peluang bisnis di era digital. perkembangan teknologi yang sangat cepat telah mempengaruhi hampir segala bidang, dan di Indonesia sendiri termasuk negara yang banyak menyerap arus digitalisasi, maka bisa dikatakan membangun bisnis dengan konsep digital adalah pilihan terbaik yang berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Bisnis digital merupakan jenis bisnis yang memanfaatkan teknologi dalam memasarkan atau menciptakan produknya. Semakin banyaknya jenis jenis bisnis yang berkembang maka peluang bisnis yang tersedia juga akan bertambah.

5 peluang bisnis di era digital

Bisnis afiliasi

Afiliasi merupakan kegiatan bisnis yang berfokus pada pemasaran barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi dalam jumlah tertentu atau dengan kata lain bisnis afiliasi merupakan cara untuk mendapatkan uang dengan menjual produk atau jasa dari perusahaan yang menyediakan program afiliasi.

Langkah pertama untuk melakukan bisnis ini adalah dengan mendaftar pada program afiliasi yang disediakan perusahaan tertentu, dan biasanya Kamu akan mendapatkan kode referral atau tautan tertentu. Selanjutnya pasarkan produk tersebut menggunakan media sosial atau website Kamu, kemudian jika ada pembeli yang menggunakan kode atau tautan yang Kamu sarankan, Kamu akan mendapatkan bagi hasil keuntungan

Web developer

Saat ini banyak yang berpandangan bahwa bisnis yang berkualitas dan terpercaya itu Ketika memiliki sebuah website, banyaknya bisnis baru yang berkembang saat ini menjadi peluang bagus jika Kamu ingin menekuni bisnis sebagai web developer

Bagi kamu yang belum tahu, web developer merupakan pengembang web yang memiliki pekerjaan dalam merancang, membuat dan memelihara situs web. Atau bisa dikatakan sebagai seorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Jasa penulis artikel website

Peluang bisnis di era digital lainya adalah membuka jasa penulis artikel. Artikel ini biasanya dibutuhkan oleh pelaku bisnis yang memiliki website yang tentu supaya websitenya bisa bersaing harus selalu update setiap waktu, karena hanya website yang selalu update kontenlah yang memiliki potensi mendatangkan banyak pengunjung dan calon pembeli.

Meskipun pemilik website sebenarnya bisa menulis konten, tapi terkadang terkendala oleh keterbatasan waktu, maka para pelaku  bisnis ini memilih untuk membeli artikel dari para jasa penulis artikel. Nah peluang inilah yang harus kamu bidik. Untuk bisa menjalankan bisnis tidak terlalu sulit kamu hanya perlu memiliki laptop dan waktu luang saja.

Menjadi blogger

Masih berkaitan dengan tulis menulis, peluang bisnis di era digital lainya adalah menjadi seorang blogger. Blog merupakan sebuah situs yang membuat berbagai konten informasi, opini, tutorial atau apapun yang dimuat oleh pemilik blog. blog ini menjadi platform bagi penulis dalam berkarya dan membuat konten dengan tujuan supaya ada yang membacanya. Berbeda dengan website blog cenderung bersifat dinamis karena biasanya pemilik akan selalu memperbarui postingan.

Jika blog miliki bagus dengan pengunjung yang banyak, maka akan berpeluang untuk bisa menghasilkan uang, misalnya dengan mendaftarkan di platform iklan adsense, jika memenuhi syarat blog kamu bisa menampilkan iklan dari platform iklan tersebut. dan kamu akan dibayar dari iklan yang tayang dan di klik di blog kamu.

Cara lain untuk mendapatkan uang lewat blog adalah dengan jasa content placement, yaitu publikasi konten berupa artikel di blog kamu dari blog atau website orang lain dengan tujuan membangun reputasi online dan backlink. 1 kali posting artikel biasanya sekitar Rp.150.000 atau bahkan lebih, bisa dibayangkan bukan ? berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari blog. tertarik ? silahkan mencoba !!!

Menjadi dropshipper

Dropshipping merupakan model bisnis dimana orang menjual produk dari orang lain. Tapi untuk menjualnya orang ini tidak perlu untuk memiliki stok barang dan mengirimnya. Dengan dengan model bisnis ini baik produksi maupun pengiriman menjadi tanggung jawab produsen.

Kemudian apa itu yang dimaksud dropshipper ? dropshipper berarti adalah orang yang menjalankan bisnisnya. Dengan menjalankan bisnis model ini Kamu tidak perlu modal besar, Karena Kamu tidak perlu membeli produknya terlebih dahulu di awal dalam jumlah tertentu untuk menyiapkan barang jualan. Pembelian hanya dilakukan Ketika ada konsumen yang membeli.

Dropship berbeda dengan afiliasi, jika dalam afiliasi kamu menjadi sales yang menawarkan produk, maka dalam melakukan bisnis dropship kamu benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli.

 

Demikianlah berbagai peluang bisnis di era digital yang bisa kamu coba, era baru ini memang menuntut kita untuk beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat, banyaknya peluang usaha yang hilang karena perubahan zaman ini tentu juga diikuti banyaknya peluang baru yang bisa diambil.

 

Baca Juga :

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *