Punya akun email dengan domain yang berbeda, semisal ahek@domaina.com dan akos@domainb.com? Jika harus login ke akun yang berbeda untuk mengecek email tiap hari pasti lumayan merepotkan, bukan? tapi Jangan khawatir, karena ada cara membuat email dengan domain sendiri, dan menghubungkannya dengan Gmail Kamu! Nah, pelitadigital akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk, segera ikuti saja panduannya!

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Secara Mudah

Cara membuat email  dengan domain sendiri, pertama Kamu harus menyiapkan akun Gmail Aktif yang bisa dihubungkan dengan email hosting Kamu. Jika sudah disiapkan, Kamu tinggal lakukan konfigurasi email  dengan lima langkah mudah, yaitu :

1.Buat dan Daftarkan Nama Domain

Langkah pertama untuk membuat email  dengan domain sendiri, adalah mendaftarkan julukan domain. Nama domain ini akan muncul sesudah simbol “@” pada alamat email nama nanti, misalnya namaanda@domainanda.com.

Untuk mulai mencari nama domain, masukkan ide atau kata kunci yang ingin Kamu daftarkan ke tool cek domain. Setelah itu, tunggulah beberapa waktu hingga tool itu menampilkan beberapa opsi nama domain yang tersedia.

2. Pilih Penyedia Email Hosting

Sesudah nama domain sudaj siap, selanjutnya Kamu harus memilih email hosting, yaitu provider yang akan menyediakan dan mengelola server email untuk user. Penyedia hosting email juga akan menyimpan, mengirim, dan terima email di server mereka untuk user-nya.

Biasanya penyedia menawarkan layanan email hosting mulai  dari Rp14.129/Bulan.  dengan layanan ini, user mendapat resource khusus untuk membuat dan mengelola akun email profesional.

Ada dua paket hosting email yang ada:

  • business Starter – Rp14.129/Bulan. Paket ini menyertakan tool, seperti pengingat dan kerja sama untuk mencapai sasaran email marketing. Paket ini juga mencakup penyimpanan email sebesar 10 Gb, 50 alias email, inspeksi antivirus, pertolongan beberapa perangkat, dan software anti-spam canggih.
  • business Premium – Rp35.535/Bulan. Paket yang lebih canggih untuk usaha yang lebih besar. Cocok bagi Kamu yang ingin membangun nama brand profesional, dan juga email marketing. Paket ini punya banyak fitur paket email usaha, dengan penyimpanan email 30 Gb, 50 alias email, dan filter email unlimited.

3. Siapkan Layanan Email

Tergantung pada layanan email yang Kamu pilih, cara membuat email dengan domain sendiri pada langkah 3 ini bisa saja akan sedikit berbeda.

4. Konfigurasikan Alamat Email

Setelah Kamu menyiapkan layanan email usaha, dan memberi tambahan pengguna baru, konfigurasikan tiap-tiap alamat email, supaya terlihat lebih profesional. Sebab campaign yang sukses biasanya sangat erat kaitannya  dengan profesionalisme, Kamu wajib memiliki akun email usaha yang khusus. Coba sertakan nama lengkap, diikuti dengan nama usaha Kamu.

5. Setting Mail Client

Mail client adalah program atau aplikasi yang mengirim dan menerima email langsung, dari beragam perangkat, termasuk desktop dan ponsel. Program ini bekerja sama dengan server email.

Terkadang, sebagian user masih menganggap keduanya sebagai hal yang serupa, padahal tidak demikian. Server email adalah software yang berlangsung di server, yang menyimpan seluruh email berasal dari situs.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Company Profile Bagi Perusahaan

Tool ini umumnya dimiliki oleh corporate hosting, penyedia layanan internet, atau penyedia email website. Pas tersebut, mail client berguna untuk menghubungkan pengguna  dengan server email.

Dan itulah cara membuat email dengan domain sendiri. Semoga informasinya bermanfaat! Jika ada kritik dan saran, tolong tulis di kolom komentar, ya!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *