Bagaimana cara mencari cadangan chat Whatsapp di Google Drive? Pertanyaan itu banyak muncul, karena saat ini Whatsapp jadi sistem chatting yang banyak digemari. Dan hal itu pulalah yang membuat aplikasi WA sangat penting dalam membantu jaringan komunikasi, entah itu dengan teman,  bisnis, maupun keluarga.

Tetapi hal yang dikhawatirkan ialah hilangnya isi pesan chat di sistem Wa. Terkadang secara tanpa disadari, isi pesan chatting di Whatsapp yang seharusnya masih tersimpan, harus hilang begitu saja.

Di dalam mengantisipasi hal di atas, kita wajib mempersiapkan semuanya, sehingga apabila terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, maka bisa langsung diatasi. Dan semua itu bisa diatasi dengan baik dengan cara mencadangkan pesan WA yag akan pelitadigital jelaskan di bawah ini.

Cara Mencari Cadangan Whatsapp di Google Drive

Jika sudah dicadangkan, maka akan timbul pertanyaan, kira-kira di mana cadangan chat WA tersimpan? Sebenarnya untuk mencadangkan chat Whatsapp sendiri bisa dilakukan melalui sistem pengaturan atau setting chat di aplikasi Whatsapp.

Tetapi, Whatsapp juga memberikan alternative untuk melakukan back up data WA mengenakan Google Drive. Untuk cadangan lokal sendiri biasanya akan dibuat dengan otomatis pada jam 02.00, lalu disimpan sebagai arsip pada ponsel.

Saat menggunakan Whatsapp, sebaiknya kita melakukan back up semua data WA di Google Drive. Sebenarnya cara yang satu ini, kini sudah otomatis bisa dilakukan di Whatsapp. Dengan kata lain, jika kita harus berganti ponsel baru atau terjadi masalah aplikasi WA, yang membuat data chatting hilang semua, maka dengan otomatis isi chat itu bisa dikembalikan. Maka dari itu, kita harus mengaktifkan fitur backup di Whatsapp itu ke dalam Google Drive.

Mencadangkan Chat Whatsapp di Google Drive

Sebelum mampu melihat cadangan chat Whatsapp di Google Drive, tentunya kita harus melakukan pencadangan chat WA terlebih dahulu. Bagaimana cara mencadangkan chat Whatsapp di Google Drive? Simak langkah berikut ini.

  • Buka kunci layar android kamu, sehingga siap untuk digunakan.
  • Untuk memulai proses, buka aplikasi Whatsapp.
  • Lalu, tap pada icon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih Setelan.
  • Lanjutkan tap menu Chat.
  • Pilihlah Cadangan Chat.
  • Kemudian kamu tekan tombol Cadangkan. Jangan lupa untuk memilih pengaturan Cadangkan ke Google Drive, supaya backup chat WA sanggup tersimpan disana.
  • Pilih akun Google untuk mencadangkan chat Wa.

Mencari Cadangan Chat Whatsapp di Google Drive

Sesudah kita berhasil mencadangkan chat Whatsapp ke Google Drive, bagaimanakah cara mencari cadangan whatsapp di google drive? Nah, ada beberapa langkah dan tahapan yang bisa dipakai.

  • Pertama, khusus untuk pengguna ponsel android, yang tentu ingin secara langsung mencari letak cadangan chat Whatsapp di Google Drive pada android. Cara mengetahuinya bisa dengan langkah berikut.
  • Buka aplikasi Google Drive. Kamu bisa mengakses aplikasinya lewat shortcut di homescreen, atau lewat menu utama, sesudah itu pilih Google » Google Drive.
  • Sesudah Google Drive terbuka, jangan lupa login memakai akun Google kamu.
  • Tekan icon strip tiga (≡) di pojok kiri atas aplikasi.
  • Selanjutnya pilih Cadangan.
  • Disana akan terlihat arsip cadangan chat Whatsapp yang sudah dibackup sebelumnya.

Baca Juga: Cara Restore Chat Whatsapp dari Google Drive dengan Mudah

Dan itulah pejelasan tentang cara mencari cadangan whatsapp di google drive. Semoga informasi di atas bisa membantu, bermanfaat, dan juga menambah pengetahuan. Jika ada kritik dan saran, bisa ditulis di kolom komentar,ya!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *