Mencari lowongan pekerjaan di era digital memiliki tantangan tersendiri karena banyaknya competitor dengan keahlian yang sama, namun demikian tidak perlu khawatir karena selaras dengan hal itu lowongan pekerjaan juga bertebaran dimana-mana.

Supaya Anda dapat bertahan dan bersaing dalam dunia kerja sekaligus sekaligus mendapatkan perkerjaan yang layak, tentu Anda harus mempersiapkan dengan baik.

tips mencari lowongan pekerjaan di era digital

  1. Gunakan mesin pencari seperti google untuk menemukan lowongan pekerjaan yang tepat. Anda bisa mencari dengan menggunakan kata kunci yang relevan, seperti “lowongan pekerjaan di [nama kota]” atau “lowongan pekerjaan di [nama industri]”.
  2. Gabung dengan grup Facebook atau LinkedIn yang terkait dengan industri yang Anda minati. Banyak perusahaan mengumumkan lowongan pekerjaan di grup-grup tersebut.
  3. Ikuti akun-akun perusahaan di media sosial yang Anda minati. Mereka seringkali membagikan informasi lowongan pekerjaan di akun-akun tersebut.
  4. Daftar di situs pencari kerja online, seperti LinkedIn, Indeed, atau Glassdoor. karir.ai. Anda bisa mengatur pengaturan alarm lowongan pekerjaan sehingga Anda dapat menerima notifikasi saat ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda.
  5. Buat profil LinkedIn yang menarik dan lengkap. Ini akan membantu perusahaan menemukan Anda dan mengetahui lebih banyak tentang latar belakang Anda.
  6. Ajukan lamaran Anda secara online. Banyak perusahaan menerima lamaran secara online, jadi pastikan Anda memiliki versi digital dari CV dan surat lamaran Anda.
  7. Pastikan profil online Anda tidak mengandung informasi yang tidak pantas atau tidak sesuai dengan etika kerja. Ini termasuk foto-foto yang tidak pantas atau posting di media sosial yang tidak sopan.
  8. Tawarkan diri untuk magang atau bekerja paruh waktu jika Anda belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Ini akan memberi Anda pengalaman yang berguna dan juga membuka peluang untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut di kemudian hari.
  9. Tetap terbuka pada peluang pekerjaan yang berbeda dari yang Anda harapkan. Anda mungkin menemukan bahwa ada peluang yang lebih baik di luar bidang yang sebelumnya Anda minati.
  10. Bersikap proaktif dan terus belajar. Carilah pelatihan atau kursus yang berguna untuk meningkatkan kemampuan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman atau mentor tentang cara terbaik untuk memasuki industri yang Anda minati.
  11. Era digital telah membawa banyak perubahan dalam cara orang mencari pekerjaan. Berikut adalah beberapa contoh lowongan pekerjaan di era digital dan penjelasannya:
Baca Juga :   Menggali Peluang Cari Uang di Era Digital yang Penuh Inovasi

Digital marketing

Pekerjaan ini melibatkan pemasaran produk atau jasa melalui media sosial, iklan online, dan alat lainnya. Orang yang bekerja di bidang ini harus memahami cara menargetkan audiens yang tepat, membuat konten yang menarik, dan mengelola kampanye pemasaran.

 

Desain grafis

Pekerjaan ini melibatkan pembuatan iklan, banner, dan materi visual lainnya untuk digunakan di internet. Orang yang bekerja di bidang ini harus memahami cara menggunakan perangkat lunak desain seperti Photoshop dan Illustrator.

 

Penulis

Pekerjaan ini melibatkan penulisan artikel, blog post, dan konten lainnya untuk situs web atau media sosial. Orang yang bekerja di bidang ini harus memahami cara menulis dengan cara yang menarik dan efektif untuk audiens yang dituju.

Analis data

Pekerjaan ini melibatkan menganalisis data yang terkumpul dari situs web atau aplikasi untuk membantu perusahaan mengambil keputusan yang tepat. Orang yang bekerja di bidang ini harus memahami cara menggunakan alat analisis data seperti Excel dan mengetahui cara menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut.

Pemrograman

Pekerjaan ini melibatkan pembuatan aplikasi atau situs web dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau C++. Orang yang bekerja di bidang ini harus memahami cara menulis kode yang efisien dan efektif.

Baca Juga :

 

Baca Juga :   Apa itu Copywriter ? Serta Tugas-Tugasnya

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *