Tips Memilih Niche Blog Bagi Blogger Pemula

Tips Memilih Niche Blog
Sumber : himvie. com

Tips Memilih Niche Blog Yang Bagi Blogger Pemula. Ketika memulai membuat sebuah blog hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah untuk menentukan niche atau topik apa yang nanti bakalan kamu tulis, pemilihan niche menjadi penting supaya tulisan kamu focus terhadap bahasan tertentu dan kamu juga lebih mudah untuk mencari bahan tulisan yang akan kamu posting.

Sebelum penulis membahas tentang tips memilih niche blog, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih niche atau tema blog itu ?

Niche blog merupakan istilah yang digunakan yang memiliki arti sebuah topik bahasan dalam suatu blog, niche blog memiliki peran penting untuk membantu para blogger untuk memaksimalkan blognya, dengan memiliki niche tertentu maka pembahasan dalam artikel akan lebih terpusat dalam satu tema bahasan, dengan begitu minat pengunjung akan meningkat.

Selain itu niche dengan tema yang terfokus akan membantu menaikan nilai SEO (Search Engine Optimization) dengan perayapan mesin pencari menjadi lebih optimal karena banyak artikelnya yang saling berkaitan

Tips Memilih Niche Blog

Berdasarkan Minat

Agar lebih mudah dalam menuangkan ide dalam tulisan mulailah dari sesuatu yang kamu sukai atau minati, apalagi untuk kamu yang masih pemula karena dengan begitu kamu akan mendapatkan motivasi untuk menulis dari rasa suka itu sendiri sekaligus tidak gampang bosan.

Untuk memulai membuat blog hal paling penting yang harus kamu miliki adalah kemauan yang kuat dan keinginan untuk berkembbang yang tinggi, walaupun pada awalnya belum begitu menguasai dunia blogging seiring berjalanya waktu asalkan kamu terus-menerus menulis dan memposting selaras dengan itu kemampuanmu dalam mengoptimalkan blog akan semakin meningkat.

Nah untuk menentukan hal yang kamu sukai, mulailah dari hal-hal sederhana yang dekat dengan kehidupanmu, misal hobi, jika kamu punya hobi jalan-jalan kam bisa menulis blog tentang traveling, jika kamu suka memasak misalnya kamu bisa memilih topik bahasan dalam blog tentang resep-resep makanan, atau untuk kamu yang sedang kuliyah kamu bisa menulis tentang materi yang kamu dapatkan di kampus

Menguasai niche

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah penguasaan topik yang akan kamu pilih, karena jika kamu menjadi blogger kamu akan menjadi sumber pengetahuan bagi pengguna internet, mereka akan berkunjung ke blog kamu untuk belajar jadi sebaiknya kamu kamu memberikan informasi yang valid berdasarkan penguasaan materi, selain itu dengan menguasai materi kamu akan lebih mudah untuk memilih kata-kata yang akan kamu tulis dengan gaya Bahasa yang kamu inginkan, hal ini juga bermanfaat untuk menghindari plagiarisme Ketika konten kita kebetulan membahas hal yang sama dengan blog orang lain

Pastikan ide & sumber tulisan tersedia

Setelah memastikan memilih topik yang kamu sukai sekaligus kuasai selanjutnya adalah kamu pastikan sumber-sumber dari tulisanmu dengan begitu dalam perjalanan menulis kamu tidak akan kehabisan bahan yang perlu kamu lakukan cukup untuk menemukan ide judul dengan keywordnya berkaitan dengan niche yang kamu pilih dan menentukan urutan judul apa yang akan kamu posting

 

Demikian tips memilih niche blog berdasarkan pengalaman penulis, di awal-awal pembuatan akan lebih mudah jika memilih topik bahasan yang mudah untuk di tulis dengan ketersediaan ide dan sumber serta penguasaan tema tersebut dan tentu sesuai dengan minat kamu, dengan begitu kamu akan menikmati prosesnya yang berjalan secara bertahap, dengan tips di atas akan menghindari potensi untuk merasa bosan dalam menulis, hal yang paling penting untuk memulai sesuatu adalah konsisten, tidak terkecuali dengan membuat blog konsistensi dalam menulis adalah hal yang penting untuk kamu perhatikan, dengan begitu lambat laun kemampuanmu dalam menulis juga akan meningkat dan bahkan seiring berjalannya waktu kamu akan lebih menguasai bagaimana cara optimasi SEO sehingga kontenmu bisa muncul di halaman pertama di pencarian google, dengan memilih topik bahasan yang mudah untuk kamu tulis akan memberikan kesempatan kepada kamu untuk mempelajari hal lain yang diperlukan untuk menunjang berkembangnya blog kamu.

Baca Juga :

 

3 KOMENTAR

  1. Menurut saya, initinya adalah “minat” yah.. kalo kita punya passion tentang niche itu, kita pasti bersemangat belajar dan berbagi sebagai artikel blog. ngeblog sambil belajar tentang banyak hal secara detail dan mendalam tentang niche tersebut. bukankah cara terbaik belajar adalah dengan menuliskannya?! maka sebaiknya buatlah blog dengan niche yang ada kaitannya dengan hobby kita..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini