Pelitadigital.com   – Kesalahan Umum dalam Kerjasama dengan Influencer. Apakah Anda sedang berencana bekerja sama dengan influencer demi meningkatkan branding atau penjualan produk Anda? Tunggu dulu! Sebelum terjun langsung, yuk kenali beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat berkolaborasi dengan influencer.

 

Mengapa Kerjasama dengan Influencer Penting?

 

Di era digital ini, influencer memiliki peran penting dalam strategi pemasaran. Mereka memiliki jaringan luas dan dapat mempengaruhi banyak orang. Namun, tak jarang perusahaan-perusahaan melakukan kesalahan saat berkolaborasi dengan influencer yang malah berdampak negatif pada citra mereka.

 

Kesalahan Umum dalam Kerjasama dengan Influencer

1. Tidak Melakukan Riset Influencer dengan Baik

 

Ini adalah kesalahan paling umum. Banyak brand hanya melihat jumlah followers tanpa melihat engagement atau relevansi influencer dengan target pasar mereka. Tipsnya, selalu lakukan riset mendalam! Pastikan influencer yang Anda pilih sesuai dengan persona brand Anda.

2. Tidak Menyusun Perjanjian dengan Jelas

 

Kolaborasi tanpa perjanjian yang jelas seringkali menyebabkan masalah di kemudian hari. Mulai dari ketidaksesuaian konten, timeline, hingga pembayaran. Oleh karena itu, selalu buat perjanjian tertulis yang mencakup ekspektasi, tanggung jawab, dan kompensasi.

 

Baca Juga :   Di Balik Angka: Faktor-faktor yang Membentuk Gaji Digital Marketing Associate di Amazon

3. Memaksakan Konten

 

Influencer tahu apa yang disukai oleh audiens mereka. Jadi, memberi kebebasan kepada mereka dalam membuat konten adalah langkah yang bijaksana. Namun, tentu dengan tetap memberikan garis besar agar konten tersebut tetap relevan dengan branding Anda.

 

4. Tidak Mengukur Hasil

 

Bekerjasama dengan influencer bukan hanya sekedar posting di media sosial. Anda perlu mengukur hasil dari kolaborasi tersebut. Mulai dari engagement, reach, hingga konversi yang dihasilkan. Dengan begitu, Anda tahu apakah kerjasama tersebut efektif atau tidak.

 

Tips Optimasi Kerjasama dengan Influencer

Agar kerjasama Anda dengan influencer berjalan lancar, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

 

  1. Komunikasi yang Baik: Selalu komunikasikan ekspektasi Anda dengan jelas, tapi juga dengarkan masukan dari influencer.
  2. Pilih Influencer yang Sesuai: Pastikan influencer memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda.
  3. Buat Konten yang Menarik: Kolaborasi dalam membuat konten yang menarik dan relevan untuk audiens.
  4. Penutup

 

Kesimpulan

Kerjasama dengan influencer memang menjanjikan. Namun, tanpa perencanaan dan strategi yang tepat, bisa jadi Anda malah mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Hindari kesalahan-kesalahan di atas dan maksimalkan potensi kerjasama bisnis Anda dengan influencer

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *