Table of contents: [Hide] [Show]

Apabila kamu seorang desainer, kemungkinan kamu tidak akan kesulitan untuk mencari cara menggunakan Canva karena memang cukup mudah untuk digunakan. Maka dari itu, kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat desain di canva dengan mudah?

Jika kamu yang masih seorang pemula dalam hal desain grafis, berikut ini pelitadigital akan memberikan tips bagaimana cara membuat desain di canva dengan mudah. Jadi, yuk simaklah pemaparan artikel ini hingga tuntas.

Apa itu Canva?

Canva adalah suatu situs sekaligus aplikasi yang menyediakan tools untuk membuat desain grafis dan publikasi online. Diluncurkan pada tahun 2013, Canva kini menjadi salah satu aplikasi yang digemari karena terbilang mudah digunakan, apalagi untuk pemula yang ingin mempelajari desain.

Kamu dapat membuka Canva melalui situs, aplikasi Pc, maupun handphone. Hal ini pasti semakin memudahkan kamu berkreasi di manapun dan kapanpun. Dikenal karena kemudahan akses dan penggunaannya, tak heran jika Canva menjadi andalan bagi mereka yang ingin menciptakan konten visual tanpa perlu pakar di bidangnya.

Tidak hanya mudah digunakan, Canva juga menyediakan ribuan template yang bisa digunakan oleh pemula dengan sangat mudah. Aplikasi ini bisa Kamu gunakan secara gratis, tetapi ada pula versi berbayar dengan tambahan tools dan template yang lebih lengkap. Untuk lebih jelasnya maka simaklah pemaparan di bawah ini berkenaan dengan cara membuat desain di canva.

Cara Membuat Desain di Canva

1. Log in Terlebih Dahulu

Seperti biasa, kamu harus log in terlebih dahulu untuk dapat membuat desain di Canva.

2. Klik ‘Buat desain’

Kemudian, klik untuk membuat buat desain dan pilih salah satu desain yang ingin kamu buat.

3. Pilih Template Sesuai Keinginanmu

Menurut para ahli Canva memiliki koleksi template khusus dan profesional untuk berbagai konten yang dibutuhkan oleh pengguna. Sebagai contoh, dalam tampilan di bawah ini merupakan template–template yang disediakan oleh Canva untuk kamu yang ingin membuat desain banner blog.

4. Tambahkan Foto

Untuk menambahkan desain yang unik dalam proses kreatifmu, kamu dapat menambahkan foto di dalamnya. Di pojok kiri  tampilan saat kamu mulai mendesain, ada pilihan fitur foto. Di situ terdapat banyak sekali foto yang sudah disajikan oleh Canva dan gratis digunakan olehmu. Apalagi kamu bisa mencari jutaan foto dengan mengetikkan keyword eksklusif. Akan tetapi, ada foto yang memang digunakan khusus akun premium sehingga kamu harus menggunakan Canva premium.

5. Tambahkan Tulisan

Selain bisa menambahkan foto ke dalam desainmu, kamu juga bisa menambahkan teks tulisan untuk semakin memperindah desainmu. Caranya  cukup klik ‘Teks’ yang berada di kiri, kemudian kamu bebas  memilih font sesuka hatimu.

6. Masukkan Filter yang Sesuai dengan Gambar

Apabila kamu kurang cocok dengan warna gambar yang ada, kamu bisa menyesuaikannya dengan  cara mencoba menggunakan filter yang disediakan oleh Canva. Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecerahan gambar, paradoksal, saturasi, warna, dan lain-lain. Menu filter dan sesuaikan gambar ada tepat di atas gambar kamu. Atur sesuai dengan gayamu agar gambar dapat terlihat indah.

Baca Juga: Cara Membuat Desain Logo Simple di Photoshop

7. Download  Gambar dan  Bagikan ke Orang Lain

Setelah mengotak-atik desain yang sudah kamu buat, maka saatnya untuk membagikan ke orang ataupun men-download-nya langsung. Untuk dapat melakukan keduanya, kamu tinggal klik ‘Bagikan’ apabila ingin membagikan ke orang. Setelah itu, masukkan email yang dituju.

Demikianlah beberapa ulasan yang membahas tentang cara membuat desain di canva dengan ulasan diatas semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin mendesain menggunakan canva.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *