Merdeka di Era Digital Bersama Eranyacloud, Solusi Bersaing di Era Teknologi. Bulan Agustus adalah bulan dimana Indonesia berdiri sebagai sebuah Negara. Pada bulan ini seluruh warga Negara Indonesia melakukan beragam aktivitas untuk merayakan kemerdekaan.

77 tahun sudah Indonesia menjadi Negara merdeka, beragam era sudah dilewati bangsa Indonesia hingga saat ini pada tahun 2022 yang mana banyak orang sering menyebutnya sebagai era digital. Banyak cara untuk merayakan kemerdekaan misalnya bagi para pelaku bisnis dengan mengubah pola aktivitas bisnis yang mengarah pada pemanfaatan teknologi digital

Masyarakat yang sudah mulai terbiasa dengan teknologi digital menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. faktanya mayoritas pebisnis sudah mulai untuk melakukan perubahan pola pemasaran bisnisnya dengan menggunakan cara-cara digital. Untuk itu jika seorang pelaku bisnis jika ingin berkembang dan bisa bersaing dengan kompetitor maka dia harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital tersebut dan memanfaatkanya.

 

Perkembangan era digital di Indonesia

Era digital merupakan masa dimana hampir semua aspek kehidupan sudah dibantu oleh teknologi digital. Contoh yang paling sering ditemukan adalah penggunaan internet dalam berbagai bidang kehidupan. Tidak hanya dalam komunikasi bahkan juga teknologi digital ini juga digunakan dalam beragam aktivitas bisnis di Indonesia.

Perubahan teknologi mekanik dan elektro analog ke digital ini disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia, perkembangan teknologi yang begitu cepat mempermudah banyak hal,bahkan tanpa adanya batasan jarak lagi, yang dulunya bersifat lokal saat ini sudah bisa menjangkau lebih luas dalam dunia global.

Respon dari pemerintah terhadap perkembangan teknologi ini dapat dilihat dari kebijakan pemerintah yang menerbitkan payung hukum berupa Undang-Undang ITE. Jadi Walaupun dengan internet dapat melampaui ruang dan waktu, namun ada sebuah aturan yang dibentuk supaya kebebasan tersebut tidak kebablasan.

Tantangan di era digital

Perkembangan teknologi mendorong berbagai Negara dari belahan dunia untuk terus berinovasi dalam dunia digital. Mengikuti perkembangan yang begitu pesat memang bukan hal yang mudah. Akan selalu ada berbagai tantangan yang harus dihadapi dengan baik sehingga bisa berkembang dan dapat bersaing. Dan berikut adalah tantangan di era digital yang harus dihadapi :

Cyber Security

Cyber security menjadi tantangan utama untuk berinovasi dalam dunia digital. Sebagai Negara besar yang memiliki potensi pasar yang tinggi. Indonesia memiliki arus transaksi online yang selalu meningkat dalam setiap waktu.

Hal ini menjadi celah untuk pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penyerangan terhadap dunia cyber yang menyebabkan kerugian. Untuk itu penting bagi pemerintah untuk menciptakan sebuah sistem keamanan internet tingkat tinggi demi menjaga keamanan pelaku digital.

Persaingan ketat

Era digital menyebabkan persaingan pasar semakin ketat. Berkembangnya pasar digital menjadi popular, produk-produk luar negeri dapat masuk dengan mudah dan cenderung dijual dengan harga yang terjangkau yang akibatnya, jika produk lokal tidak berkembang akan ditinggalkan oleh produk dari Negara lain.

Maka perlu peran pemerintah supaya produk lokal dapat berkembang, baik dengan pembinaan maupun pemberian bantuan lainya supaya produk lokal dapat bersaing dan dapat menikmati keuntungan yang besar serta dapat mewujudkan merdeka di era digital bersama Eranyacloud

Pengembangan sumber daya manusia

Tantangan lainya dalam dunia digital adalah tentang sumber daya manusia yang kemudian menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah di berbagai Negara berkembang termasuk Indonesia. Tantangan ini memang tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat, dan sudah menjadi tugas pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan mempersiapkan sistem pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman jika memang menginginkan kemampuan untuk dapat bersaing  dengan baik untuk menghadapi dunia digital.

Penggunaan Cloud Computing sebagai solusi untuk mempercepat pembangunan era digital

Pada era perubahan digital ini, para pelaku bisnis harus mulai melakukan adaptasi teknologi supaya dapat bersaing dengan kompetitor, Dan mewujudkan kemerdekaan di era digital bersama Eranyacloud,  Salah satu teknologi yang sekarang tren adalah cloud computing yaitu teknologi yang mengelola sumber daya komputasi jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lainya.

Dengan menggunakan cloud computing pelaku bisnis tidak perlu menyimpan pusat data dan informasi berbentuk hardfile atau pada harddisk, selagi mereka memiliki jaringan internet, maka para pelaku bisnis dapat menyimpan dan mengakses kapanpun dan dimanapun mereka berada, atau bisa dikatakan teknologi ini bisa diakses secara remote.

Layanan cloud computing bisa menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas layanan karena mampu memberikan fasilitas yang mudah praktis, cepat dan harga yang terjangkau. Apalagi faktanya dalam kompetisi bisnis di era digital, hanya mereka yang mampu untuk beradaptasi dengan teknologi digital dengan baik sajalah yang dapat memenangkan pasar.

Fitur high performance cloud yang dimiliki Eranyacloud dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk mengembangkan bisnisnya di era digital

Eranyacloud merupakan provider cloud Indonesia dengan layanan lengkap yang ada di Indonesia dibawah PT Era Awan Digital yang berdiri sejak tahun 2019. Eranyacloud menyediakan layanan cloud computing berkinerja tinggi, kredibel, dan handal seperti Public and Private Cloud, Cloud Backup protection, Disaster Recovery, VSOC (Virtual Security Operation Center), Web Application Security, Email Collaboration dan Managed Service Eranyacloud.

Apalagi eranyacloud memberikan 99.9% Uptime Service Level Management (SLA) yang akan membantu perusahaan atau organisasi untuk mengembakan diri di era digital sehingga mampu bersaing dengan competitor.

Kenapa harus menggunakan eranyacloud ?

Harga Terjangkau

Eranyacloud menawarkan harga yang terjangkau kepada pelanggan dalam mata uang Rupiah dengan bandwidth gratis untuk menghindari tagihan yang tinggi. Erenyacloud dilengkapi dengan dashboard yang dapat mempermudah manajemen dan pemantauan

Aman

Eranyacloud hadir dengan keamanan infrastruktur cloud indonesia tingkat tinggi dengan layanan lengkap untuk menyimpan dan melindungi data sensitif pelanggan di dalam cloud yang mana penyimpanan infrastrukturnya secara lokal di data center tier 4

Stabil

Cloud Computing Eranyacloud beroperasi secara stabil sebagaimana bisnis lainya dan dijamin memiliki infrastruktur independen serta fokus dalam memberikan 99.9 % SLA untuk pelanggan.

Dukungan konsumen

Setiap elemen infrastruktur Eranyacloud dalam pantauan sepanjang waktu oleh Network Operation Center (NOC) Internal perusahaan. Setiap kendala yang ditemukan pelanggan dapat diadukan dan dikelola oleh Tim Eranyacloud yang dapat dihubungi 24 /7 sehingga pelanggan tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi masalah

Bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis atau organisasi mewujudkan merdeka di Era digital bersama Eranyacloud merupakan salah satu cara untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia pada tahun ini, karena dengan menggunakan Eranyacloud yang memiliki kualitas tinggi akan meningkatkan keuntungan yang maksimal

Dengan begitu para pelaku bisnis dapat mengembangkan bisnisnya kemudian membuka lowongan pekerjaan yang secara tidak langsung dapat membantu Negara dalam meningkatkan kualitas ekonominya sehingga secara berlahan dapat mencapai kemerdekaan finansial untuk masyarakat Indonesia secara umum dengan memberikan peluang kerja kepada mereka yang masih menganggur.

Baca Juga :

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *