Pelitadigital.comTools Riset Keyword. Riset keyword adalah langkah penting dalam proses menulis artikel SEO yang efektif. Keyword yang tepat akan mempengaruhi peringkat dan kinerja blog atau website Anda dalam hasil pencarian. Di artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah dan alat-alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset keyword dengan baik.

 

Apa yang Harus Anda Perhatikan dalam Riset Keyword?

 

Sebelum memulai menggunakan  Tools Riset Keyword , Anda perlu memahami beberapa komponen penting yang harus diperhatikan:

 

Volume Pencarian (Search Volume)

Volume pencarian mengukur seberapa sering kata kunci dicari di mesin pencari, seperti Google, dalam kurun waktu tertentu. Informasi ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa populer kata kunci tersebut.

 

Tingkat Kesulitan Keyword (Keyword Difficulty)

Tingkat kesulitan mengukur seberapa sulitnya untuk bersaing dalam peringkat hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Semakin tinggi angkanya, semakin sulit bersaing.

 

Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Ini adalah kata kunci tambahan yang berkaitan dengan kata kunci utama Anda. Mencari kata kunci terkait dapat membantu Anda menemukan kata kunci panjang yang mungkin lebih mudah bersaing.

Baca Juga :   18 Cara Meningkatkan Conversion Rate dengan SEO

 

Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari (SERP)

SERP menunjukkan hasil pencarian yang muncul ketika Anda mencari kata kunci tertentu. Ini dapat memberikan wawasan tentang jenis konten yang berada di halaman pertama hasil pencarian.

 

Tools Riset Keyword

 

Ada banyak alat yang dapat membantu Anda melakukan riset keyword dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

  1. Ubersuggest: Ubersuggest adalah alat yang dapat membantu Anda menemukan volume pencarian, tingkat kesulitan, dan saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama Anda.
  2. Google Trends: Google Trends memungkinkan Anda melihat tren pencarian dan pergerakan kata kunci dari waktu ke waktu. Anda juga dapat melihat saran kata kunci terkait.
  3. KWFinder: KWFinder memberikan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan, dan SERP untuk kata kunci tertentu. Versi gratisnya memiliki batasan, tetapi Anda dapat membeli versi premium.
  4. MOZ: MOZ Keyword Explorer memberikan informasi tentang tingkat kesulitan dan SERP. Anda dapat mendaftar sebagai anggota gratis untuk mendapatkan 10 riset kata kunci.
  5. SEMrush: SEMrush adalah alat SEO yang komprehensif yang juga menyediakan informasi tentang kata kunci. Anda dapat menggunakan versi gratisnya dengan batasan, atau berlangganan versi premium.
  6. Answer The Public: Meskipun tersedia dalam bahasa Inggris, Answer The Public memberikan saran kata kunci yang lengkap dengan format 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How).
  7. Soovle: Soovle memberikan saran kata kunci populer dari beberapa mesin pencari besar seperti Google, Bing, Youtube, dan lainnya.
  8. Google Related Search: Setiap kali Anda mencari di Google, Anda dapat melihat saran kata kunci terkait di bagian bawah hasil pencarian.
  9. Keyword Shitter: Alat ini memberikan banyak saran kata kunci untuk kata kunci yang Anda masukkan. Anda dapat menggunakannya secara gratis.
Baca Juga :   Perbedaan Utama antara SEM dan SEO dalam Pemasaran Online

 

Kesimpulan

 

Riset keyword adalah langkah penting dalam strategi SEO untuk blog dan website Anda. Dengan memahami volume pencarian, tingkat kesulitan, dan saran kata kunci yang berkaitan, Anda dapat mengoptimalkan konten Anda untuk peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian. Pilihlah alat riset keyword yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mulailah mengembangkan strategi SEO yang kuat untuk meningkatkan visibilitas online Anda.

SEO
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *