Saat ini, Pertumbuhan digital marketing khususnya para pemula di Indonesia telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak bisnis yang membutuhkan ahli pemasaran digital untuk mengelola kampanye digital mereka. Hal ini membuat profesi digital marketer semakin menarik dan dibutuhkan. Lalu bagaimana dengan gaji digital marketing pemula di Indonesia?

Tugas Digital Marketing Pemula

Sejauh ini, saya telah menjelaskan apa itu pemasaran digital. Sekarang mari kita beralih ke tugas pemasaran digital yang dilakukan oleh seorang pemasar digital. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemasar digital harus mampu berinteraksi dengan pelanggan dan prospek melalui saluran online.

Dengan banyaknya saluran pemasaran, kita dapat mengkategorikannya ke dalam beberapa peran. Berikut adalah beberapa tanggung jawab atau peran yang dimiliki oleh seorang digital marketer:

1.    Pemasaran Konten

Bertanggung jawab untuk membuat konten berkualitas yang memfasilitasi akses pengguna ke informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Konten adalah kunci dalam pemasaran media sosial. Ingatlah bahwa konten yang dibuat harus relevan dengan target audiens kamu. Untuk meningkatkan keterlibatan konten

2.    Pemasaran Media Sosial

Bertanggung jawablah untuk menjangkau target audiens kamu melalui platform media sosial. Sama halnya dengan Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dll., pemasaran media sosial juga berperan dalam menciptakan kesadaran merek untuk produk dan layanan yang kita tawarkan.

Baca Juga :   Melangkah Bersama Digital Marketing: Panduan, Peran, dan Strategi yang Memikat

3.    Pengoptimalan mesin pencari (SEO)

Membuat konten blog, mengoptimalkan performa website, dan melakukan riset kata kunci mesin pencari dengan tugas meningkatkan brand awareness melalui media blog. Pengiklan Online (Online Advertising)

Bertugas untuk mempromosikan produk dan jasa melalui kanal-kanal online yang tersedia seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Tiktok Ads. Tujuannya adalah untuk menjangkau sebanyak mungkin orang. Tujuannya adalah untuk menjangkau orang dengan akurasi tinggi.

Berapa Kisaran Gaji Digital Marketing Pemula? Lihat Disini!

Gaji digital marketing tingkat pemula di Indonesia bervariasi sesuai dengan pengalaman, keahlian, dan lokasi. Secara umum, gaji bulanan untuk digital marketing pemula di Indonesia berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. Namun, beberapa perusahaan menawarkan gaji yang lebih tinggi tergantung pada kemampuan karyawan.

Perlu diingat, bahwa gaji bukanlah satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari pekerjaan digital marketing. Perusahaan yang menawarkan pengembangan karir dan kesempatan pelatihan akan memberikan nilai tambah sehingga karyawan mereka dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan pemasaran digital mereka.

Mengapa kamu Harus Memilih Pemasaran Digital Untuk Karir kamu?

Seperti yang telah disebutkan di atas, profesional digital marketing sangat dibutuhkan di Indonesia, di mana teknologi digital yang ada telah berkembang. Selain itu, bidang digital marketing sangat beragam sehingga kamu harus memilih karir di bidang digital marketing.

Baca Juga :   5 Tips Menjadi Youtuber Profesional Untuk Pemula

Hal ini karena semakin banyak platform yang akan berkembang dan, selain gaji yang menggiurkan, kemungkinan besar akan menciptakan profesi baru di bidang ini. Alasan lainnya adalah gajinya yang relatif bagus.

Seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, gaji pemasar digital dinilai baik dibandingkan dengan sektor lain, baik secara umum maupun berdasarkan jenis pekerjaan.

Baca Juga: Berapa Biaya Jasa Instagram Ads? Simak Disini!

Mungkin juga ada peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut. Dengan banyaknya ruang dalam pemasaran digital, kamu dapat mempelajari banyak hal pada saat yang sama ketika kamu memulai karier kamu.

Hal ini menempatkan pemasaran digital di bidang yang tidak monoton karena kita belajar hal-hal baru setiap hari. Nah, itulah tadi Kisaran Gaji Digital Marketing Pemula. Semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *