Donghua.id. Siapa yang tidak mengenal oksigen? Senyawa kimia dengan lambang O ini tersedia secara berlimpah di bumi. Senyawa dengan nomor atom 8 ini memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Apa saja manfaat oksigen bagi kehidupan? Simak ulasan di bawah ini hingga akhir untuk mengetahuinya.

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Oksigen dalam tubuh manusia memiliki banyak fungsi. Pertama adalah untuk bernafas. Apabila keberadaan oksigen ini menipis, tubuh bisa mengalami gangguan fungsi organnya. Selain itu, oksigen dalam tubuh manusia juga dibutuhkan untuk proses peredaran darah.

Darah dalam tubuh manusia diedarkan dengan bantuan oksigen. Kadar oksigen yang dibutuhkan dalam tubuh manusia minimal 90%. Keberadaan oksigen juga bermanfaat untuk mencegah sel anaerob mengalami pertumbuhan.

Sel anaerob adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen dalam berkembang biak. Oleh karena itu, tubuh manusia harus selalu mempunyai kadar oksigen minimal sesuai batasannya agar tidak diserang oleh bakteri ini.

Tahukah Anda bahwa manfaat oksigen bagi kehidupan manusia dapat membantu kemampuan mengingat? Fungsi mengingat dalam tubuh manusia dijalankan oleh organ otak. Daya ingat menjadi lebih optimal apabila supply oksigen yang masuk secara stabil.

Mengalami stress karena beban pikiran ternyata juga bisa disembuhkan dengan kandungan oksigen berlimpah. Tidak heran jika para anak muda sekarang saat ingin refreshing berkunjung ke wisata alam yang memiliki banyak supply oksigen alami.

Manfaat Oksigen Bagi Tumbuhan

Peran oksigen tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja. Namun, keberadaannya juga dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup tanaman. Tentu manfaat utama oksigen bagi tumbuhan adalah untuk proses respirasi.

Respirasi ini penting dilakukan bagi tumbuhan agar bisa menghasilkan sumber energi. Pada proses respirasi oksigen berfungsi sebagai penghasil ATP yang digunakan dalam perombakan karbohidrat. Dengan ini, Hasil energi yang didapatkan bisa digunakan untuk aktivitas fotosintesis dan aktivitas lainnya.

Tanaman agar dapat bertahan hidup tentu membutuhkan zat hara dan unsur nutrien lainnya dalam tanah. Proses peredaran nutrien dan unsur-unsur tanah lainnya ini tidak akan terserap dengan baik apabila tidak ada oksigen.

Manfaat Oksigen Bagi Hewan

Makhluk hidup lain yang membutuhkan oksigen dalam kehidupannya adalah hewan. Oksigen bagi hewan diperlukan untuk proses pernapasan. Namun, hewan yang tinggal didalam air oksigen yang dibutuhkannya untuk bernapas diambil dari dalam air, bukan melalui udara.

Manfaat Oksigen Untuk Industri

Apakah Anda tahu bahwa manfaat oksigen bagi kehidupan juga cukup penting dalam bidang industri? Berikut manfaat oksigen bagi beberapa bidang industri yang dapat Anda ketahui.

Proses Penerbangan Pesawat

Pertama, manfaat oksigen bisa Anda lihat pada industri pesawat. Batas ketinggian yang dapat dilalui pesawat adalah 11 KM saja. Industri ini membutuhkan oksigen untuk membantu menerbangkan pesawat. Semakin tinggi terbangnya, maka kandungan oksigen di udara jumlahnya semakin menurun.

Membantu Aktivitas Menyelam

Seperti yang Anda ketahui bahwa berada dalam kedalaman air, semakin jauh jaraknya dari permukaan maka jumlah oksigennya semakin sedikit. Oleh karena itu, penyelam yang ingin meluncur ke bawah permukaan membawa tabung oksigen agar tetap bisa bernafas dan bertahan.

Berperan dalam Proses Pembakaran

Saat melakukan proses pembakaran, maka setidaknya harus ada unsur-unsur penting di dalamnya termasuk oksigen. Karenanya, untuk membakar sesuatu, komponen utama tersebut harus terpenuhi agar api bisa menyala.

Komponen udara ini juga bisa digabungkan dengan bahan kimia lainnya menjadi bahan peledak. Tentu tidak sembarangan menggabungkan begitu saja, karena setiap bahan kimia memiliki sifat fisik dan kimianya dan tidak bisa direaksikan sembarangan

Membantu Proses Produksi Industri Baja

Berikutnya, manfaat oksigen juga bisa Anda temui dalam industri baja. Industri ini dalam memproduksi baja maupun besi menggunakan mesin tanur, dimana tanur bisa bekerja dengan baik bila ada unsur oksigen.

Tidak hanya dalam proses produksinya saja, ketika menyambung besi pun juga perlu oksigen. Proses pengelasan besi ini membutuhkan gabungan oksigen dengan gas asetilen agar bisa tersambung.

Begitu banyak manfaat oksigen bagi kehidupan. Karenanya, sudah sepatutnya keberadaan oksigen di bumi ini dijaga agar keberlangsungan kehidupan tetap berjalan dengan baik. Cara menjaganya yaitu bisa dimulai dengan menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran besar-besaran.

Baca Juga : Mengapa Biaya Operasi ACL Cukup Mahal? Yuk Ketahui Disini!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *