Cara Menjaga Keseimbangan Septic Tank di Rumah Agar Tidak Cepat Penuh. Anda pasti sudah mengenal dengan baik apa yang disebut dengan septic tank, bukan? Tangki septik, atau yang dikenal juga dengan sebutan sepiteng, berfungsi sebagai tempat penampungan air, urine, dan tinja dari kloset.

Sejalan dengan waktu, septic tank dapat terisi penuh dan mengakibatkan WC mampet. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi mengenai cara menjaga keseimbangan dan volume septic tank di rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Jangan Membuang Sampah ke WC

Hindarilah membuang sampah selain limbah kotoran (feses dan urine) ke dalam WC. Sampah yang sulit terurai seperti tisu, pembalut, atau kertas yang dibuang ke dalam WC dapat menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah dampak buruk dari sampah yang tidak dapat terurai pada saluran septic tank dan WC, disarankan untuk tidak membuang sampah-sampah tersebut ke dalam kloset. Selain membuat saluran septic tank penuh, benda-benda tersebut juga dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di dalam WC.

Sebagai solusinya, Anda dapat menambahkan tempat sampah di dalam kamar mandi atau toilet agar pengguna kloset tidak membuang sampah tidak terurai ke dalam kloset.

Baca Juga :   Inilah 5 Aplikasi Digital Ini Wajib Dimiliki Sales dan Marketing Properti

Pastikan juga untuk membersihkan WC secara rutin dan menggunakan pembersih yang tepat. Menggunakan pembersih yang terlalu kuat atau tidak tepat dapat memengaruhi keseimbangan bakteri di dalam septic tank, yang dapat menyebabkan septic tank penuh.

  1. Menghindari Penggunaan Cairan Disinfektan atau Klorin/Kaporit untuk Menyiram WC

Dalam rangka menjaga agar septic tank di rumah tidak mudah penuh, sebaiknya Cara Menjaga Keseimbangan Septic Tank di Rumah Agar Tidak Cepat Penuh dengan menghindari menyiram WC dengan cairan disinfektan atau kaporit.

Hal ini dikarenakan kedua jenis cairan tersebut dapat membunuh bakteri pengurai dan menghambat proses penguraian tinja, sehingga dapat mempercepat pengisian septic tank. Disarankan untuk memilih cairan pembersih WC yang aman dan tidak berdampak buruk terhadap septic tank.

Anda bisa memilih produk pembersih kloset yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan serta sistem septik tank. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan alternatif pembersih kloset yang alami, seperti cuka atau baking soda.

Selain menghindari penggunaan cairan disinfektan atau kaporit, Anda juga sebaiknya tidak membuang bahan-bahan kimia berbahaya ke dalam WC, seperti cat, obat-obatan, dan produk kimia rumah tangga yang tidak bisa terurai dengan mudah.

Dengan melakukan langkah-langkah preventif tersebut, Anda dapat membantu menjaga agar septic tank di rumah tetap sehat dan tidak mudah penuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya masalah seperti WC mampet atau bau tidak sedap di lingkungan rumah Anda.

  1. Gunakan Probiotik

Jika sebelumnya Anda telah menggunakan cairan disinfektan atau kaporit pada WC Anda, Anda bisa mengimbangi dampak buruknya dengan memberikan probiotik yang akan membantu mencegah terjadinya WC mampet.

Baca Juga :   10 Strategi Efektif dan Mudah Pemasaran Properti

Sebaiknya gunakan probiotik khusus seperti brand Biolet yang terpercaya dan terbukti efektif dalam mencegah WC mampet dan septic tank penuh. Probiotik tersebut dapat mengubah kotoran yang berbentuk padat menjadi cair atau gas dengan lebih mudah.

Biolet mengandung kultur campuran dari berbagai jenis mikroba yang menguntungkan bagi manusia dan mampu menekan perkembangan kuman dan bakteri di lingkungan rumah, termasuk di toilet, septic tank, dan saluran pembuangan septic tank.

Biolet bukan hanya berguna untuk mencegah WC mampet dan septic tank penuh, namun juga dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi atau toilet Anda. Dengan harga yang terjangkau, Biolet merupakan solusi praktis untuk semua permasalahan WC di rumah Anda!

  1. Pasang Septic Tank Tambahan

Jika kapasitas septic tank di rumah Anda dirasa kurang, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat lubang septic tank tambahan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli septic tank. Untuk menentukan lokasi yang tepat dan menyesuaikan desain. Dengan kondisi lingkungan sekitar agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menambah ruang pada septic tank, Dan membuat dua jalur pembuangan agar volume septic tank tetap terjaga dan seimbang.

Namun, jika septic tank di rumah sudah tua dan kualitasnya diragukan. Disarankan untuk menggantinya dengan septic tank yang lebih modern dan terbaru. Hal ini penting untuk memastikan efisiensi kerja septic tank. Dan menghindari masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Baca Juga :   Inilah 7 Tips Membeli Rumah Bagi Milenial dan Pasangan Baru Nikah

Demikianlah beberapa tips dan informasi mengenai cara menjaga agar septic tank di rumah tetap terjaga. Dan seimbang seperti yang dilansir Sedot WC Jombang. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan Anda dapat menghindari WC mampet dan septic tank yang cepat penuh. Ingatlah bahwa menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah tanggung jawab kita bersama sebagai warga masyarakat. Terima kasih telah membaca.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *