Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp – Kabar baik bagi kita pengguna WhatsApp, layanan pesan singkat berbasis internet ini sudah mengembangkan fitur baru yang bisa dipakai untuk menghilangkan status online.

Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menggunakan berbagai macam trik yang tersedia sebelumnya seperti mematikan data atau mengaktifkan mode pesawat.

Baca juga: Cara Mendapatkan Domain Gratis Lewat Situs yang Mampuni!

Kita bisa mengaturnya secara langsung di halaman Settings saat dibutuhkan. Status online di layanan WhatsApp memang bisa menjadi fitur yang sangat membantu karena kita dapat mengetahui apakah seseorang sedang terhubung ke layanan atau tidak.

Hanya saja sebaliknya, mereka juga bisa memperoleh kemudahan tersebut. Bagi sebagian di antara kita, ketahuan sedang online bisa menjadi sebuah masalah yang cukup merepotkan. Terutama jika kita sedang menghindari untuk membuka pesan yang diterima atau bercakap-cakap dengan orang tersebut.

Hadirnya fitur baru untuk menghilangkan status online di layanan WhatsApp makanya dapat menjadi solusi yang sangat membantu. Dukungan ini apalagi juga mempunyai setelan lumayan lengkap yang dapat dipakai sesuai kebutuhan.

Fitur Baru Menghilangkan Status Online WhatsApp

Fitur menghilangkan status online dirancang secara khusus agar kita selaku pengguna dapat mengendalikan siapa saja yang dapat melihat saat kita sedang membuka layanan. Jadi tidak akan ketahuan memakai WhatsApp oleh orang-orang-orang tersebut.

Sama seperti setelan privasi WhatsApp secara umum, fitur ini bisa diatur dengan beberapa pilihan. Kita dapat menyetelnya untuk semua pengguna, nomor-nomor yang belum tersimpan, atau bahkan orang-orang tertentu saja.

Pengaturan tersebut juga bisa kita temukan langsung di halaman setelan privasi WhatsApp. Kita secara khusus dapat membuka halaman Last seen and online dengan mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaturnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Detektif Terbaik 2022, Mainkan Sekarang Juga!

Cara Menghilangkan Status Online WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk tombol More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Masuk ke bagian Account
  5. Pilih menu Privacy
  6. Buka halaman Last seen and online

Atur siapa saja yang bisa melihat status kapan terakhir dilihat dan online sesuai kebutuhan di halaman Last seen and online. Kita dalam hal ini bisa juga membuat setelan yang sama untuk keduanya jika memerlukan hal itu.

Yang cukup disayangkan, fitur untuk menghilangkan status online di layanan WhatsApp masih tersedia secara terbatas. Kita sekarang baru bisa memakainya jika sudah bergabung ke program uji coba beta dan memasang aplikasi dengan versi 2.22.20.9 atau lebih baru.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp dengan Aplikasi

Cara agar tidak terlihat online di WhatsApp yang berikutnya ialah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama WhatsRemoved+.

Aplikasi ini akan membantu kamu untuk benar-benar jadi tidak terlihat online. Tak cuma itu, aplikasi ini juga akan berguna untuk mengetahui pesan WA yang telah dihapus oleh si pengirimnya.

Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu menginstal aplikasi WhatsRemoved+. Nah, apabila ada chat masuk jangan kamu baca lewat aplikasi WhatsApp ori, melainkan kamu harus membacanya lewat aplikasi ini.

Jadi meskipun kamu sudah membaca pesan yang diterima, si pengirim tidak akan mengetahui bahwa pesan yang dikirimnya sudah kamu baca. Pasalnya kamu tidak akan terlihat online dan tidak akan muncul centang 2 berwarna biru.

Baca juga: Cara Memilih Tema Website yang Tepat untuk Menarik Banyak Pengunjung

Aktifkan Mode Pesawat

Apabila kamu ogah ribet menginstal aplikasi, cara menyembunyikan status online di WA yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat.

Caranya kerjanya, jika ada pesan yang masuk dari pacar, teman ataupun orang lain yang masuk aktifkan dulu mode pesawat di hp kamu. Setelah mode pesawat aktif, kamu bisa membaca pesan yang masuk dan langsung membalasnya tanpa terlihat online.

Setelah selesai mengetik balasan pesan, klik tombol Kirim. Close atau tutup aplikasi WhatsApp dan nonaktifkan mode pesawat. Pesan balasan akan otomatis terkirim saat hp yang kamu gunakan sudah kembali terhubung dengan jaringan internet.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Nonaktifkan Fitur Last Seen

Ya, menonaktifkan fitur Last Seen membuat pengguna lain tidak dapat mengetahui kapan terakhir kali kamu membuka WhatsApp, sebab keterangan waktu di bawah nama kontak akan dihilangkan.

1. Update atau perbarui aplikasi WhatsApp yang ada di hp kamu terlebih dahulu.

2. Masuk ke aplikasi WhatsApp kemudian klik icon titik tiga dan pilih menu Setelan.

3. Selanjutnya pilih Akun > Privasi > Terakhir dilihat > Tidak Ada.

Untuk mengelabui orang lain agar kamu benar-benar tidak terlihat online, maka kamu juga bisa menonaktifkan fitur Laporan Dibaca.

Dengan begitu, ketika kamu menerima chat dari orang lain akan muncul dua centang tapi tidak terlihat biru. Sehingga orang lain akan mengira bahwa chat yang dikirimnya belum kamu baca.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *