Pelitadigital.com – Google Photos dan Samsung Gallery, keduanya merupakan aplikasi galeri yang umum digunakan pada smartphone. Fungsinya tak lain adalah untuk menyimpan dan menampilkan foto serta video baik yang tersimpan di perangkat maupun di cloud. Namun, ada perbedaan signifikan antara keduanya yang perlu diperhatikan.

Samsung Gallery, sebagai aplikasi bawaan dari Samsung, memang menyediakan sejumlah fitur yang membantu pengguna dalam mengelola koleksi foto di perangkat Samsung mereka.

Namun, kelemahannya terletak pada keterbatasan ekosistemnya yang hanya dapat berjalan di perangkat Samsung saja.

Selain itu, untuk sinkronisasi cloud, pengguna diharuskan memiliki akun Microsoft OneDrive, membatasi fleksibilitas pengguna dalam mengakses layanan ini.

Sementara itu, Google Photos hadir dengan keunggulan kompatibilitas yang lebih luas, mendukung berbagai perangkat, dan memfasilitasi sinkronisasi cloud melalui akun Gmail.

Ini menjadikan Google Photos menjadi pilihan yang lebih menguntungkan bagi pengguna yang ingin memindahkan koleksi foto mereka dari Samsung Gallery.

1. Cadangkan Foto ke Google Drive

Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan fitur cadangan di Google Photos. Dengan mengaktifkan opsi ini, pengguna dapat mentransfer foto secara otomatis ke cloud. Langkah-langkahnya meliputi:

  • Buka aplikasi Google Photos dan akses menu pengaturan.
  • Pilih akun Google yang akan digunakan untuk menyimpan foto.
  • Tentukan preferensi cadangan melalui Wi-Fi atau jaringan seluler.
  • Pilih kualitas foto yang diinginkan, apakah Original Quality atau Storage Saver.
Baca Juga :   Cara Upload File ke Google Drive Melalui Smartphone

2. Pindahkan Foto secara Manual

Jika ingin melakukan pemindahan secara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Photos dan tambahkan album baru.
  • Beri nama untuk album tersebut dan pilih gambar yang ingin dipindahkan.
  • Setelah memilih, tambahkan gambar tersebut ke album baru.
  • Ulangi langkah ini untuk membuat album-album baru sesuai kebutuhan.

Metode lain adalah dengan berbagi foto dari Samsung Gallery langsung ke Google Photos. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Samsung Gallery dan pilih album foto yang ingin dibagikan.
  • Pilih foto yang diinginkan dan tekan tombol ‘Share’.
  • Pilih opsi Google Photos atau ‘More’ jika opsi sebelumnya tidak tersedia.
  • Setelah berhasil mencadangkan foto, pengguna dapat memanfaatkan fitur edit yang tersedia di Google Photos untuk menyempurnakan koleksi foto mereka.

Kesimpulan

Migrasi foto dari Samsung Gallery ke Google Photos bisa dilakukan dengan berbagai metode yang efektif dan efisien. Pilihan metode tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Dengan memilih Google Photos, pengguna dapat menikmati keuntungan kompatibilitas yang lebih luas serta kemudahan sinkronisasi cloud melalui akun Gmail, menjadikan pengelolaan koleksi foto menjadi lebih lancar dan terstruktur.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *