Bisnis online affiliate marketing menjadi salah satu jenis bisnis yang menjanjikan saat ini, cara kerjanya yaitu dengan mempromosikan produk atau jasa milik orang lain, Kamu tidak perlu memiliki atau menjual produk yang dijual oleh merchant, yang harus Kamu lakukan hanya membantuk memasarkan produk atau jasa saja. Bisnis ini juga cocok untuk Kamu yang pingin berbisni tapi terkendala dengan modal

dengan bisnis afililiate marketing Kamu akan mendapatkan penghasilan ketika ada yang membeli produk atau jasa yang kamu promosiakan melalui tautan atau URL pada website, blog atau platform online lain yang kamu miliki

Pengertian affiliate marketing

Dari uraian di atas pasti kamu sudah ada gambaran tentang apa itu affiliate marketing ? tapi untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas kembali tentang pengertianya. Affiliate marketing adalah salah satu model bisnis digital yang menjadi salah satu andalah para pelaku bisnis untuk menjual produknya.

Affilitae marketing dapat didefinisikan sebagai cara pemasaran digital, dimana sesorang akan mendapatkan uang ketika terjadi pembelian terhadap produk atau jasa yang dipromosika melualui link yang dipromosikan.

Pengertian lain menurut Pat Flynn dari Smart Passive Income adalah proses penawaran produk menggunakan jasa afiliasi. Sementara CJ Affiliate perusahaan marketing US menyatakan bahwa pemasaran afiliasi adalah proses promosi dari produk atau jasa yang meliputi tigal sisi, yaitu penjual adiliasi, serta konsumen

Jenis perhitungan perolehan komisi bisnis online affiliate marketing

Pay-Per-Sale, Yaitu jika Kamu akan mendapatkan komisi tetap dari harga jual saat ada yang membeli melalui link yang kamu bagikan.

Pay-Per-Click yaitu Kamu akan mendapatkan komisi jika ada seseorang yang mengunjungi situs penyedia program afiliasi yang Kamu bagikan linknya, misalnya Kamu memiliki blog pribadi yang di dalamnya kamu posting artikel mengenai suatu produk kemudian kamu arahkan pengunjung untuk menuju URL yang menuju situs affiliate, maka jika ada yang berkunjung ke url tersebut melalui blog Kamu, kamu akan mendapatkan komisi.

Pay-Per-Lead, untuk jenis penghitungan ini, bisa dikatakan gabungan dari PPS dan PPC, Kamu akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung yang masuk ke URL yang kamu promosikan kemudian memberikan info kontak yang biasanaya diminta dalam bentuk form

Jenis-jenis afiliasi

Blogger

Jika kamu seorang blogger, selain dari adsense kamu juga memanfaatkan program afiliasi untuk mendapatkan penghalisan, blogger cukup bagus dalam meningkatkan konversi penjualan suatu produk atau jasa. Biasanya para blogger menggunkan produk yang akan dipasarkan terlebih dahulu kemudian memberian ulasan mengenai keunggulan dan manfaat produk atau jasa tersebut.

Ulasan ini dapat berupa testinomi dan review produk yang akan dipasarkan, blogger dinilai memiliki pemahaman yang mendalam terhadap suatu produk atau jasa tersebut, jadi jika Kamu seorang blogger tidak ada salahkan untuk mencari rejeki lewat program afiliasi.

Influencer

Dengan jumlah follower yang banyak dan royal biasanya influencer dapat dengan mudah mengarahkan konsumen untuk mengunjungi situs website penjual produk penyedia program afiliasi. Influencer merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat.

Pakar, selebriti atau pegiat media sosial termasuk dalam kelompok influencer ini, jika kamu seorang pebisni Kamu bisa bekerjasama dengan mereka untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu jual. Dan jika kamu seoranng influencer kamu juga bisa mencoba program afiliasi ini untuk menambah isi rekening Kamu.

Media massa

Jenis afiliasi ini menjadi afiiliasi terkahir dalam affiliate marketing, meskipun dapat mendatangkan calon pembeli dalam jumlah yang besar, namun affiliasi media masa jarang dipilih, hal ini karena biayanya jauh lebih mahal dari 2 jenis yang disebutkan sebelumnya.

namun jika Kamu pebisnis yang memiiki biasaya promise yang besar tidak ada salahnya untuk mencba, karena harga yang mahal tentu juga akan mendatangkan keuntungan yang lebih karena media masaa dengan jumlah saluran dan pengunjungnyayang banyak pasti akan dapat mempromosikan dengan lebih cepat dan efektif

Tips Melakukan bisnis online affiliate marketing

Memilih program affiliasi

Banyak perusahaan yang menawarkan program afiliasi, tapi manakah yang kira-kira paling tepat untuk kamu ?. pertayaan inilah yang perlu Kamu jawab, maka sebaiknya Kamu melakukan analisa terlebih dahuhu supaya bisa menentukan program affiliasi yang tepat.

Ada 4 hal setidaknya yang perlu diperhatikan dalam memilih program affiliasi. Pertama, relevansi produk atau jasa, pastikah bahwa prodyuk atau jasa yang akan kamu promosikan selaras dengfan media yang akan kamu gunakan. Kedua, komisi setiap program affiliasi biasanya memiliki presentase komis yang berbeda-beda, jadi pastikan presenytasi komis yang akan Kamu dapatkan sudah sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Ketiga, pengguna program affiliasi, untuk memastikan kualitas promgram afiliasi salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menganalisa penggunanya, selain bisa melihat reputasinya, Kamu juga bisa tahu apakah program yang ditawarkan menguntungkan atau tidak. Keempat, Dukungan, pastikan programnya menyedikan layanan pendukung, baik dapat benuk email atau live chat, sehingga Kamu akan mendapatkan bantukan jika dalam waktu tertentu menemukan masalah.

Menentukan media promosi

Media promosi yang biasanya digunakan dalam bisnis affiliasi marketing adalah blog, youtube, media sosial atau platform online lainya. Pastikan media promos yang akan kamu gunakan diizinan oleh penyedia program.

Jika belum memiliki media-media untuk promosi Kamu bisa membuatnya terlebih dahulu, jika kesulitan kamu bisa melihat tutorial yang sudah banyak tersedia diinternet.

Membangun pengetahuan produk

Supaya dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi URL atau tautan afiliasi yang kamu promosikan pastikan bahwa Kamu mengetahu informasi spesifik terhadap program atau jasa tersebut, jangan sampai memberikan informasi yang salah mengenai produk sehingga menurunkan kepercayaan calon pembeli.

Maka sebaiknya pelajari baik-baik produk kemudian berikan review dan penjelasan tentang keuntungan dan manfaat menggunakan produk atau jasa tersebut, sehingga pengunjung tertarik untuk mengunjungi dan bahkan membelinya melalui referral yang kamu promosikan.

Promosi produk

Jika kebetulan kamu pemula dalam digital marketing dan belum pernah mempromosikan produk. Kamu tidak perlu bingung dan khawatir, Kamu bisa belajar sambil praktik, selain itu materi pemasaran digital banyak di ditemukan diinternet.

Selain itu bahkan beberapa perusahaan menyediakan kelas khusus untuk member program afiliasinya, jadi kalau kamu punya niat yan kuat untuk mencoba menghasilkan uang dari bisnis afiiasi marketing, lebih baik coba dulu dan Kamu akan belajar lewat pengalaman yang Kamu dapatkan.

Strategi bisnis online affiliate marketing

Buat review yang menarik

Kamu bisa membiat review produk meskipun belum menggunakanya, dengan cara melihat isi konten yang sama denga review-review produk yang sama, kamu bisa menemukan banyak konten ini di internet, meskipun demikian tentu akan lebih baik jika kamu juga penggunakan produk atau jasanya sehingga kamu bisa bercerita pengalaman menggunakanya.

Jangan hanya fokus mendapatkan komisi

Mendapatkan uang memang menjadi tujuan utama dari program afiliasi, namun bukan berarti kamu mengabaikan apa yang dibutuhkan pembaca. Biasanya pembaca bukan hanya mencari informasi harga dan spesifikasi saja. Namun mereka juga menari pengalaman orang lain dalam menggunakan produk atau jasa tersebut.

Mereka membutuhkan pertimbangan dari pengalaman orang lain untuk menentukan untuk membeli dan menggunakan suatu produk, review produk merupakan salah satu sarana untuk membantu mereka untuk meyakinkan dalam memiih suatu produk atau jasa

Terapkan SEO

Konten review manerik akan lebih bagus lagi jika didukung dengan penerapan SEO, temukan keyword yang banyak dicari oleh pengguna intyernet terkair dengan produk yang Kamu promosikan melalui riset keyword.

Lakukan riset keyword dengan memahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk yang Kamu promosikan, cari tau apa pertanyaan yang sering diajukan mengenai produk yang kamu promosikan melalui media sosial, forum online atau dari internet, biasanya google memberikan informasi tentang pertanyaan-pertanyaan mengenai produk tertentu. Setelah itu jawab pertanyaan tersebut melalui review yang Kamu buat.

Kemudian buat konten review seuai dengan kaidah SEO dengan begitu review kamu berpotensi untuk muncul di halaman pertaman mesin penarian, sehingga memiliki potensi tinggi untuk dibaca oleh pengguna internet dan kemudian membeli produk tersebut melalui link yang kamu pasang.

Memberikan call to action

Jika kamu mendaftar program affiliasi, tentu tujuan utamanya adalah supaya pengguna internet menggunakan kode referral atau url affiliasi yang kamu pasang, dengan begitu perusahaan penyedia affiliasi bisa mengidentifikasi bahwa orang-orang membeli produk atau jasanya melalui Kamu.

Maka strategi bisnis online affiliate marketing yang bisa kamu gunakan adalah dengan memberikan call to action pada konten review yang Kamu buat. Call for action merupakan perintah atau petunjuk untuk pengunjung supaya melakukan suatu tindakan, dalam hal ini yang dimaksud adalah menggunakan kode referral atau link Affiliasi yang kamu promosikan. Dengan begitu perusahaan penyedia affiliasi bisa tahu bahwa ada yang membeli produknya dari Kamu. Dan kemudian kamu akan mendapatkan komisinya.

Baca Juga :

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *