Email merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting, baik untuk pelajar maupun pekerja partikelir. Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang merasa panik jika mereka lupa kata sandi atau password email mereka. Untuk itu kami mempunyai solusi cara mengatasi akun google lupa sandi dengan mudah yang bisa kamu atasi.

Gmail merupakan salah satu penyedia layanan email dari Google yang paling banyak digunakan. Karena itulah, pada kesempatan ini pelitadigital akan memberi tambahan cara mengatasi akun google lupa sandi. Berikut ini ulasannya.

Alasan Mengapa Orang Sering Lupa Sandi Email

1. Amat Sering Mengganti Password

Salah satu penyebab orang-orang sering lupa password mereka adalah sangat sering mengganti atau mengubah password. Mengubah password secara berkala memang penting untuk menghambat terjadinya pencurian informasi dan data, dan juga membatasi akses yang diperoleh oleh logger keystroke.

Logger keystroke ini adalah suatu teknologi yang sering digunakan untuk merekam penekanan tombol oleh penggunanya. Makannya, secara rutin mengubah password dapat meminimalisir terjadinya pencurian dari logger keystroke.

2. Password Terlampau Panjang

Alasan kedua adalah menggunakan kata sandi atau password yang sangat panjang. Memang menggunakan kata sandi yang panjang sangat bagus untuk menambah keamanan dari pencurian kata sandi. Agar tidak sering lupa, lebih baik kamu mencatat kata sandi kamu pada notes yang ada pada ponsel kamu atau mencatatnya di buku harian.

3. Menggunakan Simbol-Simbol

Menggunakan simbol-simbol yang unik dan aneh merupakan salah satu persyaratan umum untuk membuat password. Tapi, terkadang terlalu banyak menggunakan simbol-simbol atau angka-angka yang banyak akan membuat orang sering lupa sandi mereka. Jika kamu sudah terlanjur pintar maka dari itu, kamu akan lupa dengan password, kali ini Kredit Pintar akan membagikan cara memulihkan akun Google. Berikut ini penjelasannya!

Cara Mengatasi Akun Google Lupa Sandi dengan Mudah

Menggunakan Alamat Email Pemulihan

Siasat mengatasi lupa sandi email kamu adalah dengan menggunakan alamat email pemulihan yang sudah kamu daftarkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke laman login Gmail dan masukkan alamat email kamu. Kemudian ketuk “Next” untuk melanjutkan.
  • Lalu, kamu akan diminta dengan memasukkan kata sandi kamu, pilih “Forgot Password” untuk memulihkan akun kamu.
  • Kemudian, Gmail akan mengirimkan suatu email berupa kode verifikasi ke akun email pemulihan yang sudah kamu daftarkan. Copy kode tersebut dan klik “Next.”
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman untuk membuat password email baru. Setelah itu, buatlah kata sandi yang baru lalu klik “Save Password.”

Menggunakan Nomor Pemulihan

Tak hanya menggunakan email pemulihan atau email recovery, kamu juga bisa memulihkan akun Google kamu dengan menggunakan nomor pemulihan yang kamu daftarkan.

  • Masuk ke laman Gmail dan masukkan alamat email kamu pada laman login, kemudian klik “Next.”
  • Kemudian pilih “Forgot Password.”
  • Kemudian, kamu akan diminta dengan memasukkan kode verifikasi, carilah kata “Try Another Way” lalu klik.
  • Lalu, Google akan memberi tambahan pilihan untuk kamu terima kode verifikasi. Bisa lewat pesan atau lewat telephone. Pilih salah satu dari keduanya.
  • Kemudian, periksa smartphone kamu untuk terima telpon atau kode verifikasi. Pada akhirnya copy atau hafalkan kode verifikasi tersebut dan masukkan pada kolom yang sudah ada. Kemudian klik “Next.”
  • Selanjutannya, kamu akan diminta untuk membuat suatu kata sandi yang baru. Buatlah kata sandi yang kuat dan hafalkan, kemudian klik “Save Password.” Setelah berhasil, Google akan memberi tambahan rekomendasi “Security Checkup.”

Baca Juga: Cara Mengatasi Autensi Akun Google dengan Mudah

Demikianlah, beberapa ulasan cara mengatasi akun google lupa sandi yang sudah terhapus secara permanen? Nah, dengan beberapa cara diatas bisa kamu terapkan dengan mudah.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *