Cara Membersihkan Keyboard Mekanik

Keyboard Mekanik
Sumber : eraspace.com

Matajasa.com. Keyboard mekanik kesayangan Kalian mungkin perlu dibersihkan dengan benar. Bahkan perlu pembersihan rutin untuk menjaga keyboard mekanik tetap bersih dan tampak seperti baru. Inilah cara membersihkan keyboard Kalian!
Untungnya, mudah dibersihkan dan tidak memerlukan alat yang rumit. Alat-alat ini biasanya pasti ada di rumah Kalian, bahkan ada juga yang sudah ada di dalam kotak produk.

Yang diperlukan untuk membersihkan keyboard mekanik

• Satu sikat gigi (gunakan yang baru!)
• Pakaian yang kering dan bersih
• Keyboard yang infin dibersihkan
• Cotton Bud
• Air Duster (tidak begitu diperlukan)
• Air sabun hangat
• Keycap Puller

Kemoceng sebenarnya berguna karena menghemat waktu Kalian, tetapi masih ada penyeka kapas dan pakaian bersih untuk dibersihkan di antara tempat yang sulit dijangkau.

1. Cabut dan ambil gambar keyboard!

Langkah penting ini sangat diperlukan karena Kalian pasti tidak ingin keyboard dinyalakan dengan tombol di dekat air. Ini mungkin tampak aneh, tetapi mengambil foto keyboard itu penting karena dapat membantu saat memasang kembali keyboard setelah dibersihkan! Karena mudah untuk melupakan tata letak tanpa keycaps.

2. Putar dan goyangkan keyboard

Langkah pertama sederhana dan penting, tapi saya akui itu menyenangkan untuk dilakukan. Cukup balikkan keyboard, goyangkan, dan ketuk bagian belakang keyboard dengan lembut untuk menghilangkan semua jenis kotoran, debu, keripik, remah roti, bulu kucing, bulu anjing, dan banyak lagi. Ini baru langkah awal, jadi jangan gegabah karena keyboard masih perlu dibersihkan lagi.

Jangan lakukan ini pada permukaan yang lembut, karena Kalian akan membersihkannya nanti.

3. Gunakan penarik keycap dan lepaskan semua keycaps

Pada produk keyboard mekanis Kalian, Kalian mendapatkan penarik keycap di dalam kotak. Kalian dapat menggunakannya untuk dengan mudah melepas keycaps dari keyboard. Lakukan langkah demi langkah secara perlahan hingga semua keycaps terlepas. Jika tutup kunci Kalian sangat berminyak, bersihkan dengan handuk, kertas terlebih dahulu.
Jika Kalian tidak memiliki keycap, Kalian dapat menggunakan sikat gigi atau kapas untuk membersihkan celah di antara keycap. Tapi itu tidak terlalu efektif dan masih meninggalkan kotoran atau debu.

4. Balik dan goyangkan keyboard lagi!

Setelah melepas semua penutup tombol atau membersihkan dengan kapas atau sikat gigi, putar kembali keyboard dan goyangkan. Ini membantu membersihkan debu dari keyboard.
Sekali lagi, jangan lakukan ini pada permukaan yang halus untuk menghindari membersihkan kekacauan lain.

5. Sekarang, ambil keycap dan mandikan!

Tentu saja, kami tidak benar-benar ingin Kalian memandikan keycaps! Cukup tempatkan keycaps dalam semangkuk air sabun hangat. Aduk tutup kunci dalam air hangat dan rendam selama sekitar sepuluh menit, sampai bersih.
Setelah direndam, bilas sisa kotoran dengan air bersih.

6. Keycaps kering!

Kita semua tahu bahwa perangkat elektronik tidak boleh bersentuhan dengan air. Ambil tutup kunci yang basah dan keringkan dengan baju baru yang bersih. Kemudian keringkan dengan handuk baru selama beberapa jam sampai benar-benar kering.

Mengeringkan dengan handuk dapat mencegah penutup tombol mengering sepenuhnya, yang dapat merusak keyboard. Jadi jangan lakukan itu.

7. Ambil handuk dan kapas untuk membersihkan keyboard

Ini adalah langkah paling kritis, ambil handuk bersih atau handuk kertas dan beberapa kapas. Gunakan untuk membersihkan keyboard saat keycaps kering. Ini memastikan bahwa area yang sulit dijangkau dibersihkan secara menyeluruh dan keyboard Kalian terlihat baru lagi!. Info menarik lainya di Bobbygans.com  dan Inewsfeeds.com 

Baca Juga :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini