Pelitadigital.com – Mengenakan pakaian yang tepat merupakan aspek penting dalam menciptakan penampilan yang profesional di tempat kerja. Inilah sebabnya mengapa seorang karyawan diharapkan memakai pakaian yang rapi dan profesional di lingkungan kerja. Tampil rapi dan profesional adalah bagian dari etika kerja yang mencerminkan standar profesionalisme.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan berpakaian yang berbeda sesuai dengan budaya perusahaan, industri, dan norma yang ada. Kebijakan berpakaian ini dapat bervariasi dari yang sangat formal hingga santai, tergantung pada jenis pekerjaan dan lingkungan kerja perusahaan.

 

Tips Memilih Pakaian yang Tepat di Tempat Kerja

 

Memilih pakaian yang sesuai untuk bekerja memiliki banyak dampak positif terhadap kesan yang kamu berikan, produktivitas, dan kenyamanan selama bekerja. Ada beberapa tips memilih pakaian yang tepat untuk dipakai di tempat kerja, salah satunya sebagai berikut ini:

 

  1. Pahami Dress Code Perusahaan

 

Sebelum memutuskan pakaian apa yang akan dikenakan, penting untuk memahami dress code yang berlaku di perusahaan kamu. Ada beberapa jenis dress code yang umum di perusahaan, termasuk:

 

  • Formal (Business Formal): Beberapa perusahaan memiliki kebijakan berpakaian yang sangat formal, yang mengharuskan karyawan mengenakan pakaian bisnis seperti setelan jas dan dasi untuk pria, serta pakaian formal yang serupa untuk wanita. Ini umumnya ditemukan di sektor keuangan, hukum, dan bisnis konservatif lainnya.

 

  • Business Casual: Banyak perusahaan menerapkan kebijakan berpakaian business casual, dimana karyawan diperbolehkan mengenakan pakaian yang lebih santai tetapi tetap rapi dan profesional. Pria bisa mengenakan kemeja berkerah dan celana panjang, sedangkan wanita bisa memakai blus, rok, atau celana panjang.

 

  • Smart Casual: “Smart Casual” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gaya berpakaian yang lebih santai daripada berpakaian formal, tetapi masih terlihat rapi, profesional, dan sopan. Gaya ini sering digunakan dalam lingkungan kerja yang tidak memerlukan pakaian formal lengkap, namun juga tidak sepenuhnya santai.
Baca Juga :   Parasite SEO: Kunci Rahasia Meningkatkan Pengunjung Blog!

 

  • Casual: Ada juga perusahaan yang mengizinkan karyawannya berpenampilan lebih santai dan tidak terlalu formal. Ada beberapa beberapa jenis perusahaan yang mengizinkan penampilan casual. Ini termasuk perusahaan teknologi, e-commerce, startup, dan industri kreatif.

 

Berdasarkan hal tersebut, mengetahui dress code perusahaan adalah langkah pertama dalam memilih pakaian yang tepat. Kamu bisa menyesuaikan pakaian kamu sesuai dengan peraturan perusahaan tempat kamu bekerja.

 

  1. Kenali Budaya Perusahaan

 

Selain dress code, penting juga untuk memahami budaya perusahaan. Memahami budaya perusahaan adalah kunci dalam memilih pakaian yang sesuai saat bekerja. Budaya perusahaan mencakup nilai-nilai, norma, dan cara berinteraksi yang dianut oleh organisasi tersebut.

 

Pemahaman yang baik terhadap budaya perusahaan akan membantu kamu untuk berpenampilan sesuai dan merasa nyaman di lingkungan kerja. Jika budaya perusahaan cenderung konservatif, lebih baik memilih pakaian yang lebih formal dan minim aksesori. Jika budaya perusahaan lebih kreatif dan santai, kamu mungkin memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam pemilihan pakaian.

 

  1. Pilih Warna yang Cocok

 

Warna dapat mempengaruhi perasaan, suasana hati, dan energi orang, sehingga penting untuk mempertimbangkan dengan baik warna pakaian apa yang akan kamu pakai di lingkungan kerja. Pemilihan warna di tempat kerja adalah hal yang kompleks dan tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis pekerjaan, budaya perusahaan, dan preferensi individu.

 

Misalnya, warna-warna cerah dan hidup lebih cocok dipakai untuk orang yang bekerja di industri kreatif. Sementara itu, orang yang bekerja di lingkungan formal dan serius lebih baik mengenakan pakaian dengan warna-warna netral dan tenang.

 

  1. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat atau Terlalu Longgar

 

Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dan terganggu sepanjang hari, yang bisa mempengaruhi produktivitas kamu. Pakaian yang terlalu ketat juga bisa memberikan kesan kurang profesional dan kurang serius dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan.

Baca Juga :   Nano Influencer: Era Baru Marketing di Dunia Digital

 

Pakaian yang terlalu longgar dapat menghambat kemampuan kamu untuk bergerak dengan leluasa, yang bisa mempengaruhi produktivitas dan efisiensi kerja. Pakaian yang terlalu longgar juga dapat memberikan kesan kurang peduli terhadap penampilan dan citra profesional di tempat kerja.

 

Oleh sebab itu, hindarilah memakai pakaian yang terlalu ketat dan terlalu longgar. Solusinya, pilihlah pakaian yang pas dengan ukuran tubuh kamu dan memberikan kenyamanan saat bergerak.

 

5.Pastikan Berpakaian Bersih dan Rapi

 

Menjaga pakaian dalam kondisi baik dan terawat mencerminkan etika kerja yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa tanggung jawab terhadap detail, termasuk penampilan pribadi. Pakaian yang kusut, kotor, atau tidak terawat dapat menunjukkan bahwa kamu tidak peduli terhadap penampilan, sekaligus merusak kesan pertama saat berinteraksi dengan rekan kerja dan atasan.

 

Tidak peduli seberapa mahal atau bagusnya pakaianmu, jika tidak bersih dan rapi, kamu akan sulit terlihat profesional. Karena itu, pastikan kamu memakai pakaian yang selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jangan lupa untuk menyetrika pakaian sebelum mengenakannya.

 

  1. Aksesori yang Tepat

 

Aksesori dapat memberikan sentuhan personal pada penampilan kamu, tetapi perlu diingat untuk tidak berlebihan. Pilihlah aksesori yang sederhana dan sesuai dengan dress code perusahaan. Misalnya, memakai perhiasan yang tidak terlalu mencolok, seperti anting-anting mutiara, gelang tipis, atau cincin sederhana. Hindari perhiasan yang terlalu besar atau mencolok, karena bisa mengganggu penampilan profesional.

 

Selain itu, kamu juga bisa memakai jam tangan. Memakai jam tangan menjadi cara yang baik untuk menambahkan sentuhan gaya pada penampilanmu. Pilih jam tangan dengan desain yang bersahaja dan cocok dengan suasana kantor, contohnya seperti jam tangan dengan tali kulit atau logam sederhana.

Baca Juga :   Akuntansi Forensik: Mengurai Misteri Keuangan dan Peran Pentingnya dalam Penegakan Keadilan

 

Pada akhirnya, memilih pakaian yang tepat di tempat kerja bukan hanya soal penampilan, tetapi juga tentang menunjukkan rasa hormat terhadap aturan dan budaya perusahaan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat tampil rapi dan profesional di tempat kerja.

 

Rekomendasi Baju Kerja yang Bagus untuk Pergi ke Kantor

Cari baju kerja yang bagus dan profesional? Jika iya, kamu bisa menemukannya melalui  @BrandedByVita di Tiktok dan Warnamu.com di Shopee. Toko ini menjual berbagai baju branded sisa ekspor yang berkualitas dan dijual dengan harga terjangkau. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki pakaian bermerek, tetapi dengan budget pas-pasan; Selain itu sellernya yang komedian seringkali kocak, berhasil menghibur membuat kita tertawa, menghiasi hari yang penat dengan hepi.

 

Selain baju biasa, toko ini juga menjual beragam pakaian yang cocok untuk dipakai bekerja. Toko @BrandedByVita dan Warnamu.com menjual berbagai pakaian dan celana branded yang bisa kamu padu padankan sebagai outfit untuk pergi ke kantor. Nah, berikut ini salah satu contohnya:

 

  • Men’s Oxford Shirt Long Sleeve

  • GU Bowtie Frill Neck Blouse Long Sleeve

  • Classic Kemeja Plaid Flannel

  • Cato Blouse Vneck Polyester

 

  • UNQ Velvet Wide Leg Pant

  • UNQ Long Pants

 

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak baju-baju branded dari @BrandedByVita di Tiktok dan Warnamu.com di Shopee yang bisa kamu pilih. Yuk, follow toko ini biar nggak ketinggalan update baju terbarunya. Selain itu, toko ini juga sering live di Tiktok @BrandedByVita lho. Jadi kamu bisa lihat pakaian-pakaiannya secara lebih detail dan jelas.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *