Pelitadigital.com – Mengecek tagihan listrik secara rutin menjadi suatu keharusan, namun seringkali kendala seperti tidak memiliki akses ke aplikasi resmi PLN atau terbatasnya kuota internet dapat menjadi hambatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan lengkap tentang cara mengecek tagihan listrik tanpa aplikasi, memastikan pembayaran listrik tepat waktu tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

 

3 cara cek Tagihan Listrik PLN Tanpa Aplikasi

1. Melalui Situs Resmi PLN

  • Kunjungi Website Resmi PLN.  Langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan membuka browser di ponsel atau komputer dan mengunjungi situs resmi PLN di https://www.pln.co.id/. Di sini, tersedia berbagai informasi mengenai layanan PLN, termasuk cara mengecek tagihan listrik.
  • Masuk atau Daftar Akun. Jika sudah memiliki akun di situs PLN, segera masuk menggunakan kredensial akun. Bagi yang belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses ke informasi tagihan listrik.
  • Cek Tagihan. Setelah berhasil masuk ke akun, carilah opsi “Cek Tagihan” atau “Informasi Tagihan”. Di dalamnya, masukkan nomor pelanggan atau ID meteran listrik untuk melihat rincian tagihan terbaru.

 

2. Menggunakan SMS

Alternatif lainnya adalah melalui layanan SMS dari PLN. Ketik pesan dengan format berikut: [PLN(spasi)NomorPelanggan] dan kirim ke nomor layanan SMS yang telah disediakan oleh PLN.

 

Baca Juga :   Cara Memeriksa Kuota FUP IndiHome melalui Situs Web & Aplikasi

3. Melalui Kantor Pelayanan Pelanggan

Jika preferensi Anda adalah interaksi langsung, kunjungi kantor pelayanan pelanggan PLN terdekat. Petugas di sana dapat membantu Anda mengecek tagihan listrik tanpa melibatkan aplikasi ponsel.

 

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat memastikan kelancaran proses pengecekan tagihan listrik tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Sehingga, kendala akses atau kuota internet yang terbatas tidak lagi menjadi penghambat dalam menjalankan tugas rutin bulanan Anda. Selamat mencoba!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *