan

 

Pada pandangan pertama, iPhone 14 Pro Max terlihat cukup mirip dengan pendahulunya, dengan tepi datar yang memeluk layar 6.7 inci yang mendominasi bagian depan ponsel.

Namun, perbedaan paling signifikan adalah yang halus dan hanya dapat nampak dengan melihat lebih dekat. Ada pemotongan berbentuk pil di bagian atas layar yang menampung setup kamera ponsel.

Pemotongan ini, disebut Dynamic Island, telah menggantikan pemotongan yang lebih kecil pada model iPhone 13.

iPhone 14 Pro Max tetap mempertahankan layar OLED 6.7 inci dari pendahulunya, dengan penambahan fitur layar selalu aktif. Fitur ini dirancang untuk menampilkan layar kunci, yang kini dapat kamu sesuaikan secara signifikan di iOS 16.

Baca Juga :   Jangan Lewatkan! 5 Fitur iPhone Ini Bikin Lebaran 2024 Kamu Makin Seru!

Warna yang tersedia untuk iPhone 14 Pro Max termasuk grafite, perak, emas, dan ungu tua yang baru. Meskipun Apple menghilangkan opsi biru dan hijau dari tahun sebelumnya, kita baru saja mendapatkan iPhone kuning. Namun, warna kuning hanya tersedia untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

 

Performa

 

Ponsel flagship Apple, iPhone 14 Pro Max, dilengkapi dengan chip A16 Bionic, versi yang ditingkatkan dari chip A15 Bionic yang digunakan dalam model iPhone 13. A16 Bionic memiliki CPU 6 inti dengan 2 inti kinerja dan 4 inti efisiensi, bersama dengan GPU 5 inti dan Neural Engine 16 inti. Chip baru ini diproduksi dengan proses 4 nanometer, peningkatan dari proses 5nm pendahulunya.

Meskipun iPhone 14 Pro Max diharapkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada iPhone 13 Pro Max, perbedaannya mungkin tidak signifikan.

Tes benchmark menunjukkan bahwa kedua iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max melampaui pendahulunya yang ditenagai oleh A15 Bionic dalam Geekbench 5, tetapi peningkatan pengujian grafisnya kurang mencolok karena inti GPU tambahan dalam chip A15 Bionic yang digunakan dalam iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yang sekarang menggerakkan iPhone 14 standar.

 

Kedua chipset tersebut sangat cepat dan efisien, tetapi A16 Bionic menawarkan sedikit peningkatan kinerja. Namun, ini mungkin lebih terasa bagi pengguna yang sering menjalankan aplikasi yang membutuhkan sumber daya atau memainkan game yang menuntut di perangkat mereka.

Baca Juga :   2 Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iPhone Tanpa Aplikasi

 

Kamera

 

Perbedaan paling signifikan antara kedua model ini adalah sistem kamera. iPhone 14 Pro Max menampilkan lensa utama 48 MP, peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan lensa utama 12 MP yang ditemukan dalam iPhone 13 Pro Max. Kedua model ini memiliki lensa telefoto 12 MP dengan zoom optik 3x, lensa ultrawide 12 MP, dan kamera selfie 12 MP.

Dalam perbandingan kamera iPhone 14 Pro Max vs. iPhone 13 Pro Max, yang terakhir unggul. Lensa utamanya menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih baik, terutama dalam kondisi cahaya rendah.

Dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max, iPhone 14 Pro Max memiliki kemampuan pengambilan video yang ditingkatkan, berkat penambahan mode sinematik yang memungkinkan perekaman video dengan kedalaman lapangan yang dangkal pada 30 fps dalam 4K HDR.

Pendahulunya, di sisi lain, hanya bisa merekam video tersebut dalam 1080p tanpa HDR. Selain itu, iPhone 14 Pro dan Pro Max juga memiliki Mode Aksi baru yang memungkinkan pengguna untuk merekam video aksi berkecepatan tinggi.

 

Daya Tahan Baterai

 

iPhone 14 Pro Max memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil yaitu 4323 mAh, dibandingkan dengan baterai 4352 mAh pada iPhone 13 Pro Max. Namun, perbedaannya minimal, dan daya tahan baterai seharusnya tetap relatif sama antara kedua perangkat ini, dengan optimasi perangkat lunak memainkan peran penting dalam manajemen daya.

 

Baca Juga :   Spesifikasi dan Harga Infinix GT 10 Pro : Smartphone Gaming Terjangkau dengan Fitur Unggulan

Harga

 

Harga iPhone 13 Pro Max  Saat ini, sekitar 12.760.000 rupiah. Sementara itu, untuk Harga iPhone 14 Pro Max sedikit lebih mahal. Ponsel ini dijual dengan harga sekitar 15.850.000 rupiah.

Opsi untuk membeli iPhone bekas selalu menarik. Karena harga cenderung lebih murah Kamu bisa mendapatkan iPhone 14 Pro Max bekas dengan harga lebih rendah dari iPhone 13 Pro Max baru.

 

Penutup

 

Peningkatan iPhone 14 dibandingkan dengan iPhone 13 sebagian besar bersifat minor, dengan peningkatan dalam fotografi dan videografi, daya tahan baterai, dan kinerja GPU. Bagi mereka yang peduli dengan keamanan, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menawarkan upgrade yang lebih signifikan dengan 6GB memori, Deteksi Kecelakaan, Darurat SOS melalui satelit, dan perangkat keras kamera yang lebih baik.

 

Namun, iPhone 14 kemungkinan lebih cocok bagi mereka yang meng-upgrade dari perangkat yang lebih lama. Jadi, jika kamu memiliki iPhone X bekas atau iPhone XS yang direstorasi, sebaiknya pertimbangkan untuk meng-upgrade ke iPhone 14 Pro Max.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *