Pelitadigital.com – IndiHome tetap menjadi pilihan utama bagi banyak rumah sebagai penyedia layanan internet fiber atau WiFi, meskipun persaingan di pasar semakin ketat. Keunggulan utama layanan IndiHome adalah jangkauan layanannya yang masih unggul dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Salah satu kebijakan yang masih konsisten diterapkan oleh IndiHome adalah Fair Usage Policy (FUP). Bagi pengguna yang sering membaca forum diskusi tentang layanan internet fiber, istilah FUP pasti sudah menjadi hal yang tak asing lagi.

FUP sendiri adalah kebijakan yang mengatur batas penggunaan normal dalam mengakses layanan internet. Tujuannya sederhana, agar pengguna tidak menyalahgunakan atau berlebihan dalam penggunaan internet atau jaringan WiFi yang disediakan.

Salah satu aspek penting dari FUP adalah penerapan batasan kuota internet. Setiap paket layanan internet WiFi yang diikuti akan memiliki batasan kuota yang berbeda. Jika pengguna telah melebihi batasan FUP, maka kecepatan internet akan diturunkan secara signifikan.

Sebagai contoh, misalnya Paket IndiHome 10Mbps menyediakan FUP sebesar 300GB. Jika pengguna sudah menggunakan lebih dari 300GB, maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi sekitar 75% dari kecepatan awal, yakni sekitar 7,5Mbps dan seterusnya.

 

Agar tidak melampaui batas kuota FUP, penting untuk secara teratur memeriksa sisa kuota yang tersedia. Ada dua cara yang dapat dilakukan, baik melalui situs web resmi maupun melalui aplikasi resmi IndiHome.

Cara Memeriksa Kuota FUP IndiHome

Cara Memeriksa Kuota FUP IndiHome melalui Situs Web

  1. Buka situs web resmi IndiHome.co.id melalui aplikasi browser pada perangkat Anda.
  2. Login menggunakan akun yang Anda miliki.
  3. Pilih menu ‘Lihat Rincian’ untuk menemukan paket IndiHome yang Anda langganan.
  4. Anda akan menemukan informasi mengenai kuota FUP dari paket yang Anda gunakan.

Metode ini cocok untuk pengguna yang tidak ingin memasang aplikasi tambahan di perangkat mereka.

 

Cara Memeriksa Kuota FUP IndiHome melalui Aplikasi

  1. Unduh dan pasang aplikasi MyIndiHome pada perangkat Anda.
  2. Login menggunakan akun IndiHome Anda.
  3. Klik ikon tiga titik di bagian halaman Internet, lalu pilih ‘Lihat Penggunaan’.

Di sini, Anda akan melihat informasi mengenai jenis paket yang Anda gunakan beserta batasan atau FUP yang berlaku.

IndiHome menerapkan FUP pada seluruh paket layanan WiFi-nya, sehingga penting untuk selalu memeriksa dan memantau penggunaan internet Anda.

 

Dengan mengelola kuota dan kecepatan internet dengan bijak, Anda dapat memaksimalkan pengalaman internet rumah Anda dengan layanan IndiHome tanpa harus khawatir tentang penurunan kecepatan yang tiba-tiba karena melampaui batas kuota FUP.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *