Pelitadigital.com – Iklan yang muncul secara tiba-tiba saat membuka browser atau aplikasi di ponsel seringkali menjadi sumber ketidaknyamanan bagi pengguna.

Mulai dari pop-up yang mengganggu aktivitas hingga potensi virus dan malware yang mengancam keamanan data, iklan tersebut memang menjadi masalah yang perlu segera diatasi. Berikut adalah beberapa langkah praktis untuk menghilangkan iklan di ponsel Android:

 7 Cara Menghapus Iklan di HP

1. Gunakan Browser dengan Fitur Ad Block

Pilihlah browser alternatif yang dilengkapi dengan fitur Ad Block untuk pengalaman browsing yang lebih nyaman. Aplikasi seperti UC Browser dapat membantu Anda menghindari iklan yang mengganggu.

2. Matikan Iklan di Ponsel Xiaomi dan Samsung

Untuk pengguna ponsel Xiaomi, Anda dapat mematikan iklan melalui pengaturan ponsel dengan menonaktifkan rekomendasi iklan khusus. Sedangkan untuk pengguna ponsel Samsung, Anda dapat mematikan iklan dengan memblokir notifikasi dari aplikasi yang sering menampilkannya.

3. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Jika langkah-langkah di atas belum efektif, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pendukung seperti Play Protect, Adblocker, atau AdClear untuk membantu memblokir iklan secara efektif.

4. Matikan Data Seluler dan WiFi

Pop-up iklan sering kali muncul ketika data seluler atau WiFi aktif. Salah satu cara tercepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan koneksi data dan WiFi.

Meskipun ini efektif, namun perlu diingat bahwa beberapa aplikasi memerlukan koneksi internet untuk berfungsi.

5. Berlangganan Aplikasi

Beberapa aplikasi menawarkan paket berlangganan bebas iklan untuk pengguna. Dengan berlangganan, tidak hanya Anda membantu pengembangan aplikasi tersebut tetapi juga dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih baik tanpa gangguan iklan.

6. Aktifkan Menu Security

Untuk melindungi ponsel dari potensi virus atau malware yang dibawa oleh iklan berbahaya, pastikan untuk mengaktifkan menu keamanan di pengaturan ponsel Anda.

Dengan mengaktifkan opsi “Jangan Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber yang Tak Dikenal”, Anda dapat mencegah instalasi otomatis dari sumber yang tidak terpercaya.

7. Blokir Pop Up di Browser

Browser bawaan seperti Chrome biasanya memiliki fitur bawaan untuk memblokir pop-up iklan. Pastikan untuk mengaktifkan opsi ini di pengaturan browser Anda untuk mengurangi gangguan iklan saat menjelajah internet.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi gangguan iklan di ponsel Android Anda dan menikmati pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Share: