Menurut laporan dari Diabetes Federation Foundation (IDF), penyakit diabetes tidak hanya berisiko untuk orang dewasa saja, tetapi juga cukup rentan untuk anak-anak, meskipun bukan termasuk penyakit menular faktanya penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian kepada penderitanya.

Diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang berbahaya, bahkan berdasarkan data yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan internasional World Heath Organization (WHO) pada juni 2020, hampir dari setengah penyebab orang sebelum menginjak usia 70 tahun pada 2016 disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi

Selain itu penyakit ini juga dapat menjadi pemicu dari penyakit lainya yang tidak bisa diabaikan dan akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Dilansir dari ilovelife.co.id berikut ini adalah penyakit lain yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes.

 

  1. Penyempitan pembuluh darah

 

Harvard Health Publishing yang diterbitkan Harvard Medical School menyebutkan, bahaya penyakit gula pertama ialah aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah dan pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding arteri. Padahal, arteri bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dampak penebalan arteri ini terutama bisa menimbulkan serangan jantung, stroke, dan kelumpuhan.

 

  1. Bisa menyebabkan kerusakan mata

 

Pada saat kadar gula tinggi, maka penglihatan seseorang akan kabur selama beberapa hari atau minggu. Kondisi ini akan membaik ketika kadar gula kembali normal. Akan tetapi, jika kadar gula terus-menerus tinggi, maka pembuluh darah kecil di retina yang terletak di belakang mata, akan rusak. Gangguan yang juga disebut retinopathy ini akan melemahkan saraf, menimbulkan pendarahan, sehingga dalam tahap yang parah bisa menimbulkan kebutaan.

  1. Menimbulkan hiperglikemia dan hipoglikemia

Ketika tubuh tidak lagi bisa mengontrol kadar gula dalam darah, maka kadar gula dalam darah bisa melonjak tinggi, bisa juga turun sangat rendah. Jika kadar gula darah melebihi batas normal 70 miligram per desiliter (mg/dL), bahkan bisa menyentuh 500 mg/dL, maka kondisi ini disebut hiperglikemia (hyperglycemia). Sementara jika kadar gula rendah bahkan di bawah 60 mg/dL, kondisi itu disebut hipoglikemia (hypoglycemia). Jika keduanya tidak ditangani dengan baik, maka bisa mengarah pada stroke, koma, bahkan kematian.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis

 

  1. Kerusakan saraf

 

Komplikasi penyakit gula juga bisa menimbulkan kerusakan saraf atau yang disebut juga neuropathy. Kerusakan saraf ini bisa terjadi di tangan dan kaki, yang menimbulkan gejala seperti nyeri, kesemutan, mati rasa, dan terasa seperti terbakar. Selain itu, kerusakan saraf juga bisa terjadi pada organ seksual sehingga menimbulkan disfungsi seksual, kerusakan saraf pencernaan, serta kerusakan saraf buang air kecil.

 

  1. Kerusakan ginjal

 

Diabetes juga bisa menimbulkan kerusakan ginjal, atau yang disebut nephropathy. Hal ini terjadi jika kadar gula darah tetap tinggi dan tekanan darah tinggi tidak ditangani dengan cepat. Hello Sehat pada November 2020 menyebutkan bahwa kerusakan ginjal terjadi karena gula darah yang tinggi membuat ginjal bekerja terlalu keras, sehingga terjadi kerusakan pembuluh darah kecil di ginjal. Dalam tahap lanjut, ini akan menurunkan fungsi ginjal.

 

  1. Masalah kaki

 

Jika orang yang terkena diabetes mengalami luka, maka luka tersebut bisa menimbulkan infeksi yang sulit dan lama disembuhkan. Luka yang sulit disembuhkan ini sering ditemukan pada kaki sehingga disebut diabetic foot. Masalah kaki timbul karena ketika diabetes, gula darah yang tinggi menghambat sirkulasi darah ke bagian kaki sehingga sel-sel kaki kesulitan memperbaiki jaringan dan saraf kaki yang rusak. Akibatnya, jika terdapat luka di kaki, ini akan menimbulkan bisul, kemudian bisul bisa terinfeksi yang lama sembuh dan melebar. Jika pengobatan tidak membantu, makan pasien perlu melakukan amputasi kaki untuk menghindari penyebaran infeksi.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Game Detektif Terbaik 2022, Mainkan Sekarang Juga!

Mencegah diabetes dengan mengkonsumsi nasi rendah gula yang dimasak dengan Vitarice T-6

Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit ini maka sebaiknya kita melakukan pencegahan dini untuk menghindari penyakit diabetes. Pencegahan bisa dimulai dengan hal-hal sederhana yang menjadi kegiatan dan kebutuhan rutin kita yaitu dengan mengkonsumsi yang mengandung kadar gula rendah.

Dalam hal ini nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia pada umumnya harus diusahakan memiliki kadar gula yang tidak berlebih untuk menghindari penyakit diabetes, lalu bagaimana cara supaya nasi yang dimasak memiliki kadar gula yang rendah ?

Jawabanya adalah dengan memasak nasi menggunakan rice cooker Vitarice T-6. Selain itu menggunakan Vitarice T-6 juga tentu juga dapat menghasilkan nasi untuk penderita diabetes sehingga dapat mengurangi risiko-risiko dari penyakit ini yang lebih fatal.

Keunggulan Vitarice T-6

  1. Nasi hasil memasak menggunakan Vitarice Low Sugar Multicooker ini dapat menurunkan kadar gula pada nasi hingga 50%, hasil memasak nasinya pun pulen dan tidak lengket
  2. Cocok untuk penderita diabetes dan keluarga penderita (karena salah satu faktor penyakit diabetes itu dari faktor genetik/ keturunan, sehingga alangkah lebih baik jika anak-anak serta cucu[1]cucunya pun memakan nasi rendah gula sedari dini sebagai tindakan preventif penyakit diabetes)
  3. Memiliki teknologi sirkulasi uap 360 derajat, sehingga pestisida dan arsenik pada beras akan ikut larut dan terbuang saat memasak nasi. Nasi yang kita konsumsi pun akan sangat sehat karena selain rendah gula juga bebas pestisida
  4. Multifungsi, bisa memasak berbagai masakan sesuai dengan 10 tombol menu pintar (Low Sugar Rice, Normal Rice, Brown Rice, Porridge, Soup, Chicken, Steam, Meat, Yoghurt, Saute)
  5. Cocok sebagai hadiah orang tersayang (orang tua, sahabat, mertua, anak dll)
Baca Juga :   Menjangkau Lebih Jauh: Membangun Brand Awareness melalui Digital Marketing Empleo

 

 

Nah, setelah tau bagaimana manfaat produk Vitarice T-6 ini, pastikan untuk memiliki produknya untuk menjaga keluarga Anda dari penyakit diabetes, untuk info pembelian silahkan klik link dibawah ini !!!

Website Vitarice https://vitarice.id/?sumber=igvt6

tokopedia https://www.tokopedia.com/bossco/vitarice-low-carbo-rice-cooker-t6-penanak-nasi-rendah-gula-karbo

Shopee https://shope.ee/4AQkGy6ySv

 

Baca juga :

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *