Rekomendasi Game Populer Dikembangkan Sebagai Game Lain – Industri video game tak jauh dari masalah seperti waktu pengembangan sangat lama yang didasari oleh berbagai macam alasan. Salah satu yang paling umum adalah perubahan arah pengembangan di tengah-tengah prosesnya.

Beberapa di antaranya bahkan merupakan game populer yang pada awalnya dimulai sebagai game lain, sebelum akhirnya beralih fokus ke game yang sepenuhnya berbeda. Menariknya, banyak yang justru berakhir sukses dan dicintai banyak pemain. Berikut 7 game yang berubah haluan tapi justru disukai gamers.

Baca juga: 3 Game Terbaik dan Populer yang Akan Rilis di Bulan November 2022

1. Donkey Kong

Tidak banyak yang mengetahui jika Nintendo sempat akan mengembangkan game resmi Popeye. Namun, karena publisher asal Jepang itu tidak dapat memperoleh lisensi resmi untuk Popeye, alhasil perubahan rencana pun dipilih.

Perubahan rencana itu kemudian “secara tidak sengaja” melahirkan Mario, Donkey Kong, dan Peach, lewat game Donkey Kong. Donkey Kong kemudian menjadi salah satu game paling penting di sepanjang sejarah Nintendo, karena membuka jalan untuk kesuksesan game-game lain.

2. Sleeping Dogs

Bagi banyak orang, seri True Crime dinilai sebagai seri game yang hanya ingin sekadar meniru kesuksesan yang dimiliki oleh seri Grand Theft Auto. Setelah True Crime: New York City berakhir gagal, seri tersebut akhirnya “tertidur” untuk waktu yang sangat lama, sebelum akhirnya terbangun dan mendapatkan game baru yaitu True Crime: Hong Kong. Namun di tengah perngerjaannya, perubahan dilakukan termasuk rebranding ulang dengan judul baru  yaitu Sleeping Dogs dan fokus mekanisme pertarungan ke combat berbasis melee.

3. Assassin’s Creed

Game pertama Assassin’s Creed ini menjadi pondasi untuk seri yang bertahun-tahun kemudian menjadi salah satu seri game unggulan Ubisoft. Namun yang menarik, game dengan karakter utama Altair itu ternyata pada awalnya dikembangkan sebagai game lain.

Assassin’s Creed pada awalnya merupakan game Prince of Persia di mana pemain berperan sebagai bodyguard sang pangeran. Namun setelah banyak perdebatan internal, game engine dan gameplay baru dibuat dan seri Assassin’s Creed pun akhirnya lahir.

4. The Last of Us

The Last of Us jadi salah satu game paling menakjubkan yang pernah dibuat. Naughty Dog berhasil mengeksekusi game ini dengan tidak hanya menghadirkan cerita yang emosional, tapi juga gameplay aksi yang menegangkan. Nah banyak yang tidak mengetahui jika The Last of Us sebenarnya muncul ketika Naughty Dog sedang memikirkan ide untuk game baru di seri Jak & Daxter. Namun setelah ide yang dipikir dirasa terlalu melenceng jauh dari ide tersebut, akhirnya IP baru pun dibuat dan dari situ, The Last of Us pun tercipta.

5. Doom

Bersama dengan Quake, Doom dianggap sebagai salah satu alasan mengapa genre first-person shooter atau FPS bisa populer di PC hingga saat ini. Selain sangat berpengaruh dalam industri video game, Doom juga punya cerita menarik karena awalnya, game tersebut lahir dari game Aliens yang dibatalkan. Seperti halnya Nintendo terhadap Popeye, id Software selaku developer juga gagal mengamankan lisensi untuk Aliens, sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk membuat IP baru.

6. Far Cry

Selain menyenangkan, game pertama Far Cry juga dibuat untuk memamerkan kemampuan teknis di segi visual. Far Cry dikembangkan setelah demo berjudul X-Isle: Dinosaur Island dipamerkan di mana demo tersebut menampilkan kemampuan dari CryEngine. Demo tersebut berlatar di pulau tropis yang dihuni oleh banyak dinosaurus. Meski Far Cry memang tidak menghadirkan dinosaurus sama sekali dan menggantinya dengan manusia dan “ancaman” lainnya, latar pulau tropis pada X-Isle: Dinosaur Island tetap dipertahankan.

7. Overwatch

Overwatch merupakan salah satu game multiplayer populer yang memiliki segudang karena menarik untuk menghasilkan gameplay FPS yang unik dan juga seru. Sebelum Overwatch dikembangkan, Blizzard selaku developer sebenarnya mengerjakan game MMO berjudul Titan yang direncanakan untuk mengusung genre FPS berbasis class. Namun karena game tersebut dirasa berantakan, pengembangannya akhirnya dihentikan namun mekanisme gameplay-nya tetap dipertahankan dan disempurnakan di Overwatch.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game populer yang awalnya dikembangkan sebagai game lain. Ada game favorit kamu di daftar di atas?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *