Sebelum membeli pemanas air atau water heater pertimbangkan hal-hal seperti ukuran, jenis bahan bakar dan ketersediaannya, efisiensi energi, harga, instalasi, perawatan. Sehingga bisa memilih water heater yang terbaik dan paling cocok dengan kebutuhan serta budget yang ada.

Ukuran pemanas air bervariasi, ada yang mempunyai tangki kecil ada juga yang tangki penampung dan pemanas airnya besar. Untuk mereka yang suka mandi air manas berlama-lama akan membutuhkan tangki yang lebih besar.

Juga rumah dengan jumlah anggota keluarga yang banyak juga sebaiknya menggunakan tangki yang besar. Atau jika water heater digunakan untuk penginapan, tangki yang besar akan membuat tamu lebih nyaman dan puas mandi dengan air panas.

Pemanas air juga ada yang tanpa tangki dan biasa disebut dengan tankless water heater. Jenis yang ini memanaskan secara langsung air yang mengalir.

Dianggap lebih praktis karena bisa menghasilkan air panas dengan cepat. Dan lebih hemat karena memperkecil kemungkinan terbuangnya energi. Pada water heater dengan tangki, bisa saja ada air panas yang tersisa di tangki dan tidak digunakan sehingga merupakan pemborosan.

Bahan bakar water heater ada yang menggunakan gas dan ada yang menggunakan listrik. Untuk daerah yang biaya listriknya rendah akan lebih hemat menggunakan water heater bertenaga listrik. Juga untuk pemakaian massal seperti penginapan, mungkin yang bertenaga listrik lebih sesuai karena lebih praktis instalasi dan operasionalnya.

Untuk instalasi atau pemasangan bisa menggunakan jasa instalasi water heater yang berpengalaman dan mempunyai reputasi yang bagus. Sebaiknya gunakan jasa instalasi yang juga menawarkan jasa perawatan.

Kemungkinan konsultasi dengan penjual atau produsen water heater diperlukan. Karena mungkin ada hal tertentu yang spesifik yang harus dilakukan saat instalasi. Namun biasanya produsen water heater menyertakan buku instruksi instalasi.

Perawatan water heater secara berkala bisa memperpanjang usia penggunaan water heater. Juga meminimalkan penggunaan energi dan menjaga agar water heater tetap berfungsi dengan baik. Water heater yang tidak terawat mungkin bisa saja misalnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memanaskan air.

Untuk perawatan bisa menggunakan jasa yang terpercaya atau menghubungi penjual/produsennya. Biasanya produsen juga menyertakan manual yang berisi rekomendasi perawatan water heater mereka.

Sekarang setelah mengetahui hal-hal penting sebelum membeli water heater, sebaiknya beli water heater di mana? Salah satu yang layak direkomendasikan adalah Champs Industrial.

Champs menjual pemanas air yang diproduksi di Singapura. Yang bisa diatur temperaturnya sehingga bisa menyesuaikan apakah air yang digunakan ingin hangat atau lebih panas.

Tidak hanya itu, produk Champs Industrial mempunyai beberapa keunggulan lain. Yaitu anti bakteri dan anti peradangan kulit. Selain memanaskan air juga mampu membunuh bakteri di dalam air.

Secara umum water heater dari Champs membantu mencegah kulit jadi kering dan berjerawat. Juga membantu menjaga kesehatan kulit.

Selain itu mampu menghilangkan kandungan klorin di dalam air. Sehingga air panas yang keluar akan lebih murni. Fitur-fitur water heater Champs Industrial tersebut telah diuji di laboratorium pihak ketiga (bukan laboratorium milik Champs) di Singapura.

Baca Juga : Cara Mengatasi Autensi Akun Google dengan Mudah

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *