Hallo, Kawan! Salam sehat selalu, pada artikel kali ini, pelitadigital akan memberikan tips kepada kalian, tentang cara buat channel telegram. Tapi, sebelum membahas tentang hal itu, kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian Telegram.

Telegram merupakan aplikasi pesan instan multiplatform berbasis cloud yang gratis, dan bersifat nirlaba. Aplikasi Telegram banyak digunakan di beberapa sistem operasi, seperti Android, ios, Windows Phone, Ubuntu Touch, dan juga perangkat komputer seperti Windows, Macos X, dan Linux.

Dengan Telegram, pengguna bisa saling berkirim pesan teks, foto, video, audio, dokumen, sticker, dan berbagai jenis berkas lainnya.

Apa yang Kamu Ketahui tentang Telegram?

Telegram dikembangkan oleh perusahaan Telegram Messenger LLP, yang didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Kode client-side Telegram bersifat gratis, sedangkan server-side close, hanya dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga Teknologi lainnya Disini:

Layanan Telegram juga menyediakan API untuk pengembang (Developers), sehingga bisa membuat stiker animasi, perubahan tampilan, widgets, sampai bot. Data dan kebutuhan API Telegram, bisa diakses lewat laman core.telegram.org.

Dan meski telegram hanya dikenal sebagai aplikasi chatting oleh sebagian besar penggunanya, namun ada sesuatu yang membedakan Telegram dengan aplikasi chat lainnya, yang masih jarang diketahui orang lain, yakni adanya fitur channel.

Channel Telegram biasanya digunakan untuk mengirim pesan ke audiens, dengan kapasitas yang besar. Dan ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat ruang khusus, untuk berbagi konten, entah konten dari website, Youtube atau konten-konten yang khusus sesuai keahlian Kalian.

Dan dengan membuat channel di Telegram, bisa memberikan manfaat yang sangat banyak, salah satunya adalah menciptakan komunitas yang loyal, seperti channel Youtube ataupun follower di Instagram.

Channel berbeda dengan grup. Pengguna Telegram yang masuk ke dalam channel khusus hanya bisa berkomunikasi satu arah. Artinya satu pengguna ke pengguna lain tidak bisa saling menanggapi.

Cara Buat Channel Telegram dengan Mudah dan Cepat

Channel Telegram, biasanya memang digunakan untuk mengirimkan info satu arah. Channel Telegram juga tidak punya batasan maksimal pengguna, sehingga siapapun bisa bergabung. Dan bagi kalian yang sudah penasaran bagaimana cara buat channel telegram, maka pelitadigital  akan membocorkannya lewat penjelasan di bawah ini dengan sangat lengkap dan mudah:

Cara Buat Channel Telegram Melalui Android

  • Buka akun Telegram Kalian
  • Pada halaman beranda chat Telegram, ketuk ikon pensil di pojok kanan bawah
  • Sesudah itu, pilih “New Channel”
  • Tulis nama channel dan foto profil
  • Lalu pilih “Public Channel” atau “Private Channel”, jika Kalian memilih public, maka secara tidak langsung kalian membuat link publik untuk bisa Kalian bagikan. Jika Kalian memilih “Private Channel”, maka akan mendapat link private channel secara otomatis
  • Lalu tambahkan anggota channel untuk bergabung
  • Selesai, channel Telegram Kalian sudah dibuat

Tips Membuat Channel Telegram Melalui iphone

  • Buka akun Telegram di iphone Kalian
  • Kemudian pilih “New Messages”
  • Lalu pilih “New Channel”
  • Sesudah itu, langkah-langkah membuat channel bisa Kalian lakukan seperti langkah-langkah di Android

Cara Membuat Channel Telegram Melalui Desktop

  • Masuk akun Telegram di desktop Kalian
  • Pilih ikon garis tiga vertikal di pojok kiri atas aplikasi
  • Pilih “New Channel”
  • Beri nama channel, Kalian juga bisa memberi tambahan foto profil channel
  • Pilih Public Channel atau Private Channel. Jika Kalian memilih public channel, maka akan langsung ada link untuk menyebarkan. Sesudah itu klik “Save”

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Backlink Pada Website Anda

Itulah beberapa cara membuat channel Telegram melalui Android, iphone, dan Desktop. Caranya sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk dipraktekkan saat waktu senggangg. Semoga penjelasan di atas juga bisa membantu dan bermanfaat, dan juga menambah pengetahuan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *