Invoice adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti pembelian, dan mencantumkan total pembayaran yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Invoice diperlukan untuk semua jenis bisnis, termasuk bisnis jasa desain. Lalu, bagaimana cara membuat invoice jasa desain?

Perusahaan jasa tidak memiliki barang fisik untuk dijual, namun tetap menggunakan invoice sebagai bukti penjualan jasa. Perlu diketahui juga bahwa invoice memegang peranan penting dalam kehidupan bisnis, terutama dalam mengelola keuangan perusahaan.

Cara Membuat Invoice Jasa Desain dengan Mudah

Lalu, seperti apa cara membuat invoice jasa desain? Perhatikan tata cara lengkapnya di bawah ini.

1. Membuat Template Invoice Penjualan untuk Jasa

Setiap perusahaan yang berorientasi pada jasa, perlu mengembangkan template invoice yang sesuai dengan bisnis mereka. Template invoice Kamu harus menyertakan branding perusahaan Kamu, seperti logo, jenis huruf, dan palet warna.

2. Masukkan nama perusahaan dan informasi kontak Kamu.

Cantumkan logo atau nama perusahaan, alamat bisnis, alamat email, dan nomor telepon Kamu di bagian header invoice layanan bisnis. Beberapa detail ini disertakan untuk memudahkan pelanggan menghubungi Kamu, jika mereka memiliki pertanyaan tentang invoice mereka.

Baca Juga :   6 Keuntungan Menggunakan Jasa Audit Pajak Bagi Perusahaan

3. Masukkan nama dan informasi kontak pelanggan.

Kamu juga harus memberikan nama dan informasi kontak pelanggan seperti nama kontak, alamat kantor, nomor telepon, dan alamat email. Di perusahaan besar, personil penagihan sering kali berbeda dengan personil bisnis sehari-hari.

4. Penetapan Nomor Invoice Layanan

Setiap invoice yang dibuat harus memiliki nomor invoice. Nomor invoice ini berfungsi sebagai referensi penting, ketika Kamu perlu mendiskusikan invoice tertentu dengan pelanggan Kamu, dan juga membantu merampingkan proses transaksi bisnis. Nomor invoice ini biasanya terdiri dari angka, huruf, atau kombinasi keduanya.

5. Catat tanggal invoice layanan dikeluarkan.

Tanggal invoice jasa juga wajib dikirim ke pelanggan. Jadi, kamu wajib memasukkan tanggal tertentu saat membuat invoice, atau Kamu dapat memasukkan periode penagihan.

6. Rincian Layanan yang Diberikan

Invoice harus menyertakan rincian layanan yang diberikan kepada pelanggan selama periode penagihan. Untuk memberikan rincian layanan ini, Kamu perlu menyediakan beberapa item, seperti:

  • Buat daftar hasil kerja dengan deskripsi singkat tentang pekerjaan yang dilakukan.
  • Pertimbangkan jam kerja atau jumlah pekerjaan, yang dilakukan sebagai tambahan untuk setiap layanan.
  • Cantumkan tarif pembayaran untuk setiap layanan yang diberikan.
  • Jumlah total yang dibayarkan untuk setiap layanan yang tercantum.

7. Mencantumkan Pajak yang Berlaku

Pajak yang Kamu kenakan kepada pelanggan untuk layanan, yang Kamu berikan bergantung pada tempat Kamu beroperasi dan sifat bisnis Kamu. dan kamu wajib mencantukannya di situ

Baca Juga :   Tips Memilih Jasa Company Profile Bagi Perusahaan

8. Konfirmasikan Ketentuan Pembayaran dan Tanggal Jatuh Tempo

Indikasi ketentuan pembayaran berdasarkan kontrak juga penting dan harus dicantumkan pada invoice. Tentu saja, sebagai pengusaha, penting untuk mengetahui dan memastikan Kamu tahu tentang pembayaran kembali pembayaran pelanggan Kamu.

Secara umum, invoice berlaku selama 30 hari sejak tanggal penerbitan. Dengan kata lain, pelanggan harus membayar dalam jangka waktu tersebut. Biasanya ditandai sebagai n/30 atau 30 bersih untuk menghindari keterlambatan pembayaran dan bunga keterlambatan.

9. Menentukan Metode Pembayaran

Tentukan metode pembayaran yang ingin Kamu terima dari pelanggan Kamu untuk layanan yang Kamu berikan, seperti cek, kartu kredit, uang tunai, pembayaran online, dan transfer bank. Kami menyarankan Kamu untuk menawarkan sebanyak mungkin opsi pembayaran untuk memberikan fleksibilitas kepada pelanggan Kamu.

10. Masukkan jumlah total yang harus dibayar.

Invoice layanan harus mencantumkan jumlah total yang dibayarkan oleh pelanggan. Jumlah total ini harus terlihat jelas dan menggunakan huruf besar dan tebal.

11. Stempel atau Tanda Tangan Resmi

Elemen penting terakhir adalah pencantuman stempel atau tanda tangan resmi sebagai bentuk verifikasi invoice. Dan itulah 11 cara membuat invoice jasa desain dengan mudah. Semoga informasinya bermanfaat. Selamat mencoba!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *