Apa itu backlink? Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi web, di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink gratis sering, sering kali melintas di kepala sebagian besar blogger maupun situs developer.

Selin itu, backlink juga bisa dikatakan sebagai nama untuk menamai suatu tautan/link, yang mengarah ke web site. Backlink bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna, atau sekadar untuk kebutuhan optimasi agar web site  lebih popular, di mata mesin pencari.

Dewasa ini, keperluan backlink semakin berkembang pesat seiring maraknya kampanye berbasis SEO, sebagai salah satu taktik untuk menarik calon pembeli. Karena keperluan itulah, terkadang pemilik website juga mencari backlink gratis.

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dengan Mudah

Dan agar bisa melengkapi ilmu Kamu tentang apa itu backlink, dibawah ini penulis sudah merangkum sejumlah tutorial dan situs, yang bisa dijadikan sebagai sumber mencari backlink gratis berkualitas untuk web Kamu.

Perlu diketahui, proses mencari backlink gratis lewat beberapa web site ini cukup memakan waktu dan melelahkan, jadi jangan lupa siapkan kopi dan juga camilan agar tetap fokus dan mendapatkan hasil maksimal.

1. About Me

  • Domain Authority (Da): 93
  • Style backlink: Profile

Cara mendapatkan backlink: Membuat akun kemudian tambahkan URL situs sasaran, di halaman about atau profil tautan situs.

2. Medium.Com

  • Domain Authority (Da): 95
  • Style backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Medium tak ubahnya seperti blogspot atau wordpress.com, yang menawarkan sistem blogging dengan kebebasan menulis yang tidak dibatasi. Jadi, Kamu bisa memanfaatkan layanan ini sebagai wahana latihan menulis, sekaligus menyisipkan backlink contextual yang mengarah ke web Kamu.

3. Youtube.Com

  • Domain Authority (Da): 99
  • Model backlink: Profile / contextual

Cara mendapatkan backlink: Sebagai salah satu product hasil besutan Google, Youtube jadi salah satu web site powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Ada dua cara mendapatkan backlink dari Youtube, pertama Kamu bisa memasang URL homepage web di halaman profil about me, lalu yang kedua Youtube backlink berupa URL homepage, maupun artikel yang bisa disematkan dalam kolom pelukisan.

4. Scribd

  • Domain Authority (Da): 94
  • Jenis backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Apakah Kamu punyai arsip-arsip tugas kuliah yang menumpuk di harddisk komputer? Jangan sia-siakan kerja keras Kamu itu, edit dan tambahkan hyperlink di bagian dokumen yang menurut Kamu relevan, kemudian unggah ke web dokumen sharing Scribd, untuk mendapatkan potensi backlink dari web site DA besar.

5. Kaskus.Co.Id

  • Domain Authority (Da): 80
  • Style backlink: Contextul

Cara mendapatkan backlink: Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas dari Kaskus Kamu harus bisa membuat suatu thread menarik yang tidak repost dan bermanfaat bagi banyak orang. Di bawah thread Kamu bisa memberi tambahan tautan referensi atau sumber, yang benar-benar disesuaikan dengan tpik bahasan berkaitan.

Itulah pembahasan perihal  tutorial cara mendapatkan backlink gratis, yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Kita semua pasti sepakat, jika salah satu langkah optimasi web adalah dengan cara memberi tambahan kualitas, maupun kuantitas backlink senatural mungkin, dan jangan lupa untuk selalu cek backlink.

Baca Juga: Ketahuilah, Manfaat Penting Jasa Like Youtube Bagi Seorang YouTuber

Tapi, hal itu rasanya bakal sia-sia saja, jika situs Kamu belum ditopang dengan sistem layanan hosting optimal, sehingga berpotensi memicu web sering down atau mengalami server error. Maka dari itu, sebelum memulai tahapan dukungan backlink.

Sebaiknya Kamu terlebih dahulu harus mempertimbangkan untuk menggunakan provider web site hosting Indonesia terbaik, dengan bermacam teknologi canggih untuk mempertahankan kinerja web site Kamu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *