Pelitadigital.com – Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone adalah layar HP yang tiba-tiba muncul garis-garis, baik secara vertikal maupun horizontal.

Meskipun jumlah garis tersebut mungkin tidak banyak, tetapi tetap saja hal ini bisa mengganggu pengalaman penggunaan perangkat tersebut.

Ketika menghadapi masalah ini, seringkali orang terburu-buru membawanya ke tempat servis, dengan kemungkinan penggantian layar sebagai solusi utama.

Namun, sebelum Anda melakukan langkah tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda coba terlebih dahulu untuk mengatasi masalah layar HP bergaris.

 

8 Cara Mengatasi Garis pada Layar HP dengan Mudah

Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut, seperti yang dilansir dari situs Guiding Tech:

 

1. Turunkan Suhu HP

 

Suhu yang terlalu tinggi pada HP dapat menjadi penyebab munculnya garis-garis pada layar, baik secara vertikal maupun horizontal.

Hal ini biasanya terjadi ketika HP digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan penggunaan daya yang tinggi, seperti merekam video dalam waktu lama atau bermain game dengan grafis yang intens.

 

Untuk mengatasi hal ini, diamkan HP Anda agar suhunya dapat menurun. Setelah itu, periksa apakah garis-garis tersebut sudah menghilang.

 

2. Copot Casing, Baterai, dan Kartu SIM

 

Cara lain untuk menurunkan suhu HP adalah dengan melepas casing, baterai (jika bisa dilepas), dan kartu SIM. Pastikan untuk mematikan HP terlebih dahulu sebelum melepas komponen-komponen tersebut.

Biarkan HP Anda dalam keadaan terbuka dan biarkan selama beberapa menit di permukaan yang dingin. Kemudian, pasang kembali kartu SIM dan baterai. Langkah ini dapat membantu menyejukkan perangkat Anda, terutama jika mengalami masalah panas berlebih.

 

3. Restart HP

 

Sebelum Anda membawa HP ke tempat servis, coba terapkan langkah sederhana dengan merestart perangkat. Tekan tombol daya dan pilih opsi restart. Terkadang, melakukan restart dapat mengembalikan kondisi layar seperti semula.

 

4. Aktifkan Safe Mode

 

Jika masalah garis-garis pada layar terjadi karena beberapa aplikasi yang terinstal, Anda dapat mencoba masuk ke Safe Mode. Tekan dan tahan tombol daya, lalu ketuk opsi Power off untuk me-reboot HP ke dalam Safe Mode.

Periksa apakah garis-garis tersebut masih muncul saat HP berada dalam Safe Mode. Jika tidak, hal ini menandakan bahwa masalah tersebut mungkin disebabkan oleh salah satu aplikasi yang terinstal. Cobalah untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut satu per satu hingga menemukan penyebabnya.

 

5. Perbaiki Kerusakan Akibat Air

 

Kerusakan akibat air juga dapat menjadi penyebab munculnya garis-garis pada layar HP. Jika HP Anda terkena air, misalnya terkena hujan atau tumpahan air, biarkan perangkat mengering terlebih dahulu.

Anda juga dapat mencoba metode lain untuk menghilangkan kelembapan, seperti menyetel layar ke kecerahan maksimum, mengatur screen timeout agar layar tetap menyala, dan membiarkan HP terhubung ke daya agar menghasilkan panas yang dapat menghilangkan kelembapan.

 

6. Update Sistem Android

 

Perangkat yang menjalankan versi Android yang sudah ketinggalan zaman juga dapat menjadi penyebab munculnya garis-garis pada layar.

Cobalah untuk mengupdate sistem Android ke versi terbaru. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke pengaturan perangkat, lalu cari opsi Update System untuk mengunduh dan menginstal versi Android yang lebih baru.

 

7. Reset HP ke Pengaturan Awal

 

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda mungkin perlu melakukan reset HP ke pengaturan pabrik.

Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan pada perangkat Anda, lalu cari opsi Reset, dan pilih opsi untuk menghapus semua data. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses reset.

 

8. Bawa ke Tempat Servis

 

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membawa HP Anda ke tempat servis, terutama jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah.

Kemungkinan besar masalah tersebut berkaitan dengan kerusakan perangkat keras yang memerlukan penanganan khusus.

Jika HP Anda masih dalam masa garansi, pastikan untuk menanyakan apakah kerusakan tersebut termasuk dalam garansi.

 

Demikianlah 8 cara mengatasi layar HP bergaris yang bisa Anda coba terapkan di rumah sebelum membawa perangkat Anda ke tempat servis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi masalah serupa.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *