Domain Authority adalah salah satu elemen penting, yang mempunyai dampak penting bagi ranking dari sebuah web site di mesin pencarian. Tetapi, sebenarnya apa itu Domain Authority? Buat kamu yang sedang belajar tentang Seo, tentunya perlu sedikit mengetahui tentang apa itu domain authority.

Pasalnya, Domain Authority adalah metrik bantuan peringkat pada web. Jadi, semakin baik peringkatnya, pasti bisa diprediksi bahwa performanya di SERP (Search Engine Result Page) juga akan semakin baik.

Domain Authority adalah Elelem Penting dalam Sebuah Web! Benarkah itu?

Makin penasaran dengan Domain Authority, dan ingin mengetahuinya lebih didalam? Coba baca terlebih dahulu penjelasan yang sudah penulis persiapkan di bawah ini ya.

Apa itu Domain Authority?

Domain Authority (Da) adalah skor peringkat search engine, yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi seberapa baik peringkat web site di Serp. Rentang skor dari Domain Authority sendiri, dimulai dari 1 sampai 100.

Jadi, semakin tinggi skor yang didapatkan, semakin mudah untuk masuk di halaman pertama mesin pencarian. Tiap praktisi SEO, tentunya punya satu tujuan yaitu supaya web yang dimilikinya, bisa selalu muncul di halaman pertama Google.

Berada di posisi teratas, pasti akan jadi pengalaman yang sangat berharga. Pasalnya, saat mendapat posisi teratas di halaman pertama, CTR akan lebih tinggi sampai 200 Persen dibandingkan situs di peringkat kedua.

Sebenarnya, masih ada banyak perdebatan terkait Domain Authority yang dikembangkan. Ada banyak pakar yang masih memakai metrik yang satu ini, namun ada juga yang mulai meninggalkannya.

Dilansir dari salah satu Jurnal, alasan mengapa Domain Authority sudah tidak lagi dijadikan panduan, yaitu karena hal itu bukan dari Google. Dulu, Google sempat menyebabkan Pagerank, yaitu algoritma untuk menganalisis peringkat web site, dengan memberi tambahan nilai dari angka 0 sampai 10.

Semakin tinggi nilainya, web site akan disebut semakin “Vital”, dan mempunyai isi yang berkualitas. Sayangnya, kini Pagerank sudah dihentikan oleh Google semenjak tahun 2016 lalu.

Mengerti Domain Authority

Setelah mencari tahu apa itu Domain Authority, kamu juga wajib mengetahui apa saja elemen penting dari metrik yang satu ini. Memang ada banyak pro kontra perihal pentingnya Domain Authority. Akan tetapi, memang ada interaksi dari kualitas web site dengan performa yang baik di mesin pencarian.

Seperti apa Domain Authority yang baik?

Web site dengan external links yang berkualitas tinggi, dan juga di dalam jumlah yang banyak, tentu akan mempunyai Domain Authority yang bagus. Saat ini, usaha yang masih kecil dan situs yang masih baru, akan punya skor Domain Authority yang lebih rendah.

Pasalnya, membangun Domain Authority membutuhkan waktu yang tidak singkat. Tidak hanya itu, web site juga wajib punya banyak link yang berkualitas pula. Neil Patel mengatakan bahwa Moz punya algoritma rahasia,  yang mereka ramu sendiri untuk menentukan Domain Authority.

Sebelumnya, Moz menyebutkan ada beberapa faktor penting misalnya, Mozrank, Moztrust, dan link profile.

Bagaimana Cara Menambah Domain Authority?

Sesudah jelas apa itu Domain Authority, pasti kamu juga penasaran tentang cara untuk meningkatkannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dikerjakan untuk menambah Domain Authority, antara lain.

Baca Juga:

  1. Jalankan audit pada link profile
  2. Buat konten yang menarik
  3. Perbanyak backlink yang berkualitas

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Domain Authority, dan juga cara untuk meningkatkannya. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *