Pelitadigital.com – Ponsel layar lipat telah menjadi tren yang semakin populer di kalangan pengguna ponsel pintar. Namun, meskipun sudah ada sejak lama, hanya sedikit pabrikan ponsel yang benar-benar menggarap teknologi ini.

Dua nama besar yang telah mengambil peran penting dalam dunia ponsel layar lipat adalah Oppo dan Samsung. Melalui varian terbaru mereka, Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5, keduanya menawarkan pengalaman pengguna yang unik dengan fitur-fitur yang menarik. Mari kita telusuri perbandingan kedua ponsel layar lipat ini lebih lanjut.

Perbandingan Ponsel Layar Lipat Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5

Dimensi dan Bobot

Secara dimensi, Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5 memiliki kemiripan yang mencolok. Namun, perbedaan detail menjadi kunci dalam memahami karakteristik masing-masing ponsel ini.

Z Flip 5 hadir dengan dimensi yang lebih mungil dan ringan dibandingkan N3 Flip, walaupun perbedaannya tidak signifikan.

Bobot Z Flip 5 yang lebih ringan dan ketebalan yang lebih tipis membuatnya nyaman digenggam dengan satu tangan, sebuah keuntungan yang patut diperhatikan bagi pengguna yang aktif dan mobile.

Layar Bagian Luar

Di bagian layar luar, Oppo dan Samsung mengadopsi pendekatan desain yang berbeda. Oppo memilih untuk tetap pada desain layar konvensional dengan panel AMOLED sebesar 3,26 inci, sementara Samsung memanfaatkan layar yang lebih besar sebesar 3,4 inci pada Z Flip 5.

Meski begitu, layar lebih kecil pada N3 Flip membuatnya lebih nyaman digunakan dengan satu tangan. Selain itu, tampilan antarmuka yang interaktif pada N3 Flip mendukung lebih banyak aplikasi yang dapat diakses langsung dari layar luar, sebuah nilai tambah yang patut dipertimbangkan.

Engsel (Hinge)

Engsel pada ponsel layar lipat merupakan komponen kunci yang mempengaruhi pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Oppo mengklaim bahwa Flexion Hinge pada N3 Flip terbuat dari material stainless steel yang kokoh dan dapat dibuka-tutup hingga satu juta kali, jauh melebihi yang ditawarkan oleh Samsung dengan Z Flip 5 yang hanya bertahan sebanyak 200 ribu kali buka-tutup.

Fleksibilitas engsel pada N3 Flip juga menghasilkan bekas lipatan layar yang lebih minim dibandingkan Z Flip 5, meningkatkan estetika keseluruhan dari ponsel tersebut.

Performa dan Baterai

Dalam hal performa, Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5 memiliki keunggulan masing-masing. Meskipun Z Flip 5 menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm yang sedikit unggul dalam hasil benchmark.

N3 Flip dengan Dimensity 9200 dari MediaTek juga menawarkan kinerja yang tangguh, bahkan mampu menjalankan game berat seperti Genshin Impact dengan lancar. Di sisi lain, N3 Flip juga unggul dalam sektor baterai dengan kapasitas yang lebih besar dan dukungan pengisian daya yang lebih cepat.

Kamera

Kamera menjadi salah satu aspek penting dalam memilih ponsel pintar, dan di sinilah Oppo Find N3 Flip menonjol. Dengan tiga kamera yang diracik oleh Hasselblad, termasuk kamera utama 50MP dengan OIS, ultrawide 48MP, dan kamera potret 32MP, N3 Flip menawarkan pengalaman fotografi yang superior.

Sementara Z Flip 5 masih menggunakan sistem kamera yang serupa dengan pendahulunya, dengan kamera utama 12MP dan ultrawide, serta kamera selfie 10MP.

 

Kesimpulan

Meskipun kedua ponsel ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, Oppo Find N3 Flip menawarkan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dengan fitur-fitur unggulan seperti engsel yang lebih tahan lama, layar yang lebih besar, kinerja yang tangguh, dan sistem kamera yang superior.

Dengan harga yang relatif sama, N3 Flip menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang mengutamakan kualitas dan performa dalam sebuah ponsel layar lipat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *