5 Cara Membangun Bisnis di Era Digital Agar Dapat Bersaing

membangun bisnis di era digital
Sumber : pranataprinting.com

membangun bisnis di era digital. Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, hampir semua perilaku manusia berubah dalam segala aspek tidak terkecuali dalam perilaku berbisnis yang bergeser mengarah ke aktivitas digitatal atau bisa dikatakan digitalisasi dalam berbisnis dimana para pemilik usaha memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya dan Sebagian lainya membuat produk digital sebagai aset yang diperjual belikan.

Beradaptasi dengan perkembangan teknologi merupakan keharusan khususnya bagi pelaku bisnis supaya dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitor, perubahan menuju era digital ini akan menjadi ancaman bagi mereka yang mengabaikan, akan tetapi akan menjadi peluang bagi mereka yang mau beradaptasi dan melihat peluang tentang bagaimana model bisnis di era digital

Cara membangun bisnis di era digital

Membuat website

Di era digital ini banyak orang yang mencari informasi tertentu melalui internet, informasi tersebut akan mereka cari melalui mesin pencari seperti google, yahoo, atau bing yang kemudian munculah website-website yang akan memberikan apa yang mereka cari. Oleh karena itu pelaku bisnis seharusnya memiliki website supaya bisnis mereka dikenal.

Bahkan saat ini banyak orang yang menilai bahwa bisnis yang berkualitas  dan terpercaya itu adalah bisnis yang memiliki website, dan dari sanalah calon pembeli akan melihat apakah produk atau jasa tersebut layak dibeli atau tidak, maka bagi pelaku bisnis yang belum memiliki website sebaiknya segera untuk membuat.

Cara-cara membuat website bisa dicari di google maupun youtube, atau jika memang dirasa belum cukup mampu untuk membuat sendiri, maka pelaku bisnis bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Menggunakan media sosial

Menggunakan media sosial menjadi salah satu cara menegembangkan bisnis yang dilakukan, karena seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan orang menggunakan waktu luangnya untuk bermain media sosial. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa pelaku bisnis harus mengoptimalkan media sosial supaya bisnisnya mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Media sosial yang sering digunakan biasanya seperti facebook, Instagram, tik tok serta twitter, dan bahkan jika pelaku bisnis ingin lebih kreatif lagi, maka membuat channel youtube juga bisa menjadi pilihan.

Menggunakan digital marketing

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan dalam membangun bisnis di era digital adalah dengan menggunakan digital marketing, cara ini sebenarnya berkaitan dengan 2 cara yang disebutkan sebelumnya yaitu memasarkan produk atau jasa dengan memanfaatkan teknologi digital seperti website dan media sosial.

Penerapan digital marketing dalam website contohnya adalah dengan memaksimalkan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang tujuan utamanya adalah supaya bisnis dapat ditemukan pengguna internet dihalaman pertama mesin pencari sehingga pengunjung website naik dan brand awareness juga naik yang dapat menjadikan tingkat penjualan yang tinggi.

Jenis digital marketing lainya adalah sosial media marketing yaitu strategi marketing dengan menggunakan sosial media dengan beragam jenis konten yang diupload melalui media sosial tersebut, seperti konten informasi umum produk atau jasa, panduan hingga penawaran. Pelaku bisnis dapat menggunakan teknik pemasaran ini untuk meningkatkan penjualan baik secara gratis maupun berbayar.

Jenis digital marketing lainya yang dapat digunakan untuk membangun bisnis di era digital adalah online advertising yaitu promosi melalui internet berbayar. Email marketing yaitu menggunakan email untuk memberitahu informasi terbaru atau menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Dan yang terakhir adalah video marketing yaitu dengan menjelaskan bisnis melalui video yang bertujuan untuk menyampaikan informasi produk atau jasa kepada calon pembeli.

Memberikan pelayanan terbaik

Pelayanan yang baik menjadi faktor penting untuk kesuksesan sebuah bisnis, karena konsumen bisa saja tidak jadi membeli karena mereka kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Selain kualitas produk dan jasa pelayanan biasanya juga menjadi pertimbngan calon konsumen untuk membeli.

Dengan pelayanan yang baik potensi konsumen  membeli Kembali produk atau jasa yang ditawarkan akan meningkat. Selain itu jika pebisnis memberikan pelayanan terbaiknya tentu pembeli ini akan memberikan testimoni yang baik juga sehingga akan menarik calon pembeli yang lain.

Berinovasi

Inovasi juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis, karena seperti yang kita ketahui bahwa perubahan dalam dunia bisnis sangat cepat, hampir setiap hari akan muncul trend baru, maka jika ingin bertahan dan dapat bersaing dengan competitor pelaku bisnis harus sering berinovasi.

Inovasi ini dapat dilakukan dalam penciptaan produk baru yang berbeda dengan produk-produk lain yang beredar, tentu tidak hanya beda namun juga harus memiliki nilai lebih sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli.

 

Membangun bisnis di era digital hanya bisa dilakukan jika pelaku bisnis mau untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam penggunaan teknologi terkini, sehingga mampu untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. Selain itu pelaku bisnis harus bisa mengikuti trend yang terus berubah setiap waktu sehingga mereka dapat melihat kebutuhan dan kemampuan pasar. Dengan begitu potensi produk atau jasa yang dijual akan diminati banyak orang.

 

Baca Juga :

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini