Tips Investasi Properti Bagi Pemula – Investasi properti adalah investasi yang membutuhkan modal besar namun keuntungan yang didapatkan juga cukup tinggi. Namun, jenis instrumen ini cukup digemari dan menjadi pilihan sebagian besar investor dalam jangka panjang.

Investasi properti merupakan investasi yang nilainya stabil dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, banyak orang percaya bahwa risiko berinvestasi di properti lebih rendah daripada bentuk lainnya. Tertarik? Simak pembahasan selengkapnya yuk!

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tips Memulai Investasi Properti Aman dan Menguntungkan

Apa itu Investasi Properti?

Investasi properti adalah bentuk pengelolaan modal dengan melibatkan penjualan dan pembelian aset, hingga menangani aset untuk menghasilkan keuntungan. Yang membedakan dari jenis investasi lainnya terletak pada pengelolaan aset.

Investasi properti adalah pembelian properti perumahan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh Return of Investment (ROI). Pengelolaan aset tersebut dilakukan dengan cara penyewaan, penjualan kembali ataupun keduanya.

Investasi ini dapat dijalankan oleh perorangan, kelompok maupun korporasi. Umumnya, berinvestasi dalam bidang properti sangat fleksibel, karena dapat dijadikan sebagai investasi jangka pendek atau panjang.

Cara Investasi Properti

Jika Anda tertarik memulai berinvestasi dalam bidang properti, maka beberapa cara di bawah ini tak boleh Anda lewatkan. Berikut ini cara investasi properti untuk pemula yang mencakup investasi sewa, bisnis flip properti, dan properti online.

  1. Bisnis Flip Properti
    Teknik flipping menjadi salah satu cara untuk mendapatkan rumah dengan modal sedikit, bahkan tanpa uang sepeserpun. Dalam bisnis flipping, Anda dapat membeli rumah kemudian direnovasi dan menjualnya kembali dengan selisih harga yang mendatangkan keuntungan.
  2. Investasi Properti Sewa
    Contoh investasi properti berikutnya yaitu properti sewaan. Keunggulan dari berinvestasi dalam properti sewaan adalah keuntungannya konsisten. Biasanya, bisnis ini dilakukan para investor yang ingin mendapatkan income pasif secara berkala dalam jangka waktu singkat.
  3. Investasi Properti Online
    Bentuk investasi online merupakan proses transaksi yang dilakukan secara online melalui platform khusus untuk menghubungkan calon investor dengan property asset manager. Proses transaksi investasi ini biasa disebut sebagai crowdfunding.

Jenis Investasi Properti

Meskipun modal yang dibutuhkan dalam mendirikan properti untuk kebutuhan bisnis lebih besar dibanding hunian, namun keuntungan dari sewaan properti ini sangat menjanjikan. Berikut ini beberapa contoh investasi properti sebagai kepentingan bisnis.

  1. Apartemen
    Apartemen masih diminati oleh banyak orang, khususnya masyarakat perkotaan yang menyukai gaya hidup minimalis dan praktis. Tak heran jika bisnis ini menjamur dimana-mana. Semakin strategis lokasinya, maka harga sewanya pun akan makin mahal.

    Selain itu, harga jual properti apartemen cenderung lebih tinggi dibanding harga awal saat membelinya. Anda akan memperoleh keuntungan dari berinvestasi dalam properti apartemen ini sekitar 7%-12% per tahunnya.

  2. Rumah Kost
    Jika Anda memiliki rumah dengan banyak kamar tak terpakai, hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bisnis kos-kosan. Anda akan mendapatkan pasif income setiap bulannya atau 5%-7% per tahun. Penawaran harga juga beragam tergantung pada posisi strategis, dan fasilitas yang diberikan.
  3. Gedung Perkantoran
    Properti gedung perkantoran dapat menjadi investasi yang menghasilkan profit lebih besar dibandingkan jenis properti lainnya. Biasanya, properti ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan ruangan perusahaan untuk keuangan, operasional dan administrasi.

Keuntungan Investasi Properti

Salah satu keunggulan dari investasi pada bidang properti adalah minimnya resiko dan stabilnya kebutuhan masyarakat akan tempat hunian. Selain itu, berikut beberapa keuntungan lain yang bisa Anda peroleh.

  1. Bisnis Sewa Hunian
    Aset properti Anda dapat dikembangkan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi jika posisi bangunan tersebut berada di kawasan kampus atau pusat kota, sehingga dapat dijadikan rumah kos maupun hunian untuk di sewa kontrak.
  2. Kebutuhan Rumah akan Terus Berkembang
    Sampai saat ini, kebutuhan masyarakat untuk membeli rumah terus meningkat. Pasalnya, semakin banyak keluarga yang ingin mempunyai rumah pribadi. Sehingga, aset Anda dapat dimanfaatkan sebagai salah satu investasi menjanjikan.
  3. Harga Properti akan Terus Meningkat
    Seiring dengan meningkatnya permintaan rumah dan tanah, namun ketersediaan lahan yang semakin sedikit, akan mengakibatkan harga beli semakin mahal. Keuntungan dari berinvestasi ini akan terus bertambah dengan banyaknya jumlah kebutuhan masyarakat terhadap rumah
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *