Table of contents: [Hide] [Show]

Cara Edit PDF di Laptop atau PC – Era modern seperti saat ini membuat banyak orang membutuhkan perangkat dengan mobilitas yang tinggi. Salah satunya laptop, perangkat yang memiliki mobilitas yang tinggi berkat desain ringkas dan minimalis. Tak hanya itu, performa andal dari sebuah laptop juga memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk menyelesaikan banyak keperluan.

Bicara keperluan pada sebuah laptop, perangkat satu ini tentu bisa digunakan dengan mudah untuk mengakses banyak hal salah satunya mengedit file dalam bentuk PDF. File PDF atau yang merupakan singkatan dari Portable Document Format merupakan salah satu dokumen yang sering digunakan untuk banyak keperluan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tips Memulai Investasi Properti Aman dan Menguntungkan

Sayangnya, file dalam bentuk PDF cenderung lebih susah untuk diedit karena sudah dalam satu kesatuan utuh. Namun masalah tersebut tentu bukan perkara yang perlu dianggap rumit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengedit file dalam bentuk PDF khususnya pada perangkat laptop.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut kami telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (2/12), cara edit PDF di laptop dengan dan tanpa aplikasi.

Cara edit PDF di laptop dengan dan tanpa aplikasi

Agar file dalam bentuk PDF bisa diedit dengan mudah, pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi tambahan atau bahkan hanya mengandalkan jaringan internet. Pada dasarnya, setiap cara yang ada bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memilih cara mana yang sekiranya mudah untuk dilakukan. Untuk membahas lebih detail mengenai cara yang ada, kamu bisa simak ulasan berikut.

Baca Juga :   Manfaat Website Untuk Sekolah DI Era Digital

1. Edit PDF di laptop menggunakan website online

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengedit file PDF tanpa bantuan aplikasi adalah memanfaatkan website pengubah PDF secara online. Pada dasarnya sudah banyak website yang disediakan untuk mengubah PDF secara online dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mencarinya pada browser yang biasa digunakan. Setelah menemukan website yang sesuai, kamu bisa mulai mengedit file PDF yang ada sesuai keperluan yang dimiliki.

2. Edit PDF di laptop menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi office yang tentu sudah terinstal pada setiap laptop yang beredar di pasaran. Hanya dengan menggunakan Microsoft Word, kamu bisa mengedit file PDF dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu membuka file PDF yang dimiliki dengan Microsoft Word maka secara otomatis file tersebut akan diubah ke dalam bentuk Word. Saat file PDF sudah dikonversi dalam bentuk Word, kamu bisa mulai mengedit data yang ada sesuai keinginan.

3. Edit PDF di laptop menggunakan WPS

Bisa dibilang WPS merupakan aplikasi office lain yang bisa kamu gunakan untuk mengedit file PDF dengan mudah. Hanya dengan satu aplikasi ini, proses editing file PDF yang kamu miliki bisa berjalan dengan lancar. Pada dasarnya, cara mengedit file PDF menggunakan WPS tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Microsoft Word. Kamu hanya perlu membuka file PDF yang dimiliki dengan aplikasi WPS kemudian mengeditnya sesuai keperluan yang dibutuhkan.

Baca Juga :   Oppo Reno 8T Akan Segera Rilis di Indonesia, Berapa Harganya ?

4. Edit PDF di laptop menggunakan Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader merupakan solusi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengedit file dalam bentuk PDF dengan mudah. Melalui satu aplikasi ini, kamu bisa mengedit file dalam bentuk PDF tanpa ada halangan. Cukup buka Adobe Acrobat Reader pada laptop yang kamu miliki kemudian cari file yang ingin diedit. Jika sudah, kamu bisa langsung mengedit file yang diinginkan dengan menambahkan atau mengurangi kata yang ada.

5. Edit PDF di laptop menggunakan Google Drive

Siapa sangka, Google Drive yang merupakan aplikasi untuk menyimpan data bisa digunakan untuk mengedit file PDF menggunakan laptop. Bisa dibilang Google Drive tidak bekerja sendirian. kamu perlu melibatkan Google Docs dalam proses pengeditan file PDF yang ada. Caranya, kamu unggah dahulu file PDF yang dimiliki ke dalam Google Drive. Setelah berhasil terunggah, buka file tersebut menggunakan Google Docs. Saat menggunakan Google Docs, kamu bisa mengedit file tersebut sesuai keinginan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *