Table of contents: [Hide] [Show]

Pelitadigital.com   –  Istilah-Istilah Dalam Digital Marketing . Di era digital saat ini, pemasaran tidak lagi hanya sebatas iklan di televisi atau spanduk di jalan. Dunia pemasaran telah beralih ke ranah digital, di mana istilah-istilah khusus menjadi sorotan. Jika Anda ingin berhasil dalam dunia digital marketing, penting untuk memahami dan mengaplikasikan istilah-istilah dalam digital marketing dengan benar. Artikel ini akan membimbing Anda melalui istilah-istilah kunci tersebut dan bagaimana menggunakannya untuk meraih kesuksesan dalam di era digital.

 

Istilah-Istilah Dalam Digital Marketing

 

  1. SEO (Search Engine Optimization): Proses mengoptimasi situs web agar muncul lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.
  2. SEM (Search Engine Marketing): Upaya mempromosikan situs web dengan membayar iklan berbayar di mesin pencari, seperti Google Ads.
  3. Keyword: Kata atau frasa yang digunakan dalam SEO dan iklan berbayar untuk mencocokkan iklan dengan kata kunci pencarian yang dilakukan oleh pengguna
  4. PPC (Pay-Per-Click): Model iklan di mana pengiklan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna.
  5. CTR (Click-Through Rate): Rasio antara jumlah klik iklan dan jumlah tampilan iklan. Diukur dalam persentase.
  6. CPC (Cost-Per-Click): Biaya yang dibayarkan oleh pengiklan setiap kali iklan mereka diklik.
  7. CPM (Cost-Per-Mille): Biaya yang dibayarkan oleh pengiklan untuk setiap 1000 tampilan iklan, tanpa memandang jumlah klik.
  8. Social Media Marketing: Strategi pemasaran menggunakan platform media sosial untuk berinteraksi dengan audiens dan mempromosikan produk atau layanan.
  9. Content Marketing: Membuat dan membagikan konten berharga untuk menarik dan mempertahankan audiens, serta mempromosikan merek secara tidak langsung.
  10. Influencer Marketing: Menggunakan orang terkenal atau influencer di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan.
  11. Conversion Rate: Rasio antara jumlah pengunjung yang melakukan tindakan tertentu (seperti pembelian) dibandingkan dengan jumlah total pengunjung situs.
  12. Landing Page: Halaman web yang dirancang khusus untuk mengarahkan pengunjung menuju tindakan tertentu, seperti pendaftaran atau pembelian.
  13. CTA (Call-to-Action): Teks atau elemen visual yang mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan, seperti mengklik tautan, mengisi formulir, atau membeli produk.
  14. Lead Generation: Proses mendapatkan informasi kontak dari calon pelanggan yang berpotensi, biasanya melalui formulir atau tawaran spesial.
  15. Email Marketing: Mengirimkan email kepada daftar pelanggan atau prospek untuk mempromosikan produk, berbagi informasi, atau menjaga keterlibatan.
  16. Analytics: Pengumpulan dan analisis data untuk memahami kinerja kampanye digital marketing, seperti lalu lintas situs web, konversi, dan perilaku pengguna.
  17. Remarketing: Menargetkan iklan kepada orang yang sebelumnya telah mengunjungi situs web atau berinteraksi dengan merek, dengan tujuan untuk meningkatkan konversi.
  18. A/B Testing: Percobaan membandingkan dua versi elemen pemasaran (seperti judul, gambar, atau CTA) untuk melihat mana yang lebih efektif dalam menghasilkan hasil yang diinginkan.
  19. ROI (Return on Investment): Perhitungan persentase keuntungan yang dihasilkan dari investasi pemasaran dibandingkan dengan biayanya.
  20. CTR (Customer Relationship Management): Sistem untuk mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan, sering melibatkan penggunaan perangkat lunak.
  21. User Persona: Representasi fiktif dari karakteristik demografis dan perilaku konsumen ideal yang digunakan untuk mengarahkan strategi pemasaran.
  22. Affiliate Marketing: Strategi pemasaran di mana bisnis membayar komisi kepada afiliasi (pemasar lain) atas penjualan atau tindakan yang dihasilkan dari upaya pemasaran afiliasi tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Istilah-Istilah Dalam Digital Marketing yang harus kamu ketahui, khusus bagi kamu baru mencoba terjun di dunia pemasaran digital

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *