Sebelum membahas tentang cara restore chat whatsapp dari google drive, maka tidak ada salahnya jika kamu tahu terlebih dahulu tentang Whatsapp, yang ternyata fungsinya bukan hanya sebagai tempat bertukar pesan saja loh!.

Whatsapp merupakan suatu aplikasi perpesanan (Messenger) instan, dan lintas sistem pada smartphone yang membuat pengguna bisa mengirim, dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa, melainkan menggunakan koneksi internet.

Aplikasi Whatsapp mempunyai basic yang sama dengan Blackberry Messenger. Whatsapp dirilis pada Januari 2009. Namun, pada tahun 2014, Whatsapp resmi jadi milik Facebook, sehabis melewati proses akuisisi selama 8 bulan.

Dengan menggunakan Whatsapp, Kamu bisa mengirimkan teks, foto, audio, arsip dan gambar kepada pengguna lainnya, menelpon, video call, dan juga membuat story. Dan supaya percakapan dengan pengguna lain di Whatsapp tidak hilang, kamu bisa mencadangkannya di Google Drive atau lebih dikenal sebagai backup information.

Cara Restore Chat Whatsapp dari Google Drive dengan Mudah

Fitur pencadangan data di Google Drive sendiri, memang sangat direkomendasikan oleh Whatsapp, karena akan memudahkan kamu untuk menyimpannya, tanpa perlu repot menghabiskan kapasitas internal dari perangkat.

Apalagi jika kamu pengguna gmail, dan sudah mempunyai akun Gmail, maka bisa langsung mencadangkan chat Whatsapp ke Google Drive. Sebagai catatan, kamu perlu memastikan bahwa masih terdapat kapasitas kosong di Google Drive, sehingga proses backup berlangsung lancar tanpa hambatan. Dan selain itu, jika kamu ingin melakukan restore atau mengembalikan lagi chat yang tersimpan di Google Drive, maka langkah yang harus ditempuh pun tidak begitu sulit.

Tapi, sebelum kamu melakukan stu persatu langkah dari cara restore chat whatsapp dari google drive, ada baiknya kamu untuk menghapus aplikasi Whatsapp terlebih dahulu, atau setidaknya menghapus data dari Whatsapp yang ada, sehingga tidak ada masalah antara data lama dan data baru.

Jikalau sudah, maka kamu bisa melakukan restore chat Whatsapp dari Google Drive sebagai berikut.

Cara Restore Chat Whatsapp dari Google Drive

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Pada halaman awal, tekan tombol Agree and Continue
  • Masukkan nomor handphone dan tekan tombol OK pada kotak obrolan
  • Kemudian, kamu akan mendapat kode 6 digit melalui SMS untuk autentikasi akun Whatsapp
  • Masukkan kode 6 digit itu pada kolom yang disediakan
  • Apabila kode benar, maka aplikasi akan langsung memverifikasinya
  • Jika aplikasi Whatsapp mendeteksi, bahwa akun kamu mempunyai backup, maka secara otomatis akan muncul kotak obrolan yang meminta Restore Chat berasal dari Google Drive
  • Setujui dengan menekan tombol Continue
  • Lalu pada halaman Backup Found, akan muncul informasi tentang besaran data dan perkiraan yang dibutuhkan
  • Tekan tombol Restore dan tunggu sampai proses selesai
  • Apabila proses backup selesai, maka kamu harus mentekan tombol Next
  • Masukkan nama dan foto profil
  • Tekan tombol Next
  • Masukkan akun Gmail dan seberapa sering backup ditunaikan
  • Tekan tombol Done dan kamu akan segera masuk ke Whatsapp lagi

Untuk bisa menggunakan fitur restore chat Whatsapp dari Google Drive, kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur backup Whatsapp pada menu Chat backup, yang bisa ditemukan pada halaman Settings.

Baca Juga: Cara Buat Channel Telegram dengan Mudah dan Cepat

Pada fitur backup Whatsapp. Kamu bisa menentukan akun Gmail mana yang digunakan untuk mencadangkan, frekuensi waktu backup, koneksi yang dipakai, dan lainnya.

Dan itulah cara restore chat whatsapp dari google drive. Caranya sangat mudah bukan? Semoga informasinya bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *