Berbicara tentang SEO, akhir-akhir ini memang tidak asing. Namun meski begitu, jangankan tahu tentang cara kerja SEO, pengertiannya saja, masih banyak yang tidak tahu. Dan sebelum mengulas pembahasan inti, pelitadigital akan memulainya dengan memaparkan pengertian SEO.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman web, sehingga meningkatkan ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dijalankan melalui proses yang sistematis (Analisa, implementasi, report), artinya melakukan Teknik SEO yang masuk ke dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat Seo.

Lengkap! Ketahui Pengertian, Manfaat, Serta Cara Kerja SEO Disini!

Manfaat SEO

Pada dasarnya SEO memberi tambahan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Efeknya tergantung dari tujuan web site itu sendiri, seperti situs affiliate ditambah dengan teknik SEO, maka akan menaikkan penjualan product affiliate.

Baca Juga Blogging Lainnya Disini:

Tidak hanya itu, ada pula web site jualan online dipadukan dengan SEO. Jika pengunjung meningkat, maka penjualan juga akan meningkat, dan konsumen akan konsisten  berkunjung ke web site Kamu.

Baca Juga :   Bagaimana Cara kerja Youtube Backlink Generator? Yuk Cari Tahu Disini!

Selian manfaat di atas, ada lagi beberapa manfaat SEO. Berikut adalah manfaat SEO selengkapnya:

  • Web site jadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci yang tepat target.
  • Pelanggan tetap berdatangan ke situs Kamu, karena kata kunci web disesuaikan dengan sasaran pencarian.
  • Optimasi SEO ini, secara tidak langsung menambah pendapatan Kamu sebagai publisher.
  • Cache penulusuran di Search Engine jadi yang paling penting.
  • Situs bisnis Kamu akan semakin berkembang dan maju.
  • Dominasi pencarian lewat SEO akan menjadikan penjualan product akan semakin meningkat.
  • Bagi Kamu yang menjalankan program affiliate, maka akan ada timbal balik ke web site affiliate product.
  • Semakin mudah dicari, semakin besar peluang product Kamu dibeli oleh pasar.

Optimasi SEO adalah investasi jangka panjang di dalam membangun suatu web, baik untuk branding pribadi atau pun usaha.

Cara Kerja SEO

Bagaimana cara kerja SEO? Ada berbagai cara yang dilakukan Seo, yaitu sebagai berikut:

Crawling

Crawling atau Perayapan adalah sebuah proses mengambil seluruh halaman web site, yang mengakses pada web site itu. Tugas ini dilaksanakan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot di dalam mesin pencarian Google.

Indexing

Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk seluruh halaman web site, yang sudah diambil dan disimpan ke didalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau pelukisan, yang menjadikan halaman itu masuk ke dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Baca Juga :   Apa Itu Website ? Dan Apa Saja Jenisnya ?

Processing

Ketika mesin pencarian menerima request dari user, seperti ketika mengetikkan kata kunci “Cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari itu akan melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “Cara kerja seo” ke dalam request pencarian dengan halaman lainnya, dari beragam web site yang sudah terindeks pada database mesin pencari.

Calculating Relevancy

Di dalam satu halaman situs, pastinya mempunyai beberapa kata kunci yang diinputkan ke di dalam mesin pencari. Contohnya pada kata kunci “Pengertian seo”, supaya mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari tiap-tiap halaman, yang sudah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Baca Juga: Cara Membuat Blogger Gratis untuk Pemula

Retrieving Result

Dalam platform mesin pencarian adalah mengambil hasil, yang sangat relevan dari kata kunci yang sudah di proses sebelumnya. Lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Dan itulah sedikit penjelasan tentang pengertian Seo, manfaat, dan juga cara kerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan menambah tpenegatahuan. Salam sejahtera!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *