Cara Mengatasi HP Ngelag – Lagi asyik main game tapi HP tiba-tiba ngelag. Atau lagi mau kirim email untuk urusan kerja dan HP ngelag. Kalian pernah nggak sih mengalami salah satu di antaranya? Pasti nggak enak banget dan bikin kesal, kan? Tenang dulu, pasti ada cara mengatasi HP ngelag supaya kita nggak harus langsung bawa ke service center.

Untuk HP Xiaomi, Samsung dan Oppo, cara mengatasinya berbeda-beda. Jadi apa sih yang harus dilakukan saat HP kita ngelag? Yuk, langsung cek tiap langkahnya di bawah ini biar nggak bikin kesal lagi ke depannya.

Baca juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Nonton TV Online Gratis di Android dan PC (2022)

Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi

Xiaomi sudah jadi salah satu HP favorit di Indonesia selama beberapa tahun ini. Harga yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau, tapi fitur yang ditawarkan nggak kalah keren. Xiaomi juga sering merilis seri terbaru HP mereka. Masalahnya, kadang HP Xiaomi nggak terlepas dari lagging bahkan sampai hang alias nggak ada respons sama sekali. Ini dia beberapa cara mengatasinya:

  • Istirahatkan HP Xiaomi

Ini penting dilakukan kalau kita sudah memakai HP Xiaomi terlalu lama. Tanpa sadar kita sering memakai HP selama berjam-jam non stop. Entah itu untuk kerja, main game, streaming, dan masih banyak lagi. HP yang terlalu lama dipakai pasti lelah juga karena bekerja terlalu keras. Jadi sebaiknya istirahatkan dulu HP kamu.

  • Hapus dokumen yang nggak perlu

Coba cek dulu memori HP Xiaomi kamu. Mungkin lagging terjadi karena memorinya sudah terpakai banyak. Jadi cek lagi galeri kamu atau tempat penyimpanan lainnya. Kalau ada yang nggak terlalu penting, sebaiknya dihapus saja daripada memenuhi HP.

  • Tutup aplikasi dengan benar

Banyak yang nggak sadar kalau kita sering membuka banyak aplikasi sekaligus dan nggak menutupnya dengan benar. Untuk menghindari lagging, pastikan menutup aplikasi dengan tuntas. Caranya klik tanda panah sampai keluar dari aplikasi dengan benar. Bukan langsung shortcut masuk ke Homescreen.

Cara Mengatasi HP Ngelag Samsung

Nah, kalau HP Samsung asal Korea ini memang kualitasnya sudah nggak perlu diragukan lagi, deh. Karena tahan lama dan harganya cenderung nggak cepat turun drastis, banyak banget yang mengincar HP Samsung. Tapi kadang HP Samsung nggak lepas dari masalah juga, termasuk lagging.

Ini dia cara mengatasi HP Samsung yang lagging:

  • Keluar dari aplikasi yang sudah nggak digunakan

Kita sering kali menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu. Bayangkan kalau membuka 4 – 5 aplikasi dan semuanya berat, jelas saja HP bisa lagging. Karena itu, tutup dulu aplikasi satu-persatu. Biasanya setelah itu, HP sudah lancar kembali.

  • Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang nggak resmi

Di HP Android ada banyak aplikasi yang berasal dari platform pengunduhan yang kurang jelas kualitasnya. Kalau platformnya kurang dikenal, sebaiknya jangan diunduh. Pilih aplikasi serupa dari platform yang resmi, Google Play Store biar aman. Aplikasi yang sumbernya kurang jelas kadang ada bugs atau virusnya.

  • Hindari memakai HP Samsung terlalu lama

Kecuali untuk hal-hal yang benar-benar penting, sebaiknya hindari memakai HP Samsung terus-menerus selama berjam-jam. Apalagi kalau setiap hari penggunaannya berat terus. Tentu saja ini bisa bikin HP kita lagging. Kalau sudah begitu, istirahatkan dulu HP selama beberapa menit.

  • Ganti HP Samsung dengan yang baru

Mungkin saja penyebab HP Samsung lagging adalah usianya yang sudah terlalu lama. Penggunaan HP Samsung maksimal seharusnya 5 tahun. Kalau di atas itu, memang sering timbul masalah karena sudah dimakan usia. Performa chipset juga sudah berkurang. Untuk aktivitas ringan masih oke, tapi aktivitas berat sudah berat sekali.

Cara Mengatasi HP Ngelag Oppo

HP Oppo dikenal dengan kameranya yang berkualitas. Tapi kalau lagi lagging, pasti bikin kesal juga. Ini dia beberapa cara mengatasi HP Oppo yang lagging:

  • Update software HP Oppo

Kadang kalau lagi sibuk, kita sering nggak langsung update software. Setelah agak lama baru mulai terasa HP sering lagging. Nah, sebaiknya jangan menunda update software biar bisa berjalan lancar.

  • Hapus aplikasi yang nggak pernah dipakai

Meski aplikasi jarang dipakai, tapi ternyata ini bisa memberatkan memori juga. Jadi sebaiknya kalau ada aplikasi di HP Oppo kamu yang sudah nggak pernah dipakai, segera dihapus saja. Apalagi kalau memorinya sudah tinggal sedikit, kemungkinan inilah yang bikin HP Oppo kamu lagging.

  • Restart HP Oppo kamu

Coba restart untuk mengatasi HP Oppo yang lagging terus. Caranya gampang banget. Klik dan tahan tombol power dan tombol volume atas, sampai layar HP mati dan menyala kembali. Tunggu hingga proses restart selesai, biasanya setelah itu HP Oppo sudah berjalan lebih lancar dibandingkan sebelumnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *