Jualan online kini menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan banyak digeluti pengusaha muda. Tengok saja berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan pokok hingga barang kecil seperti pengait masker dijual secara online.

Maka tak heran, saat ini semakin banyak orang yang terjun ke dalam bisnis online, dan mencari tahu cara daftar jualan online. Sebab, kini semakin banyak marketplace, seperti Blibli yang hadir untuk membantu para pengusaha yang ingin memulai jualan online.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Gratis dengan Mudah

Tak hanya itu, jualan online juga memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Hal ini juga yang bisa menjadi pertimbangan Anda, ketika terjun ke bidang ini. Apa saja?

Mengapa Memilih Berjualan Online?

1. Tak Perlu Toko Fisik

Keuntungan pertama dari jualan online adalah Anda tak perlu memiliki toko fisik untuk menjual produk Anda. Sebelum tren jual beli online berkembang pesat, biasanya pembeli harus mendatangi toko barang yang ingin mereka beli dan transaksi dilakukan secara tatap muka.

Kini, penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa perlu bertemu. Dengan jualan online, Anda juga menghemat dari segi waktu dan biaya.

2. Cocok untuk Pengusaha dengan Modal Terbatas

Bagi pengusaha pemula, jualan online menjadi solusi untuk mengatasi minimnya modal yang dimiliki. Anda bisa memulai usaha dengan daftar jualan online di marketplace atau Instagram. Hal ini membuat Anda lebih hemat biaya, dibandingkan harus menyewa toko per bulan atau per tahun.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Detektif Terbaik 2022, Mainkan Sekarang Juga!

3. Dapat Mengatur Harga Jual

Salah satu kelebihan jualan online adalah Anda bisa mengatur harga jual yang kompetitif. Alasan harga jual di toko offline lebih mahal daripada online, karena biaya operasional toko offline yang lebih besar.

Dengan berjualan online, Anda bisa menghemat biaya operasional dan mengatur harga jual yang sedikit lebih murah. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari harga kompetitif dan biaya operasional yang lebih efisien.

4. Jangkauan Konsumen Luas

Tak bisa dipungkiri, jualan online di marketplace dan media sosial kini dapat menjangkau konsumen secara luas. Berbeda dengan toko offline yang hanya menjangkau area sekitar, toko online justru tak memiliki batas jangkauan.

Kemudahan internet membuat orang-orang dari Sabang sampai Merauke bisa membeli produk Anda. Menjaring lebih banyak target konsumen juga membuka peluang lebih besar untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

Persiapan dan Tips Singkat Berjualan Online

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara daftar jualan online? Berikut ulasannya.

1. Persiapkan Nama untuk Toko Online Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan nama untuk toko online Anda. Siapkan daftar nama yang kira-kira cocok untuk menggambarkan bisnis Anda.

Jangan lupa pastikan dengan mencari tahu di internet apakah nama toko Anda sudah pernah digunakan oleh toko lain. Sebab, jika Anda memilih nama yang sudah digunakan toko lain, itu akan membingungkan pembeli.

Selain itu, mungkin sang pemilik nama toko akan melayangkan protes atau gugatan kepada Anda. Untuk itu, demi mencegah masalah yang muncul di kemudian hari, pastikan nama toko online Anda aman dan belum digunakan orang lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Rhythm Mobile 2022 Terbaik Dijamin Seru

2. Tentukan Produk yang Ingin Dijual dan Dikemas dengan Menarik

Selanjutnya, Anda harus menentukan produk yang ingin dijual secara online. Anda bisa mencari tahu dengan riset produk apa yang saat ini sangat digemari atau banyak diburu oleh pembeli.

Jangan lupa untuk mengemasnya juga secara menarik, agar pembeli tertarik membeli produk Anda. Sebab, tampilan juga menjadi faktor penting yang akan mempengaruhi seseorang untuk membeli barang tersebut atau tidak.

3. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Marketplace Tempat Anda Mendaftar

Selanjutnya, memilih marketplace yang tepat menjadi cara selanjutnya yang harus Anda perhatikan jika ingin daftar jualan online. Anda bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan marketplace tempat Anda mendaftar.

Misalnya saja di Blibli, ada banyak kelebihan yang ditawarkan untuk para penjual yang berjualan di sana. Misalnya menawarkan banyak bonus, gratis ongkos kirim dan asuransi, foto produk gratis, hingga memiliki layanan seller care.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *