Bagi pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Brand Awareness, namun demikian pasti untuk pelaku bisnis baru khususnya terkadang masih belum mengetahui apa pengertian serta manfaat yang bisa didapatkan ketika bisnis yang dijalani memiliki brand Awareness yang baik

Dan dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu brand awareness, sekaligus manfaat serta bagaimana cara meningkatkan supaya bisnis akan berjalan secara maksimall

Apa itu brand awareness ?

Pengertian brand awareness adalah kesadaran atau pengetahuan pembeli akan sebuah nama maupun simbol yang dikaitkan dengan perusahaan serta produk tertentu. Brand awareness atau kesadaran merek juga dapat diartikan sebagai suatu kemampuan bagi konsumen untuk mengenali produk kita melalui logo, image, warna, dan jenis lainnya

Selain itu brand awareness juga dapat didefinisikan sebagai sejauh mana seorang konsumen mampu mengenali suatu merek. Sederhananya, brand awareness adalah sejauh mana suatu merek dikenali oleh audiens target. Ini adalah komponen penting dari proses pengambilan keputusan sebelum melakukan pembelian.

Kenapa brand awareness penting?

Ketika Anda ingin membeli sebuah barang, produk mana yang akan Anda pilih? Produk dari brand/merek yang Anda kenal atau yang tidak? Biasanya Anda pasti akan memilih produk yang telah Anda kenali. Hal tersebut dapat terjadi karena brand dari produk tersebut telah atau sering Anda lihat sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu contoh dari sebuah bisnis yang berhasil membangun brand awareness-nya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengenali brand tersebut.

Biasanya sebuah bisnis akan melakukan segala hal untuk dapat mudah dikenali oleh calon pelanggan mereka. Mulai dari memasang iklan, mempromosikan produk di media sosial, dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness.

Dengan memiliki brand awareness, sebuah bisnis dapat mudah dikenal oleh banyak orang. Ketika konsumen mengenal sebuah merek, mereka cenderung melakukan pembelian terhadap merek yang mereka kenal dari pada yang tidak.

Ketika produk dari brand tersebut memiliki kualitas yang baik, maka dapat mempengaruhi kepercayaan mereka. Selain dapat membangun kepercayaan pelanggan, brand awareness juga dapat membuka beberapa peluang seperti, mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, menjaga agar pelanggan tetap mengingat dan setia pada brand, dan dapat menjadi strategi jangka panjang.

 

Baca Juga :   Jangan Salah Pilih! Berikut Jasa Konten Instagram Terbaik Wajib Kamu Ketahui

 

Manfaat Brand Awareness

Brand awareness adalah komponen yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis yang .ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari membangun kesadaran merek. Berikut ini beberapa manfaatnya:

 

Membangun Kepercayaan Konsumen

Semakin banyak orang mengetahui merek , maka semakin mudah pula membangun kepercayaan. Pelanggan jadi tidak perlu melakukan riset dari awal untuk mengenal merek , jika merek Anda selalu jadi yang terdepan, tetapi lebih cenderung akan bertanya kepada rekan atau keluarga.

Nah, jika teman, keluarga, dan kolega konsumen mengetahui dan merekomendasikan merek, maka konsumen tersebut akan lebih mudah percaya pada produk Anda.

 

Meningkatkan Persepsi atau Citra Suatu Merek

Citra merek tidak sama dengan kesadaran merek. Persepsi atau citra suatu merek ini lebih dari sekedar jumlah konsumen yang mengenal brand , tetapi lebih berfokus pada perasaan mereka tentang brand Anda. Kesadaran merek di pasaran tidak akan bertahan lama jika brand Anda memiliki citra yang buruk.

Contohnya, sebelum seorang konsumen memiliki opini atau persepsi tentang suatu merek, tentu ia perlu membeli atau menggunakan merek tersebut beberapa kali. Dari situ,pasti menyadari bahwa konsumen tersebut memiliki brand awareness yang baik terhadap merek Anda, tapi belum tentu memiliki persepsi yang baik pula.

Maka dari itu, saat membangun brand awareness, sudah pasti  juga harus mengupayakan citra merek. Jadi, ketika mempertimbangkan efek jangka panjang di masa depan, maka sebaiknya buatlah  kampanye kesadaran merek dengan mempertimbangkan citranya.

Mengarahkan Traffic website

Kampanye brand awareness yang kuat akan membantu untuk menghasilkan organic website traffic. Tingkat pencarian merek, inilah yang menjadi kunci dalam metrik untuk mengukur kesadaran merek.

Dan sebagian besar konsumen biasanya lebih cenderung membeli dari merek yang mereka kenal melalui website dari merek yang mereka ketahui. Selain itu, kesadaran merek dan afinitas merek meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi dalam iklan online sebanyak tiga kali lipat.

Memang dibutuhkan waktu untuk membangun kesadaran merek, tetapi begitu mencapai titik di mana orang-orang mengenal merek  dengan baik, maka akan lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Hasilnya, itu akan mengarah pada peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan.

 

 

Membantu dalam Pembuatan Konten dan Produk

Dengan membangun brand awareness, pelaku bisnis juga akan lebih mudah dalam membuat kampanye pemasaran yang lebih baik, selain itu pengusaha juga dapat mengumpulkan lebih banyak data tentang audiens

 

Hal ini dapat membantu pengusaha untuk menyesuaikan upaya pemasaran, konten, produk, atau layanan agar mampu menjawab keinginan dan kebutuhan konsumen

Meningkatkan Penjualan

Brand Awareness adalah fondasi yang harus jadi prioritas dari semua upaya strategi pemasaran, mulai dari media sosial hingga SEO. Inilah yang membantu untuk membuat konsumen sadar akan produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca Juga :   Prudential Business Hours: Jadwal Kerja, Layanan Pelanggan, dan Jam Operasional Terbaik

 

Cara meningkatkan brand awareness

Buatlah logo dan slogan produk yang menarik

Merek tidak selalu berkaitan dengan nama. Terkadang orang lebih cepat mengingat gambar dibanding tulisan. Sehingga, agar merek Anda cepat diingat, buatlah logo yang punya identitas khusus, sesuai dengan produk yang dijual, dan berbeda dengan logo merek lain. Jika logo masih belum efektif, pelaku bisnis juga membuat slogan produk yang sesuai dengan kondisi produk dan mudah diingat.

 

Optimalkan penggunaan media sosial dan website

Bukan jadi hal yang asing lagi, ketika Anda membangun sebuah bisnis, maka media sosial dan website menjadi bagian yang penting, khususnya dalam aktivitas marketing. Dalam upaya meningkatkan brand awareness, Anda perlu mengoptimalkan media sosial dan website.

Buatlah akun resmi dari brand mu untuk masing-masing media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Manfaatkan setiap fitur-fitur dari setiap media sosial untuk membuat brand-mu dapat dilihat oleh banyak orang.

Misalnya seperti Facebook ads dan promote di Instagram. Selain itu, Anda bisa juga membuat tampilan website dari brand-mu menjadi lebih menarik. Seperti mengatur tata letak, tampilan warna, dan juga kualitas dari foto produk. Hal ini bertujuan untuk membuat website mu terlihat terpercaya.

 

Menggunakan konten marketing yang berkualitas

Konten yang baik tidak hanya sekedar bagaimana membuat banyak orang melihatnya. Tetapi juga bagaimana Anda menceritakan sebuah kisah yang menarik bagi mereka. Adapun salah satunya dengan memberikan storytelling yang baik pada setiap konten.

Ketika memposting sebuah konten di media sosial, jangan hanya berfokus pada urusan promosi (menjual produk). Anda juga harus dapat membuat konten yang menarik bagi audience-mu. Salah satunya dengan konten yang dekat secara emosional dengan pelanggan.

 

Dengan melakukan hal tersebut, Anda itu tidak hanya akan mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga akan meningkatkan brand awareness dari bisnismu. membagikan konten yang berkualitas adalah cara terbaik untuk menunjukkan pengetahuan, keahlian, serta membangun kepercayaan dari pelanggan.

Menerapkan SEO

Sudah menjadi hal umum, bahwa salah satu kegunaan SEO adalah membuat brand dan konten yang Anda hasilkan khususnya di website menjadi mudah ditemukan di internet. Seperti yang Anda ketahui, bahwa ada jutaan konten dengan berbagai keyword di internet. Sehingga akan menjadi tantangan tersendiri ketika Anda menggunakan internet sebagai jalan untuk meningkatkan brand awareness.

 

Namun dengan menerapkan SEO, Anda bisa mengoptimalkan situs web dan halaman web dari brand anda dengan tujuan meningkatkan posisinya di hasil mesin pencari. Hal ini berarti, brand dapat menjangkau lebih banyak audience. Dengan konten (contohnya: artikel) yang dihasilkan, Anda juga bisa membantu orang-orang dan menunjukkan apa yang sebenarnya Anda tawarkan dari brand. Selain itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam upaya menerapkan SEO.

Baca Juga :   Strategi Promosi Hemat untuk Produk UMKM

 

Bekerja sama dengan influencer

Bekerja sama dengan influencer merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dari bisnismu. ketika influencer yang memiliki pengikut yang banyak mempromosikan produk atau sekedar mendiskusikan brand-mu di konten mereka, maka hal tersebut akan memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran orang akan bisnismu.

Tingginya pengaruh influencer ini pun bukan tanpa alasan, berdasarkan studi dari Econsultancy pada 2020 tentang pemasaran marketing, menemukan 61% konsumen, berusia 18 hingga 34 tahun, pada titik tertentu telah terpengaruh oleh influencer dalam pengambilan keputusan mereka.

Namun di samping itu, dalam menjalin kerja sama dengan influencer, Anda tidak bisa asal memilih influencer dengan alasan mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak. Ada beberapa faktor yang menjadi penentu agar kerja sama brand-mu dengan influencer dapat berhasil seperti, memiliki niche yang sama, personality yang sesuai, dan kecocokan konten yang dihasilkan.

Contohnya, jika brand dari bisnismu berfokus pada industri fashion, maka kurang pas jika Anda bekerja sama dengan influencer yang memiliki konten utama sebagai food vlogger. Adapun Anda dapat bekerja sama dengan influencer yang terkenal akan gaya stylishnya atau konten ulasan fashionnya di media sosial.

 

Mensponsori acara

Walaupun sudah ada dari dulu, tapi cara ini masih layak untuk digunakan. Karena dengan mensponsori acara, Anda bisa menampilkan brand di hadapan ratusan, ribuan, atau jutaan orang yang kemungkinan besar termasuk dalam target pelanggan.

 

Mensponsori sebuah acara juga memungkinkan Anda untuk menyematkan nama brand pada acara yang sesuai dengan bisnismu. Misal ya saja, jika brand dari bisnismu memiliki produk makanan sehat, Anda bisa menjadi sponsor event olahraga seperti lomba marathon. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat membangun brand awareness  terhadap pelanggan yang sesuai dengan yang ditargetkan.

 

Namun, bagi Anda yang baru mengembangkan bisnis , tidak ada keharusan untuk mensponsori acara besar, Anda dapat mengawalinya dari yang ruang lingkup kecil terlebih dahulu, seperti  konser, pameran, atau bahkan bazaar.

Sumber :

https://blog.skillacademy.com/brand-awareness-adalah

https://stickearn.com/blog/blog/brand-awareness-adalah

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/03/26/brand-awareness

Baca Juga :

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *